Event & Festival

Pro dan Kontra Hari Valentine di Indonesia

Meskipun cuma sekadar perayaan hari kasih sayang, namun Valentine di Indonesia mengandung cukup banyak pro dan kontra. Banyak yang merayakan Valentine, namun di beberapa daerah, Valentine tidak boleh dirayakan, misalnya di Aceh, Banten, Pekanbaru, dan Banten. Lalu, apa sih yang menjadi pro dan kontra Valentine di Indonesia?

Pro Hari Valentine di Indonesia

1. Sebagai sarana untuk mengungkapkan kasih sayang

valentine

foto dari: decoist.com

Memang sih, kasih sayang nggak harus diungkapkan ketika tanggal 14 Februari, tapi lewat Valentine, kita jadi lebih punya banyak cara untuk mengungkapkan kasih sayang. Misal dengan mengajak dinner pasangan, memberikan cokelat atau bunga untuk orang terdekat, atau sekadar mengobrol bareng. Jadi, bisa mendekatkan seseorang yang tadinya kurang dekat dengan kita menjadi dekat dan jika hubungan sudah harmonis, hubungan akan makin harmonis.

2. Bisa dijadikan lahan bisnis

Mungkin buat sebagian orang, Valentine tidak ada artinya, tapi untuk mereka yang berbisnis dan memanfaatkan Valentine untuk mencari uang, tentu Valentine punya makna yang besar. Menjelang Valentine, banyak lho pedagang yang meraup keuntungan dari menjual bunga, cokelat, cupcake, boneka, kartu Valentine, atau barang cute lainnya.

3. Menambah kreativitas

Masih ingat nggak ketika kita masih sekolah dan merayakan Valentine, ada beragam lomba yang diadakan, misalnya lomba bikin puisi, lomba menyanyi, lomba bikin kartu Valentine, dan lain-lain. Secara tidak langsung, hal itu juga menambah kreativitas kita. Bahkan, bukan hanya sekolah yang mengadakan lomba, tapi sudah banyak perusahaan atau institusi yang mengadakan lomba ketika Valentine. Kalau beruntung, kita bisa memenangkan lomba dan dapat hadiah juga, lho!

Pegipegi juga mengadakan kontes foto di socmed berhadiah voucher hotel Rp 100 ribu. Infonya bisa kamu lihat di sini!

Kontra Hari Valentine di Indonesia

Kurang sesuai dengan budaya timur

Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi nilai agama dan kesopanan. Seringkali Valentine dihubungkan dengan berzinah, mabuk, dan hura-hura. Meskipun nggak semua orang di Indonesia merayakan Valentine dengan kegiatan seperti itu, tapi tetap aja banyak yang tidak suka, bahkan melarang perayaan Valentine.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Menurut kamu gimana travelers? Kalau menurut Pegipegi sih, perayaan Valentine tidak harus dirayakan. Namun, bagi yang ingin merayakan Valentine, kamu bisa merayakan Valentine dengan cara kamu sendiri, asal tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Bagi yang ingin memberikan kejutan untuk pasangan, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Reference.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 620 times, 1 visits today)

Comments

To Top