Destinasi

Pulau Derawan, Surga Diving Di Kalimantan Timur

Maratua-Paradise-Resort-Pulau-Maratua

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebagai negara kepulauan yang besar, Indonesia memang tidak pernah kehabisan tempat-tempat wisata baru untuk dieksplorasi. Salah satu destinasi populer untuk traveler yang ingin menikmati keindahan bawah laut Indonesia adalah Pulau Derawan di Kalimantan Timur.

Kalau mendengar nama Pulau Derawan, pasti sudah terbayang hamparan laut biru yang jernih dan panorama bawah laut yang luar biasa indah. Bukan itu saja, kamu juga bisa bermain dengan penyu-penyu lucu dan berenang bersama ubur-ubur maupun ikan manta. Pengalaman yang tidak akan terlupakan bukan?

Perjalanan ke Pulau Derawan sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi, mengingat Pulau Derawan berada di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur, biaya transportasi yang dibutuhkan jelas tidak sedikit. Apalagi, harga bahan bakar minyak yang tinggi di sana membuat kamu harus merogoh kantong dalam-dalam untuk transportasi selama di Pulau Derawan.

Untuk menuju Pulau Derawan, kamu bisa masuk dari Kota Berau atau Tarakan, karena keduanya adalah kota terdekat dengan Pulau Derawan yang memiliki lapangan udara. Tapi, Tarakan adalah pilihan yang lebih efisien untuk menuju Pulau Derawan, karena tiket pesawat ke sana lebih murah dibandingkan ke Berau. Oya, kalau kamu memilih masuk lewat Tarakan, usahakan menggunakan penerbangan pertama pukul 5 pagi supaya kamu tidak perlu transit di Balikpapan, yang tentunya akan menambah lama waktu perjalanan.

Sayangnya, tidak ada kapal reguler yang langsung menuju Pulau Derawan. Karena itu, sebaiknya kamu mengajak rombongan yang cukup besar untuk pergi ke Pulau Derawan supaya kamu bisa patungan untuk menyewa speedboat dari Kota Tarakan. Sebelum menyewa speedboat, lakukan penawaran dengan cermat dan usahakan tidak menambah rute di tengah-tengah perjalanan karena kamu harus menambah ongkos bahan bakar yang mahal. Perjalanan ke Pulau Derawan kira-kira ditempuh dalam waktu 4 jam.

Kalau kamu punya bujet lebih, kamu bisa menuju Pulau Derawan melalui Berau. Dari kota itu, kamu perlu melakukan dua jam perjalanan menuju Tanjung Batu. Dari sana, kamu tinggal naik speedboat selama 45 menit untuk tiba di Pulau Derawan.

Setelah tiba di Pulau Derawan, kamu bisa memilih tipe akomodasi yang kamu inginkan sesuai bujet dan keinginan kamu. Meskipun jumlah cottage masih terbatas, tapi ada lebih dari 100 rumah warga yang dijadikan penginapan atau homestay untuk turis.

5-tempat-terbaik-untuk-diving-di-indonesia-3

Selama berada di Pulau Derawan, kamu bisa berenang dan snorkeling sembari melihat terumbu karang yang indah dengan ratusan ikan warna-warni. Kalau kamu beruntung, kamu bisa lho melihat penyu berukuran besar yang sudah berusia puluhan tahun. Memang, Derawan menjadi tempat favorit penyu-penyu hijau untuk naik ke pasir pantai dan bertelur, terutama sepanjang Juli-September. Kamu bisa mengunjungi konservasi penyu di Sangalaki.

Ada juga pilihan aktivitas lain yang tidak kalah menggoda, yaitu snorkeling dikelilingi ubur-ubur tanpa sengat di Pulau Kakaban. Sebaiknya kalau kamu snorkeling dengan kawanan ubur-ubur jangan memakai tabir surya dan fin, karena zat kimianya bisa mengganggu habitat ubur-ubur. Selain itu, masih ada Pulau Maratua yang sangat menggoda untuk dijadikan lokasi snorkeling.

JellyfishKakabanIsland

Biasanya, ongkos sewa speedboat untuk mengunjungi ketiga pulau itu selama satu hari bisa mencapai Rp1,5 juta atau lebih. Jadi, ada baiknya kamu mengajak beberapa orang untuk ikut patungan biaya sewa.

Untuk kamu pecinta makanan laut, Derawan tentu menjadi surga bagi kamu karena di sini tersedia beraneka ragam seafood seperti ikan kima, sotong hingga kepiting. Harga seafood di Derawan sebenarnya cukup murah. Tapi karena harga beras yang terbilang tinggi membuat harga makanan di Derawan cukup mahal.

Nah, gimana travelers, semakin tertarik datang ke Pulau Derawan?  Happy traveling ya!

(Visited 1,811 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top