Destinasi

Prigi, Pantai Selatan yang bersahabat

pantai prigi

Setiap dengar kata ‘pantai selatan’ pasti yang muncul di pikiran kamu adalah suasana mistis dengan ombak yang ganas. Bahkan ada pantangan memakai baju warna hijau ketika berkunjung ke daerah tersebut. Tapi tenang saja, begitu kamu datang ke Pantai Prigi, stigma tersebut bakal hilang, deh. Bahkan bisa dibilang Pantai Prigi adalah satu-satunya pantai selatan Pulau Jawa yang sama sekali nggak terkesan mistis. Jadi kamu nggak perlu takut pake baju hijau kalo main ke pantai ini.

pantai prigi

pasirpantai.com

Trenggalek, kota yang kaya pantai

Nama Trenggalek sebagai kota tujuan wisata dari Jawa Timur mungkin belum setenar Malang, Surabaya atau Lumajang. Padahal kota ini cukup kaya akan aneka objek wisata yang keren, unik dan membuat kita terus teringat dengan pesonanya sepanjang masa. Ini karena Trenggalek berlokasi di bagian selatan Jawa Timur dan posisi geografis ini membuat Trenggalek punya beberapa pantai cantik yang cukup terkenal di kalangan warga setempat.

Pantai Prigi punya pantai berpasir putih dan ombak yang sangat tenang. Dan bahkan, hampir nggak ada pantai selatan Jawa  yang ombaknya setenang Pantai Prigi. Ini terjadi karena garis Pantai Prigi agak menjorok ke daratan, dan pantai ini juga punya pagar alami berupa bukit karang yang hijau memanjang di salah satu tepi laut. Inilah yang membuat Pantai Prigi juga dikenal dengan nama Teluk Prigi, travelers.

pantai prigi yang tenang

asambackpacker01.wordpress.com

Tujuan liburan bersama keluarga

Berhubung airnya tenang, Pantai Prigi cukup disukai para orangtua karena mereka tak perlu khawatir melepas anak-anak bermain air di pantai. Kamu juga nggak perlu khawatir bakal tenggelam meski nggak bisa berenang, karena Pantai Prigi mempunyai dasar yang dangkal. Duduk-duduk di pantai sambil menikmati semilir angin juga asik, kok. Apalagi sambil menyantap ikan atau cumi bakar yang banyak dijajakan di pinggir pantai.

Pantai Prigi juga punya banyak spot yang bisa dikunjungi sambil berperahu, lho. Ada Jembatan Reog (dermaga), Pulau Mutiara (pulau tanpa penghuni yang nggak jauh dari Pantai Prigi), kemudian Gua Merah (semacam ceruk di bukit karang Pantai Prigi). Total ada 11 spot dan rasanya waktu sehari nggak cukup buat menjelajah semua spot itu. Solusinya, traveler bisa bermalam di Pantai Prigi karena di sini banyak hotel dengan tarif terjangkau.

Momen paling asyikdi Pantai Prigi adalah ketika senja tiba, saat matahari mulai tenggelam. Di saat seperti ini kamu bakal terpana dengan langit yang memancarkan semburat warna kuning, merah dan jingga berpadu dengan birunya laut Pantai Prigi. Keindahannya pasti bakal bikin traveler bahagia dan pasti ingin balik lagi ke Pantai Prigi.

Tempat pelelangan ikan terbesar di Jawa Timur

Puas bermain di pantai, jangan lupa mampir ke tempat pelelangan ikan (TPI) yang bisa kamu datangi dengan jalan kaki dari Pantai Prigi. Sambil belanja ikan buat oleh-oleh, kamu bisa liat proses tawar menawar ikan yang pastinya nggak pernah kamu liat di pasar lain sebelumnya. Ada banyak sekali ikan yang bentuknya aneh-aneh dan harganya murah banget. Jika khawatir akan berbau tak sedap sewaktu dibawa pulang, kamu bisa minta pedagangnya untuk mengasapi ikan belanjaanmu. Rasanya pun dijamin semakin lezat jika diasapi, travelers.

Asyiknya lagi, masyarakat Pantai Prigi punya hajatan budaya yang digelar setahun sekali. Namanya Upacara Larung Sembonyo. Upacara ini digelar sebagai tanda syukur pada Tuhan atas hasil panenan ikan yang melimpah. Sebuah tumpeng nasi kuning raksasa akan dilarung (dihanyutkan) ke tengah laut, tingginyas sekitar 1.5 meter!

pelelangan ikan di pantai prigi

cagarwisata.blogspot.com

Jangan sampai lupa waktu

Berhubung letak Pantai Prigi berjarak sekitar 40 km dari Kota Trenggalek, makanya masih bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi/ rental maupun kendaraan umum, travelers. Jalan ke Pantai Prigi juga sudah mulus dan kamu bakal terhibur di jalan karena ada beberapa objek wisata yang bakal kamu lewati sebelum sampai ke Pantai Prigi, di antaranya adalah Gua Lawa alias Batcave yang berjarak sekitar 15 km dari Pantai Prigi.

Kalau naik transportasi umum yang paling mudah adalah dengan naik bus jurusan Trenggalek, terus turun di Terminal Kota Trenggalek. Dari sini kamu naik mini bus jurusan Trenggalek-Durenan-Bandung-Watulimo, kemudian turun di Desa Watuagung. Sampai di Desa Watuagung kamu bisa naik ojek atau jalan kaki ke Pantai Prigi, travelers. Yang perlu diingat, mini bus hanya tersedia di pukul 06:00-17:00, jadi siap-siap menginap jika kamu telat pulang.

Penasaran, kan, sama indahnya Pantai Prigi? Kunjungi Pantai Prigi bersama keluarga atau teman-teman, dan pesan tiket pesawat dan hotel sekarang juga di Pegipegi.com.

 

 

(Visited 1,724 times, 4 visits today)

Comments

To Top