Destinasi

Kepulauan Anambas, ‘Raja Ampat’ di Indonesia Barat

Pulau Anambas

Pulau Anambas yang terletak di Kepulauan Riau akhir-akhir ini menjadi buah bibir. Sekarang tempat ini menjadi surga bagi mereka yang hobi diving, snorkeling dan scuba diving. Kecantikan bawah lautnya telah diakui tidak kalah dengan Indonesia Timur. Kalau kalian belum begitu familiar dengan Anambas, kali ini Pegipegi akan ulas lebih lengkap lagi tentang pulau nan cantik yang ada di Indonesia bagian barat ini.

Pulau Anambas

foto: eljohn.media

Lokasi Pulau Anambas

Pulau Anambas Riau lokasinya tepat di Laut Cina Selatan, yaitu antara Kalimantan, Malaysia Timur dan Barat, serta berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Ada 2 cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai sana, yaitu pertama melalui jalur laut dengan menumpang Kapal PELNI yang berlayar 2 minggu sekali, serta Kapal Perintis namun dengan jadwal keberangkatan yang tidak pasti dengan waktu tempuh lebih dari 12 jam.

Cara kedua adalah dengan jalur udara dengan rute : Tanjung Pinang di Pulau Bintan (pesawat Nusantara Air Charter) – Bandara Matak – naik speedboat ke Tarempa di Kepulauan Anambas. Sedangkan kalau dari bandara di Batam naik pesawat Fokker 50 dari perusahaan Conoco Phillip dengan rute Jakarta – Batam – Matak – naik speedboat ke Tarempa di Kepulauan Anambas.

 

Keindahan Pulau Anambas, satu dari “Best tropical island in Asia”

Travelers, kenyatannya tidak semua orang Indonesia tahu tentang Pulau Anambas. Namun buat para penyelam dunia yang sekaligus hobi snorkeling, ketenaran wisata Pulau Anamas benar-benar sudah mendunia. Bahkan CNN.com menobatkan Pulau Anambas sebagai kepulauan tropis terindah di Asia. Sebuah prestasi yang cukup membanggakan karena Anambas berhasil mengalahkan Similan (Thailand), Halong Bay (Vietnam), Langwaki (Malaysia), dan Koh Chang (Thailand) yang juga menjadi destinasi travelers dunia.

Bawah laut Kepulauan Anambas

foto: news.swipeloud.com

Kriteria yang ditonjolkan juga tidak main-main, seperti mempertimbangkan tentang kealamian masing-masing pulau, biota laut yang bervariasi, spot diving terpencil, serta hamparan laut biru yang sanggup menyegarkan siapapun yang baru sampai di Pulau Anambas Riau. Jadi tidak heran ya setelah pamornya naik daun, banyak wisatawan lokal yang penasaran dan langsung memasukan Pulau Anambas untuk tujuan wisata selain Raja Ampat dan Karimunjawa.

 

Nikmati pesona Pulau Anambas

Eksotisme Pulau Anambas Kepulauan Riau memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bayangkan saja, kamu sedang berada di ‘pulau terpencil’ yang dikelilingi lautan, airnya jernih dengan kombinasi biru dan kehijauan yang menyegarkan mata, hamparan pasir putih yang begitu lembut, serta atmosfer alami dengan hembusan angin semilir dari tengah laut. Siapapun pasti langsung terpesona. Apalagi kalau kalian hobi berat dengan aktivitas bawah air, seperti scuba diving, menyelam, dan snorkeling.

Kalau masih belum puas dengan aktivitas bawah air, kalian juga bisa mengunjungi spot favorit yang sering ditinggali oleh penyu untuk bertelur, yaitu di Pulau Durai. Saat momen menetas tiba, satu per satu penyu kecil merayap untuk bisa sampai ke tepi pantai. Lucu sekali melihat binatang imut yang berjuang keras untuk bisa segera berenang bebas di laut.

Oh ya, tak lengkap rasanya mengunjungi Pulau Anambas tanpa mengeksplorasi pulau-pulau disekitarnya. Kamu bisa naik perahu pergi ke Pulau Berhala, Pulau Dayang, Pulau Penjalin, Pulau Mengkait, Pantai Temawan, Pulau Bawah, Pulau Rongkat, Pantai Selat Rangsang, Pulau Ayam, Pulau Selai, serta Pantai Padang Melang yang dikategorikan sebagai pantai terpanjang di Pulau Anambas dengan hamparan pasir putih bertekstur landai sepanjang 7 km. Luas banget ‘kan?

Pulau Selai ini cocok dipakai untuk penyelam pemula karena arus bawah airnya cukup tenang dan stabil. Dengan jangkauan pandangan yang cukup jauh, yaitu sekitar 30 meter, kalian bisa saksikan tiap objek yang tertanam kokoh di dasar laut hingga terumbu karang dan ikan cantik yang berwarna-warni. Sedangkan di Pulau Bawah punya panorama danau air laut kecil dengan air yang cukup dangkal sehingga apa yang hidup di bawah air bisa dilihat dengan jelas dari permukaan air.

Tak cukup rasanya mengeksplorasi Pulau Anambas dalam waktu 1 hari. So, siapkan dana mulai sekarang dan pesan tiket pesawat lebih awal agar mendapatkan harga lebih murah.

(Visited 6,561 times, 1 visits today)

Comments

To Top