Tips

Pertama Kali Mendaki Gunung? Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan!

Kepingin liburan yang berbeda dari sebelumnya? Kalau kemarin puas main air di pantai, saatnya kamu rencanakan liburan kamu di gunung, yuk!

Selain bisa menikmati sunrise dari puncak, kamu juga bisa lebih dekat dengan alam, lho. Nggak cuma itu, fisik dan adrenaline kamu bisa diuji kala melakukan pendakian.

Bagi yang baru pertama kali mendaki, memang terasa berat, sih. Namun, kamu bisa mempersiapkan segalanya, mulai dari fisik maupun mental, kok!

Nah, sebagai referensi kamu, berikut 5 hal yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan pendakian untuk pertama kalinya. Simak, yuk!

Bikin Nyaman Kaki

Kekuatan otot di kaki adalah hal yang paling krusal dalam pendakian. Sehingga, kaki kamu harus dalam kondisi prima dan nyaman saat melakukan pendakian. Nah, pemilihan sepatu untuk mendaki tampak krusial. Demi menunjang kenyamanan dan keselamatan, piluh sepatu yang menunjang kinerja engkel kaki, anti air dan ringan. Jangan lupa untuk mengenakan kaos kaki dengan bahan wool untuk meresap keringat.

Practice Makes Perfect

Layaknya seperti bayi yang baru belajar jalan, kamu wajib berlatih sebelum mendaki gunung. Terutama soal ketahanan fisik yang bakal dikuras sepanjang pendakian. Mulai dari latihan kardio hingga penanggulangan kondisi darurat harus kamu lakukan sebelum berangkat. Pastikan diri untuk meminimalisir kesalahan individual, seperti penganturan nafas dan langkah.

Oh ya, jangan lupa latih mental kamu dalam menghadapi alam. Karena, meski fisik memegang peran, mental justru menentukan keberhasilan pendakian.

Kendalikan Emosi, Hormati Kondisi Fisik

Mendaki gunung buka masalah siapa yang duluan sampai ke puncak. Tetapi menjadi tes mental dan fisik siapa yang mampu bertahan. Sehingga, akan sangat bijak jika kamu memiliki perencanaan mendalam soal pendakian. Kendalikan emosi dan jangan paksa tubuh untuk menggapai langkah. Ambil nafas 30 dekit dalam 30 menit pendakian untuk mengatur sirkulasi oksigen dan darah dalam tubuh, dan merenggangkan otot yang kencang.

Bawa Makanan dan Air Mineral Cukup

Dengan kondisi medan berat, tubuh akan terus bekerja keras selama 5-6 jam. Sehingga, asupan makanan dan cairan dalam tubuh harus tetap terjaga. Jadi, sebelum berangkat, kamu wajib stok makanan kering lebih banyak. Biar nggak terlalu berat, kamu bisa membekali diri dengan banyak buah-buah kering dan kacang. Untuk air, minimal kamu bawa 3-5 liter air dalam botol atau jerigen yang disangkutkan pada backpag kamu.

Bekali Diri Dengan Perbekalan Penting Lainnya

Selain makanan dan minuman, ada banyak barang yang harus kamu bawa saat mendaki gunung. Lengkapi diri kamu dengan jaket tebal agar nggak terkena hipotermia. Pilih jaket yang memiliki kemampuan waterproof, tahan angin, dan breathable. Jaket ini mampu menyesuaikan diri dengan kondisi di sekitar, membuat tubuh sejuk saat cuaca panas, dan bikin badan hangat saat di malam hari. Selain itu, kamu juga bisa dibawa.

Selain itu, ada tenda anti air yang berfungsi menjaga kamu dari gangguan hewan liar di malam hari. Usahakan tenda berbahan dasar antiair supaya nggak repot saat turun hujan di tengah malam.

Sudah siap mendaki gunung yang kamu inginkan? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top