Destinasi

Pulau Bintan, idola baru pariwisata Kepulauan Riau

Pulau Bintan

Pulau Bintan menjadi idola baru pariwisata di Kepulauan Riau. Bagaimana tidak? Kalau tiap hari kamu harus berjibaku dengan pekerjaan kantor dengan tingkat stres tinggi, mengunjungi pulau ini berarti travelers bisa mengendurkan urat syaraf yang tegang. Wisata pantai, ekowisata, dan olahraga surfing menjadi daya tarik utama.

Pulau Bintan

foto: tripadvisor.com

Cara menuju ke Pulau Bintan

Pulau Bintan dapat dijangkau dari berbagai tempat. Dari Jakarta, rutenya adalah : Jakarta – Bandara Hang Nadim (Batam) – naik taksi bandara (Rp65.000*) atau naik ojek (Rp30.000*) – Pelabuhan Tanjung Punggur – naik speadboat ke Lobam Pulau Bintan dengan tarif Rp 35.000* (15 menit) atau naik kapal ferry dengan tarif Rp 26.000* (1 jam).

Dari Johor (Malaysia), rutenya adalah : Johor – Pelabuhan Tanjung Punggur – ikuti rute di atas. Kalau awal perjalananmu dari Singapura, rutenya : Singapura – Batam – Pelabuhan Tanjung Punggur – naik speadbooat/ferry – Pulau Bintan. Oh ya, kalau travelers berniat keliling pulau, disarankan untuk menyewa motor (Rp100.000* per hari) atau mobil (Rp300.000* per hari).

Menikmati hari di Pulau Bintan

Lokasinya yang strategis, yaitu menghadap ke Laut Cina Selatan dan berdekatan dengan Malaysia dan Singapura membuat pulau Bintan selalu menjadi alternatif untuk liburan. Dengan hampir 3.000-an pulau kecil dan besar menjadikannya sangat kaya dengan biota laut serta menawarkan kecantikan alami khas pantai.=

Keberadaan Bintan Resort yang cukup luas pun menarik perhatian pengunjung. Hamparan pasir putih yang terasa begitu lembut dengan air sebening kristal dengan paduan biru kehijauan sangat elok di pandang mata. Kamu bisa bersantai sambil mengabadikan eksotisme pantai dengan atmosfir alam yang mengitarinya. Kalau angin lagi besar dimana ini biasa terjadi pada akhir tahun, travelers bisa surfing dengan bebas karena gelombangnya cukup besar.

Ada juga Lagoi di sebelah utara pulau yang menjadi buah bibir karena tempat ini didesain khusus mirip Nusa Dua Bali. Di sini travelers akan dimanjakan dengan fasilitas super lengkap dengan hotel bintang lima, spa, tempat golf, pantai eksotis, dan tentu saja tingkat keamanan maksimal untuk memberi kenyamanan pada wisatawan. Mayoritas turis yang datang berasal dari Singapura dan Malaysia. Atmosfirnya yang mirip di luar negeri makin kuat karena mata uang yang beredar di hotel adalah US dollar dan Singapura dollar.

Melipir sedikit ke bagian barat Pulau Bintan, di sana kamu bisa mengunjungi Pulau Penyengat yang bisa dijangkau selama 15 menit dari Tanjung Pinang. Situs sejarah masih dapat terlihat dengan jelas karena dulunya tempat ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Johor – Riau. Pulau Penyengat menjadi tempat makam Sultan terakhir Riau serta Masjid Sultan Riau yang memiliki arsitektur menawan. Atau, kamu bisa mengunjungi Istana Kota Piring di Biram Dewa, Tugu Pensil, Melayu Kota Piring, serta mengintip ikon kota Tanjung Pinang berupa Gurindam Gubahan Raja Ali Haji.

Akomodasi di Pulau Bintan

Travelers, kalau masalah ini kamu nggak perlu khawatir karena di Pulau Bintan ada banyak hotel dan resort yang dapat dipilih untuk menginap. Seperti yang kita tahu, resort dan pantai seperti dua keping mata uang yang saling mengisi di pulau ini. Tarifnya pun cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kantongmu.

Resort yang populer di Pulau Bintan ada beberapa; seperti Bintan Resort dengan hamparan pasir putih dan pasar yang menawarkan oleh-oleh dan cinderamata serta Nirwana Garden Resort dengan fasilitasnya yang mewah serta pantainya yang alami dan sangat bersih. Bahkan ada juga resort yang menawarkan kemewahan seperti lapangan golf sehingga kamu bisa melakukan rileksasi sekaligus olahraga di tempat yang cantik.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Pantai Trikora ya travelers. Pantai ini juga menjadi salah satu ikon pantai tercantik di Bintan dan banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Yang unik di sini tentu saja pepohonan kelapa dan bakau yang begitu rindang serta pasir putih yang lembut ditengah gempuran gelombang air laut yang berwarna biru.

Bagaimana? Sudah siap meluncur ke Bintan? Pesan tiket pesawat dan hotelnya di Pegipegi saja travelers. Mudah kok. Selamat berlibur.

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 11,670 times, 1 visits today)

Comments

To Top