Event & Festival

Pesta dawet gratis sepuasnya di ‘Banjar Banjir Dawet’ Festival Serayu 2015

Ada yang belum pernah nyobain minum es dawet? Waduh, kemana aja kamu, travelers? Dawet (di beberapa tempat dikenal dengan es cendol) atau yang populer dengan nama Dawet Ayu memang beneran ‘ayu’ (cantik) karena rasanya manis dan segar, apalagi kalo dicampur es dan diminum di tengah cuaca panas. Hmm…enak tenan! Banjarnegara sebagai kota di mana dawet ayu berasal, tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membonceng popularitas minuman segar ini dan menjadikannya sebagai salah satu daya tarik wisata.

foto: banyumasnews.com

foto: banyumasnews.com

Mabok dawet

Seperti yang udah sama-sama kita tau, Banjarnegara sempat terpukul akibat terpaan bencana tanah longsor setahun silam dan sedikit menodai reputasinya sebagai kota tujuan wisata. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara berinisitif menggelar event bertajuk ‘Banjar Banjir Dawet’ sebagai sebuah pernyataan kepada dunia luar bahwa Banjarnegara ‘baik-baik saja’ dan tetap aman untuk dikunjungi.

Event yang digelar sebagai penanda dimulainya Festival Serayu 2015 ini rencananya akan digelar pada tanggal 26 Agustus 2015, dengan mendatangkan 300 gerobak dawet dari seluruh penjuru Banjarnegara. Di sini kamu boleh minum es dawet Banjarnegara sepuasnya dan nggak perlu khawatir dompetmu jebol karena semuanya gratis, alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Keren nggak sih?

Bukan cuma itu, travelers. Di Festival Serayu 2015 ini kabarnya juga bakal diadakan prosesi budaya ‘Parak Iwak’ yang belakangan ini sudah mulai terpinggirkan dari kehidupan masyarakat Banjarnegara. Padahal, tujuan prosesi ini sangat mulia dan menunjukkan bahwa nenek moyang kita dahulu udah punya kepedulian tinggi terhadap kelestarian lingkungan.

Prosesi ‘Parak Iwak’ dimulai dengan pengambilan ikan dari beberapa telaga di Dataran Tinggi Dieng, yaitu Telaga Balekambang, Pengilon, Merdada, Sendang Serayu, Sewiwi dan Telaga Warna. Ikan-ikan itu nantinya akan dikirab/ diarak melintasi Kecamatan Batur, Wanayasa, Karangkobar dan Kutayasa, Banjarnegara. Nah, sesampainy di sini benih ikan akan ditebar di Sungai Serayu, travelers.
Penyebaran benih ikan biasanya akan disambut oleh ratusan orang yang akan berlomba menangkap benih ikan yang udah dilepas dengan tanpa bantuan alat apapun, kecuali tangan. Kebayang ‘kan gimana serunya .. Sesi ‘Parak Iwak’ digelar setiap tahun untuk mendidik warga agar mencintai Sungai Serayu yang udah banyak berjasa untuk kelangsungan hidup masyarakat Banjarnegara.

Festivalnya memang masih bulan Agustus mendatang, travelers. Tapi nggak ada salahnya ‘kan kalo kamu pesan tiket pesawat ke Banjarnegara lewat Pegipegi mulai sekarang?

(Visited 380 times, 1 visits today)

Comments

To Top