Destinasi

Piknik ke Kebun Buah-buahan, Mau?

taman buah mekarsari

Menghabiskan waktu di sela-sela rimbunnya pepohonan, jalan-jalan sambil belajar mengenai perkembangan tanaman dan makan buah segar langsung dari pohonnya menjadi salah satu kegiatan wisata alternatif yang banyak disukai masyarakat. Maka nggak heran kalo beberapa lokasi wisata kebun buah-buahan pun dipadati pengunjung di musim liburan, sama padatnya dengan pengunjung di tempat wisata yang menawarkan aneka macam wahana permainan. Trus kebun buah-buahan mana aja sih yang sekarang sedang happening? Simak terus ya, travelers.

1. Taman Wisata Mekarsari, Bogor, Jawa Barat

taman buah mekarsari
Kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pasti pernah main ke sini ‘kan? Hah, belum pernah? Hadeehh, buruan deh ke sana, mumpung taman wisata ini baru dibuka kembali bulan Februari kemarin setelah beberapa bulan sebelumnya ditutup untuk sejumlah perbaikan. Taman Wisata Mekarsari menempati area sekitar 264 hektar, dan merupakan salah satu pusat pelestarian flora buah-buahan tropis terluas di dunia lho, travelers.

Tapi nggak usah khawatir kecapean, karena sebuah bus telah disediakan untuk mengantar kamu berkeliling ke seluruh bagian kebun buah-buahan. Ada kebuh buah jeruk, rambutan, melon, durian, kelengkeng, dan banyak lagi. Di perhentian terakhir bus kamu bisa menikmati sejuknya udara di tepi danau buatan, atau menikmati serunya outbond di kebun kelapa. Yang paling asyik sih jalan-jalan di kebun buah dan memetik trus memakannya langsung di situ. Pasti segerrr rasanya!

Kamu berasal dari luar Jakarta tapi tertarik datang ke Taman Wisata Mekarsari? Gak usah khawatir, travelers, Pegipegi punya banyak pilihan hotel asyik di Jakarta kok!

2. Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur

kebun buah malang
Suka makan buah apel? Itu artinya kamu harus pergi ke Kota Batu, travelers. Kota Batu dahulu memang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Malang, namun sekarang kota wisata ini telah berstatus sebagai kota administratif yang berdiri sendiri. Meski demikian, hal itu tak mengubah karakter Kota Batu yang dikenal sejak dulu sebagai wilayah penghasil buah apel terpopuler di Indonesia.

Kusuma Agrowisata sendiri terletak di Kecamatan Bumiaji, Batu, hanya sekitar 45 menit dari pusat Kota Batu (kalo tidak macet, travelers. Ini karena Kota Batu rawan sekali mengalami macet, terutama kalo kamu pergi ke sini di musim liburan atau akhir pekan). Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang, kamu sudah bisa masuk ke area Kusuma Agrowisata, jalan-jalan di antara pohon apel, menikmati hawa sejuk pegunungan dan makan apel sepuas-puasnya. Rasa buah apelnya pun nggak mengecewakan, manis dan segar! Ingin membawa apel untuk oleh-oleh? Bisa kok, asal kamu sudah membayar biaya tambahan sebesar Rp 15 ribu per kilo apel yang kamu petik dan hendak kamu bawa pulang. Di sini kamu juga bisa membeli beberapa produk dengan bahan dasar apel dalam bentuk keripik dan sari buah.

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi kebun buah ini, yuk cari hotelnya hanya di Pegipegi!

3. Taman Agrowisata Batuah, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Siapa bilang wisata kebun buah-buahan hanya ada di Pulau Jawa? Kalimantan Timur juga punya lho, travelers. Namanya Taman Agrowisata Batuah, dan tempat asik ini terletak di KM. 24 Loa Janan, jalam utama yang menghubungkan antara Samarinda dan Balikpapan. Taman yang berdiri di atas tanah seluas 35 hektar ini dikelola oleh Dinas Pertanian Propinsi Kalimantan Timur dan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi warga setempat di musim liburan. Siapa yang nggak jatuh cinta dengan panorama khas dataran tinggi, deretan aneka bunga anggrek yang cantik, deretan tanaman kaktus yang ditata rapi, memancing dan…. jalan-jalan di tengah pepohonan buah-buahan, tentunya. Asyiknya lagi, semua keindahan ini bisa kamu nikmati dengan tanpa membayar tiket masuk, alias gratis!

Meski masuknya gratis, jaga baik-baik kelakuan kamu waktu mengunjungi taman wisata ini ya, travelers. Soalnya, Taman Agrowisata Batuah bukan hanya menjadi rumah buat pohon buah-buahan seperti durian, nanas, jambu, rapiah dan salak pondoh. Ada sekitar 50 jenis tanaman yang terdiri dari tanaman obat, tanaman hias, sayuran dan tanaman langka yang sudah nggak bisa kamu jumpai di tempat lain. O ya, sama seperti Taman Wisata Mekarsari, Taman Agrowisata Batuah juga menyediakan fasilitas pelengkap seperti kafe dan penginapan.

4. Kebun Buah Naga Palangga, Gowa, Sulawesi Selatan

kebun buah naga
Satu lagi lokasi wisata kebun buah-buahan yang populer di luar Pulau Jawa. Kebun Buah Naga Palangga terletak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Makassar. Dan kamu bisa mengunjunginya sebelum menikmati sunset di Pantai Losari, atau sesudah kamu naik wahana roller coaster di Trans Studio Makassar. Kamu bukan hanya bisa memetik dan makan buah naga yang matang di pohonnya, namun juga bisa belajar tentang cara pembudidayaan tanaman buah naga. Kalo mau beli bibit tanaman buah naga di sini juga bisa.

Meski namanya kebun buah naga, taman wisata ini juga punya beberapa koleksi tanaman buah lain seperti rambutan, jeruk, kelengkeng dan beberapa jenis tanaman sayur, dan semuanya boleh kamu petik kalo sudah matang. Kamu juga boleh membawa pulang buah hasil panenmu dengan biaya tambahan sebesar Rp 30 ribu per kilo.

Tertarik mengunjungi kebun buah ini? Yuk cari hotel-hotel nyaman dan asyik di Makassar lewat Pegipegi!

(Visited 4,905 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top