Destinasi

Pesona Kepulauan Derawan, Warisan Dunia di Kalimantan

Soal destinasi wisata, Kalimatan adalah kawasan di Indonesia yang sering diburu wisatawan lokal maupun mancanegara. Kenapa? Yap, di dalam pulau terbesar di Indonesia ini terdapat surga tersembunyi!

Mari menyapa Pulau Derawan. Yap, destinasi wisata bahari ini memang salah satu dari sedikit pulau cantik yang ada di kawasan Kalimantan. Maklum, rata-rata kawasan Kalimantan ditutupi hamparan hutan tropis.

Berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kepulauan Derawan dinobatkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2007 lalu lantaran panorama yang menakjubkan. Di sini, kamu nggak cuma dapat Pulau Derawan-nya, tetapi juga beberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama hingga Pulau Sangalaki.

Nah, sebagai starter, Pulau Derawan adalah destinasi pertama yang kamu harus capai. Dengan luas 1,3 hektar, Pulau Derawan hadir dengan pesona alamnya yang indah dan elegan jadi alasan kuat buat kamu berkunjung ke Kepulauan Derawan.

Hamparan pasir putih serta air laut biru muda seakan menciptakan kolaborasi yang cantik untuk dinikmati makin terlihat sensasional lantaran memiliki hutan bakau luas di sepanjang pantai. Nyiur kelapa di pinggir pantai menambah kesan sejuk meski cuaca tropis nggak segan memayungi kawasan pulau menawan ini.

Panorama Bawah Laut

Pulau Derawan nggak cuma hadir dengan panorama pantainya. Kehidupan bawah lautnya nggak kalah, kok! Pulau ini jadi biota alami bagi para terumbu karang tropis yang cukup langka.

Beberapa jenis reptil laut yang nggak kamu temukan di kota kamu, bisa dijumpai di sini. Sambil snorkeling atau diving, coba sapa mahluk-mahluk lucu sambil berenang di dalam air laut yang jernih.

Jika belum puas main di Pulau Derawan, kamu bisa mampir ke beberapa pulau di sekitarnya. Khusus buat pengalaman snorkling yang lebih menantang, Kehe Daing, Pulau Kakaban Timur bisa jadi spot yang cocok buat kamu, deh.

Di sana, ada laguna luas dengan pasir putih yang cantik. Air laut berwarna biru tosca memancing hasrat buat menyelam dan menelusuri kehidupan bawah laut khas Kepulauan Derawan.

Menyelami Palung Dalam

Sebelum pulang, jangan lupa buat mampir ke Pulau Maratua. Di sana, ada wahana alam yang cukup ekstrim buat ditaklukkan, palung laut.

Memiliki nama Goa Halo Tabung, palung ini merupakan gua dalam air dengan kedalaman sekitar 70 meter. Lokasinya yang berada di tengah pulau menjadikan Goa Halo Tabung surga tersendiri bagi para wisatawan.

Foto: elvinafebriani

Dikelilingi tebing dan akar-akar pohon bakau, Goa Halo Tabung memiliki warna air biru permata yang sangat jernih. Lokasinya yang dekat dengan bibir pantai membuat biota dalam airnya masih sangat alami.

Jadi, tertarik buat liburan di Kepulauan Derawan? Yuk, segera kemasi barang-barang kamu!

Foto utama: tolkonsel

Mau ke Derawan? Transit dulu ke Samarinda. Yuk, pesan tiket pesawat murah ke Samarinda dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke Samarinda cari hotel murah di Samarinda

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 52 times, 1 visits today)

Comments

To Top