Tips

Pro dan Kontra Foto Bikini di Media Sosial

Bikini adalah pakaian renang yang terdiri dari dua bagian, yang satunya menutupi payudara dan yang satunya lagi menutupi area kewanitaan. Kehadiran bikini di Indonesia belum bisa diterima dengan baik. Karena, bentuknya dianggap terlalu seksi dan nggak sesuai dengan budaya timur. Makanya, banyak yang menghujat perempuan di media sosial hanya karena ia foto memakai bikini. Sebagian lagi menilai bahwa bikini sebagai bentuk mengekspresikan diri ketika berada di kolam renang atau pantai.

Itu baru sedikit dari banyak pro dan kontra berbikini di media sosial. Masih banyak pro dan kontranya, antara lain:

Pro

  1. Kalau fotonya sesuai tempat masih dianggap wajar. Misalnya di kolam renang atau pantai. Kan nggak mungkin dong kita berenang di pantai atau kolam renang dengan menggunakan kaos atau celana jeans? Jadi bikini dianggap sebagai seni yang menampilkan keindahan bentuk tubuh wanita di pantai atau kolam renang.
  2. Jika yang foto berbikini bukan public figure, nggak bakal ada hujatan. Wajar aja sih, mungkin karena followers-nya jauh lebih sedikit daripada public figure. Paling yang melihat hanya teman sendiri. Jadi, nggak mungkin dihujat dong. Itulah enaknya jika kamu bukan public figure!
  3. Wajar untuk pemotretan atau iklan. Foto-foto menggunakan bikini di media sosial dianggap lebih wajar jika tujuannya untuk keperluan pemotretan atau iklan. Karena penggunaan bikini tersebut bukan karena keinginan pribadi, tapi karena tuntutan profesi, tapi tetap aja kadang ada sebagian orang yang kurang mengerti akan hal ini. Jadi, tetap aja ada hujatan. Misal, Anindya Kusuma Putri yang dihujat karena meng-upload foto berbikini di Instagram, padahal foto itu untuk keperluan kontes Miss Universe 2015.
  4. Jika usia si pemakai bikin sudah dewasa, dianggap lebih wajar. Beberapa waktu lalu kan lagi tren soal pesta bikini di kalangan pelajar dan hal itu jelas membuat masyarakat cemas. Sepertinya sih, penggunaan bikini lebih lumrah di kalangan pengguna yang usianya sudah dewasa. Jadi, kalau kamu masih usia sekolah, lebih baik pikir-pikir lagi deh jika ingin upload foto berbikini di media sosial.
  5. Berbikini di Pulau Bali dianggap wajar. Nggak cuma Bali sih, tapi beberapa pulau lain seperti Lombok dan lain-lain. Nah, kamu nggak bakal dianggap seperti orang aneh jika berbikini di pantai-pantai Bali. Mungkin karena di sana banyak banget turis asing yang terbiasa berjemur di pantai dengan menggunakan bikini.

Kontra

  1. Bakal timbul masalah jika foto berbikini bukan pada tempatnya. Misal, kamu pakai bikini, tapi selfie di kamar dan di-post di media sosial. Biasanya sih, foto yang seperti itu dianggap kurang pantas. Karena kostum yang digunakan tidak pada tempatnya. Lebih baik sih, foto semacam itu untuk koleksi pribadi aja dan nggak di-upload ke media sosial.
  2. Dianggap sebagai foto tidak seronok (indah). Walaupun lokasi fotonya sudah di pantai, tetap aja ada sebagian orang yang menilai foto berbikini itu tidak seronok karena terlalu seksi. Masyarakat mudah sekali mengkaitkan moral seseorang hanya karena ia menggunakan bikini.
  3. Dikait-kaitkan dengan ajaran agama. Hal ini sih biasanya terjadi pada public figure yang followers-nya banyak banget! Para haters biasanya menghakimi mereka dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan ajaran agama. Misal, ‘Kak, agamanya apa? Memang boleh pakai bikini?’.
  4. Dianggap aneh jika berbikini di Jakarta. Jakarta adalah kota yang keras. Kamu pakai apa pun bisa aja selalu dianggap salah. Karena, mayoritas penduduknya memang sangat selektif terhadap penampilan. Apalagi, di Jakarta juga jarang ada pantai indah. Jadi, kalau mau pakai bikini, traveling aja ke Bali!

Itulah beberapa pro dan kontra foto bikini di media sosial, terutama di Indonesia. Menurut pegipegi sih, boleh-boleh aja lho jika kamu ingin mengekspresikan diri dengan bikini asal kamu tahu bikini seperti apa yang cocok untuk tubuh kamu. Dan kamu harus bisa menerima risikonya bahwa nggak semua orang bisa menerima penggunaan bikini. Jadi, jika ada yang menghujat, tentu aja kamu harus kuat mental dan tetap bersikap cuek.

Jika kamu sudah siap mengekspresikan diri dengan bikini di pantai, kamu bisa langsung berlibur ke pantai impian kamu! Tentunya, siapkan destinasimu bersama pegipegi dengan pesan tiket pesawat dan hotel murah, dong!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 1,176 times, 1 visits today)

Comments

To Top