Tips

Plus-Minus Ganti Kartu SIM Prabayar Saat Liburan ke Luar Negeri

Mau jalan-jalan ke luar negeri tapi takut nggak bisa Whatsapp-an sama orang rumah? Tenang, berkat kemajuan teknologi, komunikasi dua arah antara kamu dan orang terdekat di Tanah Air tetap bisa berjalan lancar.

Yap, setiap provider telekomunikasi memiliki layanan roaming internasional yang bisa digunakan di berbagai negara. Tanpa mengganti kartu SIM, jaringan komunikasi dan internet kamu tetap bekerja dengan baik.

Namun, nggak sedikit pula dari traveler yang memilih untuk menggunakan kartu SIM prabayar dari provider lokal di negara yang dituju, lho. Alasannya, nggak mau ribet sama jaringan yang buruk.

Well, sebenarnya ada plus minus dalam menggunakan jaringan lokal maupun roaming internasional kala berpergian ke luar negeri. Salah satunya soal harga, lho.

Banyak traveler yang memilih untuk menggunakan jaringan lokal di negara yang dituju karena lebih hemat ketimbang harus langganan layanan roaming dari negara asal. Harganya bisa dua kali lipat lebih murah, lho!

Tapi minusnya, kamu harus ribet mengganti kartu SIM negara asal kamu dengan kartu baru. Apalagi kalau kebetulan smartphone kamu nggak menggunakan nano SIM yang sudah jadi standarisasi di beberapa negara.

Namun, jika ditanya soal kualitas jaringan, kartu lokal dari negara yang dituju jauh lebih lancar ketimbang roaming internasional. Mengingat sistem roaming yang “menumpang” kepada jaringan tertentu yang dituju.

Hilang sinyal sampai baterai cepat habis jadi konsekuensi yang kamu harus alami jika memaksa menggunakan layanan roaming. Karena semakin lama smartphone kamu mencari sinyal, semakin keras pula kerja yang dilakukan oleh prosesor ponsel.

Penggunaan Dibatasi

Mungkin, mengganti jaringan saat traveling ke luar negeri adalah hal yang paling favorit dilakukan. Namun, jika dihitung untuk durasi yang lebih panjang, biaya yang dihabiskan nggak jauh beda, kok.

Pasalnya, paket kartu SIM prabayar di negara yang dituju dibatasi penggunaannya, baik soal durasi pemakaian hingga penggunaan data. Sebagai gambaran, dengan dana Rp100 ribu, kamu bakal dapat masa aktif hanya 7 hari dengan kuota data yang cukup kecil, 2,8 GB.

Hal ini nggak bakal terjadi jika kamu menggunakan jaringan roaming dari negara sendiri. Berbekal paket internet sepuasnya, kamu bisa mendapatkan jumlah kuota yang lebih besar, lho!

Jadi, pilih mana? Mau pakai layanan roaming atau ganti kartu di negara yang dituju?

Sudah siap traveling ke tempat yang kamu inginkan? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top