Destinasi

Pulau Kei, Keindahan yang Tidak Boleh Dilewatkan di Maluku

Liburan ke Maluku, jangan lewatkan Pulau Kei yang akan mencuri hatimu. Pulai Kei terdiri dari dua bagian utama, yaitu Kei Kecil dan Kei Besar. Destinasi wisata yang memesona serta pusat perekonomian terdapat di Kei Kecil, sedangkan Kei Besar topografinya lebih banyak dan terdiri dari pegunungan. Keduanya berada di Kabupaten Maluku Tenggara, dengan ibukota Langgur.

Banyak pantai indah di Kei Kecil

Di antaranya ada Pulau Bair dengan air laut yang merefleksikan langit biru cerah, sehingga membuat warna perairan di sekitarnya berwarna biru toska. Itulah yang membuat pengunjung ingin melakukan cliff jumping di Pulai Bair atau sekadar mengagumi birunya air laut.

Pulau Bair

Ada dua pantai yang hanya muncul ketika air laut surut, yaitu Ngurtavur dan Ngurbutut. Di sana tidak ada pohon atau tumbuhan, sehingga ketika siang hari udaranya sangat menyengat! Lebih baik datanglah ketika pagi hari. Untuk melihat matahari terbenam, cobalah kunjungi Pantai Pasir Panjang atau Ngurbloat yang membentang sekitar 3 km.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Ngursarnadan yang terletak di Desa Ohoililir terletak berdampingan dengan Pantai Pasir Panjang. Selain memiliki pasir putih, bibir pantainya juga dihiasi batu karang yang membuat penampilannya semakin eksotis. Juga masih terdapat terumbu karang dan aneka ikan, sehingga cocok untuk kamu yang suka snorkeling. 

Pantai Ohoidertawun

Pantai Ohoidertawun juga memiliki pasir sangat putih dan halus. Di sekitarnya banyak pohon kelapa yang membuat suasana agak teduh. Di pinggir pantai tersebut ada ayunan yang sangat instagenic. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Madwear yang letaknya agak jauh dari pantai lainnya. Namun, sangat asyik menghabiskan waktu di sana karena tidak terlalu banyak pengunjung datang ke sana. Jadi bagus banget buat selfie. Jangan lupa manfaatkan kerang-kerang cantik yang tergeletak atau terkubur di pasir.

Pantai Ohoidertawun

Ada wisata goa dan bukit

Di Desa Letvuan, salah satu desa di Kei Kecil terdapat Goa Hawang yang menurut masyarakat sekitar terdapat roh jahat yang bergentayangan. Saat diterpa sinar matahari, gua ini akan mengeluarkan kilau warna biru. Penduduk setempat percaya bahwa pernah ada seorang pemburu yang mengikuti babi hutan dan pergi ke goa tersebut dengan kedua ekor anjingnya. Sesampainya di goa, babi hutan itu lenyap. Kecewa dan marah, pemburu tersebut mengumpat kata-kata buruk. Dia dan kedua ekor anjingnya dikutuk menjadi batu. Menurut penduduk setempat, goa tersebut masih berhantu.

Ada juga Bukit Masbait yang terkenal sebagai tempat ziarah ummat Katolik. Dari puncak menara yang dihiasi patung Yesus, kamu bisa menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. Bukit ini bisa ditempuh dengan trekking ringan selama 15 menit aja.

Ada pulau di sebelah utara pulau Kei Kecil

Jika masih ada waktu, jangan lupa mengunjungi Pulau Dullah dan Pulau Adranan di sebelah utara pulau Kei Kecil. Sesudah dari Dullah Darat, kamu bisa menyebrang ke Pulau Adranan dengan menyewa speed boat. Pulau Adranan merupakan sebuah pulau kosong seluas dua kali lapangan sepak bola dan pantai di sekelilingnya berpasir putih dengan air laut jernih. Karena pasirnya putih dan luas, pantai di sana bisa dimanfaatkan untuk main bola atau sekadar menikmati suasana. Di sana tidak ada gangguan sama sekali karena pulau tersebut memang tidak berpenghuni.

Desa Muslim dan Kristen yang terpisah

Ummat Kristen dan Islam di Pulau Kei tinggal di desa-desa yang terpisah. Namun, tidak terlalu mencolok seperti di Ambon. Di Kei Kecil kamu akan melihat taman-taman dihiasi patung Yesus atau salib di dekat pintu masuk setiap desa. Sedangkan desa Muslim ditandai dengan adanya masjid. Meskipun tinggal di desa terpisah sesuai agama, namun warga pulau tersebut sangatlah ramah. Mereka murah senyum dan gemar bercanda. Anak-anak di sana sangat mudah diajak bermain.

Pengin buru-buru ke Pulai Kei? Transit dulu di Kota Ambon, ya! Yuk, segera pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Ambon lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke ambon cari hotel murah di ambon

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top