Berita

Pro dan Kontra Pokemon GO yang Perlu Kamu Tahu!

A woman plays Pokemon Go at the Gurten music open air festival in Bern, Switzerland, Friday, July 15, 2016. The Gurten Festival runs from 14 to 17 July. (KEYSTONE/Manuel Lopez)

Seperti yang sudah kalian ketahui, Pokemon GO adalah permainan yang sedang hits di kalangan pengguna smartphone. Banyak orang yang rela keluar rumah dan berkeliling hanya untuk berburu Pokemon di berbagai area. Tapi ada pro dan kontra yang timbul dari permainan ini. Terdapat dampak yang dinilai negatif juga positif dari game Pokemon GO. Yuk, baca dulu pro dan kontra dari permainan ini.

Pro:

balkans.aljazeera.net

balkans.aljazeera.net

1. Membuat kamu senang

Permainan ini adalah permainan yang seru dan menyenangkan. Dengan berusaha mengumpulkan berbagai macam Pokemon, kamu akan merasa rileks dan lepas dari kepenatan karena rutinitas sehari-hari. Kamu juga jadi punya alasan untuk keluar rumah. Alasan utamanya sih demi mencari Pokemon, tapi kamu jadi sekalian bisa jalan-jalan, kan? Dengan keluar rumah, kamu bisa bertemu orang baru dan menambah teman.

2. Menyehatkan badan

Permainan ini juga memiliki dampak positif untuk kesehatan. Karena untuk menemukan Pokemon, kamu harus berjalan mengelilingi suatu area sampai akhirnya kamu mendapatkan Pokemon. Berjalan merupakan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menguatkan dan menyehatkan badanmu. Bahkan, kamu juga bisa bermain Pokemon GO sambil lari pagi bersama teman atau keluargamu. Bonusnya adalah berat badan kamu ikutan turun!

3. Melatih jiwa kompetitif

Makin aktif kamu keluar rumah untuk mencari Pokemon, makin banyak Pokemon yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu main bersama teman-teman, otomatis ada jiwa kompetitif yang muncul. Kamu jadi tertantang untuk menangkap Pokemon lebih banyak ketimbang teman-temanmu.

4. Menambah kecerdasan dan kreativitas

Sudah rahasia umum bahwa main game bisa meningkatkan kecerdasan kita jika porsinya pas dan nggak berlebihan. Main Pokemon GO nggak cuma sekadar menangkap Pokemon sebanyak-banyaknya, tapi ada trik khusus agar kamu cepat naik level. Makin kamu penasaran, kamu bakal terus mencari tahu gimana caranya bisa naik level dengan cepat. Otomatis, kamu bakal makin cerdas dan kreatif! Siapa tahu, kamu juga berniat menciptakan game yang nggak kalah seru dari Pokemon GO!

Kontra:

palembang.tribunnews.com

palembang.tribunnews.com

1. Rawan kecelakaan

Saat sedang main Pokemon GO, mata kamu pasti fokus menatap layar smartphone. Kamu jadi nggak begitu memperhatikan jalan. Ini bisa bikin kamu mengalami kejadian yang nggak menyenangkan, mulai dari kecelakaan kecil seperti tercebur ke selokan atau kubagan di jalan yang becek, sampai kecelakaan yang lebih parah, seperti tertabrak kendaraan bermotor di sekitar kamu. Apalagi jika kamu bermain Pokemon GO sambil berkendara.

2. Terlihat seperti orang aneh

Bermain Pokemon GO membuat kamu berjalan dan berkeliling ke berbagai tempat sambil terus memperhatikan smartphone tanpa memperdulikan keadaan sekitar. Saat sedang serius mencari keberadaan para Pokemon, kamu akan terlihat celingukan dan berjalan ke sana kemari sambil mengarahkan smartphone-mu ke arah Pokemon. Orang-orang di sekitar bakal menganggap kamu aneh, apalagi jika kamu sampai mengganggu aktivitas mereka.

3. Nggak fokus terhadap sekolah dan pekerjaan

Meskipun kelihatannya simpel, tapi mencari Pokemon membutuhkan waktu, tenaga, bahkan biaya. Tanpa sadar waktu kamu dihabiskan hanya untuk main Pokemon GO. Ketika bekerja atau sekolah, pikiranmu malah fokus sama Pikachu dan kawan-kawannya. Tentu aja hal ini bakal bikin prestasi sekolah atau kerja kamu menurun. Kabarnya, sudah banyak perusahaan yang geram karena karyawannya sibuk main Pokemon GO, bahkan sampai mengeluarkan ancaman potong gaji atau pecat. Jangan sampai kamu mengalami hal tersebut, ya!

4. Lupa memperhatikan orang-orang terdekat

Bukan hanya nggak fokus sama sekolah atau pekerjaan, ketagihan main Pokemon GO juga bisa berdampak pada hubungan dengan orang-orang di sekitarmu. Kamu jadi nggak sempat mengobrol dengan keluarga, teman, atau pasangan. Mereka pun jadi merasa dicuekin. Kalau dibiarkan terus, bisa bikin hubungan kamu rusak, lho.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Itu dia pro dan kontra dari permainan Pokemon Go. Supaya nggak celaka, harus tetap berhati-hati dan memperhatikan sekitar kamu saat bermain, ya. Nah, supaya tempat perburuan Pokemonmu makin jauh dan luas, kamu bisa rencanakan liburan dengan pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api murah dan hotel murah di pegipegi.com.

cari tiket pesawat murah cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 7,291 times, 1 visits today)

Comments

To Top