Destinasi

Pesona Bioskop Pertama di Bandung yang Legendaris, De Majestic

Yuk, jalan-jalan ke Bandung sambil menikmati kesenian budaya di sana. Nah, salah satu spot yang kamu wajib kunjungi kala liburan di Bandung adalah De Majestic.

Berada di kawasan Braga, De Majestic merupakan sebuah gedung kesenian dan kebudayaan yang cukup bersejarah. Di sini, kamu dapat menyaksikan berbagai konser musik, pementasan tari tradisional maupun modern, hingga pameran berskala nasional seperti lukisan hingga barang antik.

Yang bikin menarik dari De Majestic adalah bentuk bangunan yang nggak berubah. Sejak mengalami renovasi, De Majestic mengusung gaya neo-klasik yang bisa kamu temui di beberapa kota besar lainnya seperti Kota Tua di Jakarta dan Semarang.

Dengan latar jalan Braga yang Eropa banget, mampir ke gedung yang satu ini adalah sebuah keharusan bagi setiap wisatawan. Apalagi, buat yang hobi fotografi atau sekedar selfie di pintu masuknya.

Awalnya Bioskop

Dibangun pada 1925, De Majestic awalnya memiliki nama, Concordia yang kemudian berubah menjadi New Majestic. Fungsi dari gedung yang dibangun pada masa Penjajahan Belanda ini adalah sebagai pusat hiburan di kota Bandung.

Menggunakan desain rancangan Charles Prosper Wolff Schoemaker, banyak meneer-meneer Belanda mampir ke De Majestic untuk melepas lelah. Ada yang sekedar nongkrong saja, maupun menyaksikan film-film yang sering diputar di sini.

De Majestic pun menjadi bioskop pertama yang sukses memutarkan film Indonesia pertama, Loetoeng Kasaroeng. Lantaran film yang diputar kebanyakan film bisu, sang pengelola bioskop kala itu sering menyebarkan berbagai selebaran dan menghadirkan orkes mini di depan untuk menarik perhatian para pengunjung.

Nah, nggak seperti bioskop jaman sekarang, De Majestic punya aturan tersendiri bagi siapapun yang ingin menonton film di sini. Selain harus berpakaian rapi, penonton pria dan wanita harus duduk secara terpisah.

Keberlangsungan bioskop De Majestic bertahan hingga pertengahan 80-an dengan judul-judul film panas yang menggema pada masa itu. Namun, lantaran biaya perawatannya makin mahal, gedung De Majestic pun sempat terbengkalai sebelum mengalami revitalisasi pada 2010.

Kini, De Majestic masih tetap bertahan di antara gempuran gedung-gedung kesenian lainnya di kota Bandung. Letaknya yang cukup strategis memudahkan para wisatawan bertemu dengan gedung yang satu ini.

Mau mampir ke De Majestic? Sekalian liburan! Untuk yang ingin liburan ke Bandung, yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Bandung dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Bandung pesan tiket kereta api murah ke Bandung cari hotel murah di Bandung

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top