Tips

Pertama Kali ke Singapura? Biasanya, 10 Hal Ini yang Dilakukan Orang Indonesia

merlion

Orang Indonesia rata-rata suka traveling ke Singapura. Karena, selain tempatnya asyik buat shopping, Singapura juga mudah dijangkau. Nggak perlu visa untuk ke sana dan cuma memakan waktu terbang selama 1 jam jika berangkat dari Jakarta. Mungkin travelers masih ingat seperti apa pengalamanmu saat traveling ke Singapura untuk pertama kalinya. Biasanya sih, 10 hal ini yang dilakukan orang Indonesia ketika pertama kali liburan ke Singapura.

1. Pakai Kaus “I Love SG”

kaus-i-love-sg

foto dari: bacaterus.com

Ngaku deh, ketika pertama kali ke Singapura, pasti kamu bela-belain beli kaus dengan tulisan “I Love SG” biar banyak yang tahu bahwa kamu lagi liburan dari Singapura. Biar makin eksis, sekalian dong kausnya dipakai pas lagi jalan-jalan. Hihihi… Kalau kamu melihat sekelompok orang dengan kaus seperti itu, kemungkinan besar mereka adalah turis. Soalnya, warga lokal Singapura jarang banget yang mau pakai kaus tersebut.

2. Ke mana-mana jalan kaki dan naik MRT

mrt

foto oleh: travel.detik.com

Saking bersihnya jalanan di Singapura, bikin kamu nyaman jalan kaki ke mana aja. Apalagi, warga lokal di sana juga banyak yang jalan kaki. Kebiasaan seperti ini tentunya jarang kamu lakukan di negara sendiri, terutama jika kamu tinggal di Jakarta. Selain itu, kamu juga bisa naik MRT (Mass Rapid Transit) yang super nyaman dan luas. Nggak perlu menunggu terlalu lama saat ingin naik MRT, karena MRT di sana hampir selalu tiba tepat waktu. Selain ke mana-mana jadi mudah, kamu juga jadi bisa datang ke tempat wisata tepat waktu deh! Kalau sudah seperti ini, kadang kamu jadi kangen dengan kemacetan ibu kota. Hihihi…

3. Jadi rajin buang sampah pada tempatnya

Karena di jalanan di Singapura sangat bersih, kamu pun tidak rela mengotorinya dengan sampah. Apalagi, pemerintah di sana juga menetapkan denda bagi orang yang membuang sampah sembarangan. Jadi, kamu pun berusaha untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kebiasaan seperti ini bagus banget jika dijadikan gaya hidup ketika kembali ke negara asal, nih!

4. Wajib makan Uncle Ice Cream waktu main ke Orchard Road!

Sebenarnya sih, di Jakarta sudah banyak tempat yang menjual Uncle Ice Cream ala Singapura. Rasanya juga mirip, kok. Tapi, kalau mampir ke Orchard Road sepertinya ada yang kurang kalau nggak beli Uncle Ice Cream. Es krim ini sudah seperti makanan wajib kalau kamu main ke Singapura. Selain harganya terjangkau, hanya 1-2 $ SGD, es krimnya enak dan memiliki banyak rasa. Roti yang digunakan juga memiliki tekstur yang lembut.

5. Wajib belanja di Orchard Road dan Bugis Street

Orchard Road adalah pusat perbelanjaan paling terkenal di Asia. Jadi, kalau ke Singapura, apalagi buat yang pertama kali, wajib banget buat mampir ke sana. Di Orchard Road, kamu bisa menemukan banyak pilihan, karena di sana ada pusat perbelanjaan ikonik, retail, pusat kuliner, dan lain-lain. Supaya nggak bangkrut di tengah jalan, sebaiknya siapkan anggaran khusus untuk belanja di Orchard Road.

Kalau ingin mendapatkan harga terjangkau saat belanja, kamu bisa mampir ke Bugis Street. Ibaratnya, tempat ini seperti ITC Mangga Dua-nya Jakarta. Kamu pun bisa menawar harga jika belanja di sana. Kebanyakan travelers mampir ke sana untuk beli oleh-oleh dalam jumlah besar.

6. Selalu minum air dari tap water

Enaknya liburan ke negara maju seperti Singapura adalah kamu bisa minum langsung dari tap water-nya tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Ketika pertama kali ke Singapura, biasanya kita langsung kagum dengan tap water negeri singa ini! Daripada beli air mineral mahal-mahal, mendingan minum air dari tap water, kan? Tinggal bawa aja botol kosong ke mana-mana.

7. Wajib main di Universal Studio dan foto di depan bola dunianya!

Meskipun harga tiket masuk Universal Studio Singapore (USS) cukup mahal, tapi kalau pertama kali datang ke Singapura, tentu aja wajib main di sana! Tak heran jika USS selalu ramai, terutama ketika akhir pekan, soalnya theme park ini selalu dipenuhi oleh turis, terutama orang Indonesia. Jarang banget orang lokal yang sengaja liburan di sana. Sebelum main, tentu aja kamu wajib foto di depan bola dunianya dong!

Begitu masuk ke dalamnya, jangan lupa cobain semua wahana yang ada! Biasanya sih, setiap beberapa bulan sekali selalu ada wahana baru yang seru. Kebanyakan wahana di USS memang mengikuti tren.

8. Foto-foto di tempat wisata ikonik

Kalau foto-foto di Merlion Park, foto sedang minum air seperti di atas nampaknya wajib dilakukan oleh orang Indonesia. Gaya lain yang kekinian juga bisa dieksplor, seperti sedang pura-pura keramas atau memegang payung. Pokoknya buat lucu-lucuan aja, deh!

Tidak apa-apa jika nggak menginap di Marina Bay Sands, yang penting bisa foto-foto di depannya!

Tidak berani mencoba peruntungan di kasino? Nggak apa-apa, yang penting kamu bisa foto di depannya. Hihihi…

Selfie di depan Garden by the Bay juga harus dilakukan!

Haji Lane yang instagenic ini pastinya nggak boleh dilewatkan untuk foto-foto, travelers!

9. Borong cokelat di Mustafa

Nggak lengkap rasanya kalau ke Singapura tapi nggak borong cokelat! Soalnya, di sana banyak banget cokelat enak dan packaging-nya lucu. Tapi, kalau nggak pintar memilih, kamu bakal mendapatkan cokelat dengan harga yang mahal. Supaya harganya lebih murah, biasanya travelers mampir ke Mustafa. Soalnya di sana menjual banyak makanan, terutama cokelat dengan harga miring. Wah, kalau baru pertama kali ke Singapura sih bisa khilaf! Hehehe…

10. Ujung-ujungnya cari makanan Indonesia

Makanan di Singapura memang nggak jauh beda dengan makanan Indonesia. Karena, sebagian besar merupakan Chinese food. Tapi, rasanya tidak seenak Chinese food di Indonesia. Kalau sudah beberapa hari di Singapura, lama-lama kamu bakal jenuh dengan makanannya. Ujung-ujungnya, kamu bakal kangen dengan masakan ibu di rumah dan mulai mencari makanan Indonesia.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nah, kira-kira seperti itulah kebiasaan orang Indonesia yang baru pertama kali ke Singapura. Kamu sendiri punya pengalaman lain yang lebih seru nggak? Kalau iya, bisa share di kolom komentar, lho! Foto-foto di atas cuma sekadar ilustrasi, ya. Nggak digunakan untuk menyinggung siapa pun. Hehehe…

Buat kamu yang ingin liburan menjelajah Indonesia, agar bujet liburanmu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 460 times, 3 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top