Destinasi

Mengintip kecantikan Pulau Kanawa, Labuan Bajo

pulau-kanawa

Pulau Kanawa Labuan Bajo seringkali jadi persinggahan wisatawan lokal dan mancanegara ketika pergi ke Pulau Komodo. Tempat yang asri, air laut yang begitu jernih, satwa laut yang beraneka warna, serta alamnya yang masih terjaga dengan baik membuat pulau ini jadi salah satu tempat favorit untuk rileksasi. Kamu penasaran? Yuk intip sama-sama keindahan Pulau Kanawa di bagian timur Indonesia.

pulau-kanawa

foto : www.triptrus.com

Mengintip satwa laut Pulau Kanawa

Berjarak sekitar 15 km dari Labuan Bajo NTT dan bisa ditempuh dengan membayar Rp250.000* untuk mencapai Pulau Kanawa dari Labuan Bajo, kamu bisa segera melakukan petualangan seru di sana. Salah satu aktivitas mengasyikan dan benar-benar membuat travelers betah menginjakan kaki di Pulau Kanawa tentu saja saat air sedang surut karena kamu bisa dengan mudah ‘panen’ satwa laut. Mungkin kamu bertanya-tanya, gimana ceritanya ya?

Travelers, tahu nggak saat air laut sedang surut, dimana ini sering terjadi menjelang sore, kepiting kecil dan bintang laut bisa dengan mudah terlihat. Binatang tersebut ‘terdampar’ karena air laut menjadi dangkal sehingga tertinggal di tepian pantai. Kalau kebetulan kamu lagi ada di pulau ini, jangan sampai melewatkan momen tersebut. Ini adalah kesempatan langka yang jarang ditemukan di pantai-pantai lain.

Tidak hanya itu, alam bawah laut Pulau Kanawa juga terkenal dengan pesonanya yang mengagumkan. Terumbu karang tumbuh dengan subur dan ini mengundang ikan berwarna-warni membuat ‘sarang’ di sana. Melakukan diving dan snorkeling di perairan Pulau Kanawa memang menjadi incaran travelers yang hobi dengan olahraga air.

Satwanya juga bermacam-macam, mulai dari mola-mola, hiu paus, manta ray, parrot fish, kuda laut, dan masih banyak lagi binatang laut yang bisa kamu temukan di perairan Pulau Kanawa Labuan Bajo. So kalau kebetulan kamu ingin menajamkan skill snorkeling dan diving, Pulau Kanawa bisa dijadikan rujukan.

 

Petualangan ke Pulau Kanawa

Pulau Kanawa dikelilingi oleh destinasi wisata top nusantara dan bahkan dunia, seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Labuan Bajo. Permata tersembunyi ini pamornya menggeliat karena banyak selebritis dunia pamer foto di media sosial betapa destinasi wisata di timur Indonesia masih begitu alami.

Letak pulau ini juga cukup strategis, yaitu dekat dengan Labuan Bajo yang menjadi gerbang menuju ke Taman Nasional Pulau Komodo.  Area berupa bukit batu dan terlihat begitu gersang di musim kemarau akan berpadu sempurna dengan langit yang begitu biru dan air sejernih krista. Cantik sekali.

Saking cantiknya, banyak travelers yang sungkan beranjak dari Pulau Kanawa karena tempatnya yang tenang dan menyejukan. Kamu juga bisa menginap di sana karena kini sudah ada bungalow di kaki bukit batu. Penginapan ini dihubungkan oleh dermaga kayu yang berfungsi untuk melabuhkan perahu-perahu kecil. Sambutan hangat cantiknya Pulau Kanawa membuatmu ingin terus mengeksplorasi pulau mungil ini.

Bungalow ini tampak ‘berserak’ diantara perbukitan dan bibir pantai yang jernih sehingga menyenangkan sekali seandainya bila bisa menginap di sana. Fasilitasnya juga lengkap, seperti adanya tempat tidur ayunan di bawah pohon rindang yang bisa kamu gunakan untuk bersantai atau hanya sekedar membaca buku favorit.

Siapapun pasti langsung jatuh hati begitu pertama kali menjejakan kaki di Pulau Kanawa. Biar nggak kecewa, ada tips yang harus kamu pertimbangkan seperti pesan tempat dulu sebelum berkunjung karena kalau lagi ‘peak season’, nggak ada tempat kosong yang bisa kamu gunakan untuk menginap.

Decak kagum yang kamu rasakan tidak akan pernah berhenti saat mengeksplorasi Pulau Kanawa. Nah kalau kamu penasaran gimana pesona pulau ini, segera saja meluncur ke Pulau Kanawa untuk liburan.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 679 times, 1 visits today)

Comments

To Top