Destinasi

Pesona Amirul Mukminin, Masjid Apung Pertama di Indonesia

Ada rencana ingin berkunjung ke Makassar? Yuk, sekalian berburu wisata religi yang menarik. Nah, jika kamu sedang main ke Pantai Losari, coba mampir ke Masjid Amirul Mukminin.

Nah, berbeda dengan kebanyakan masjid, Amirul Mukminin berdiri di atas air laut, lho. Nggak heran, masyarakat Makassar menyebut tempat ini sebagai masjid apung pertama di Indonesia, lho.

Tumpukan beton yang didorong ke dasar laut menopang masjid yang hadir dengan konsep rumah panggung khas suku Bugis. Sehingga, sisi tradisionalnya sangat terasa kala menapakan kaki di atas masjid ini.

Dibangun pada 2009 lalu, Masjid Amirul Mukminin ini pun menjadi salah satu ikon dari kota Makassar. Yang meresmikan adalah Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla yang kala itu masih menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia.

Tampak Cerah dan Bersinar

Masjid Amirul Mukminin nggak punya desain interior seramai masjid-masjid unik pada umumnya. Bahkan, corak di dinding hingga gerbang masuknya pun penuh dengan kesederhanaan.

Namun, pemilihan mozaik biru pada bagian kubah utama dengan dua menara mengapit membuat Masjid Amirul Mukminin terlihat sangat cerah dan bersinar. Apalagi, kalau dipandang dengan latar belakang langit biru khas Makassar.

Masjid ini pun terlihat manis mengingat ukurannya nggak terlalu besar. Namun, Masjid Amirul Mukminin terlihat lebih perkasa dengan hadirnya lima buah pilar tinggi yang memiliki arti yang menegaskan kita harus terus menegakkan solat lima waktu dalam sehari.

Deburan ombak yang santai bakal jadi soundtrack tersendiri saat melangkah masuk melewati jembatan utama sebagai penghubungnya. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan momen sunset dari pinggir jembatan sambil menunggu waktu Maghrib tiba. Tertarik buat main ke sini?

Liburan ke Makassar, yuk! Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawat ke Makassar dan pesan hotel murah di Makassar lewat Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat ke Makassar Cari Hotel Murah di Makassar

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top