Tips

Persiapan Sangjit di Pernikahan Orang Tionghoa

Tahu nggak travelers, kalau di pernikahan orang Tionghoa ada tradisi bernama Sangjit? Jika diartikan, Sangjit adalah proses kelanjutan lamaran dari pihak mempelai pria dengan membawa seserahan ke pihak mempelai wanita. Biasanya, Sangjit dilakukan dua minggu sebelum resepsi pernikahan dan berlangsung di siang hari pada pada pukul 09.00-13.00 WIB.

Serba merah ketika Sangjit

Ketika Sangjit, mempelai pria membawa seserahan bersama orangtua dan beberapa wakil pengantar seserahan. Para pengantar seserahan biasanya adalah saudara atau teman-teman yang belum menikah. Acara Sangjit tentunya dilakukan di rumah orangtua mempelai wanita. Ketika pagi harinya, sudah pasti pihak keluarga mempelai wanita sudah sibuk beberes rumah, memasak, menyiapkan makanan, dan mendekor rumah jadi serba merah. Dan rumah tersebut akhirnya dipenuhi oleh keluarga dan sanak saudara mempelai wanita yang menunggu kedatangan mempelai pria bersama keluarga intinya.

Agar makin meriah, biasanya orang-orang yang datang ke acara Sangjit harus memakai baju merah. Mempelai pria dan wanita disarankan menggunakan cheongsam merah, tapi karena zaman sudah makin modern, mereka nggak harus menggunakan cheongsam. Bisa juga menggunakan jas dan dress. Yang penting masih ada nuansa merahnya. Nampan untuk menaruh seserahan juga dikemas dengan packaging yang didominasi warna merah.

sangjit

http://thehouseofseserahan.com/

sangjit2

istjeseserahanku.blogspot.com

Tata cara Sangjit

  1. Wakil keluarga mempelai wanita beserta para penerima seserahan (biasanya anggota keluarga yang telah menikah) menunggu di depan pintu rumah.
  2. Dipimpin oleh anggota keluarga yang dituakan, rombongan mempelai pria pun datang membawa seserahan ke rumah mempelai wanita. Seperti yang pegipegi jelasin sebelumnya, rombongan ini terdiri dari orang-orang yang belum menikah.
  3. Seserahan diberikan satu per satu secara berurutan, mulai dari seserahan untuk kedua orangtua mempelai wanita, lalu untuk mempelai wanita, dan seterusnya.
  4. Barang seserahan yang sudah diterima oleh keluarga mempelai wanita langsung dibawa ke dalam kamar untuk diambil sebagian.
  5. Dilanjutkan dengan ramah-tamah dan makan siang.
  6. Pada akhir kunjungan, barang-barang seserahan yang telah diambil sebagian oleh keluarga mempelai wanita, sisanya diambil lagi oleh keluarga mempelai pria. Soalnya, kalau keluarga mempelai wanita mengambil semua seserahan, artinya mereka menyerahkan mempelai wanita sepenuhnya kepada keluarga mempelai pria. Dengan kata lain, mempelai wanita sudah nggak ada hubungan lagi dengan keluarganya.
  7. Sebelum pulang ke rumah masing-masing, para pengantar nampan dari mempelai pria diberikan angpao dengan maksud agar mereka enteng jodoh.
sangjit

bubblephotography.wordpress.com

Seserahan dengan nampan berjumlah genap

Biasanya, keluarga mempelai pria berdiskusi dulu dengan keluarga mempelai wanita soal barang-barang apa aja yang bakal dijadikan seserahan Sangjit. Tentunya, hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan keluarga mempelai pria. Jumlah nampan yang diserahkan ke keluarga mempelai wanita dibuat genap, misal enam atau 12 nampan. Dan dari hari ke hari, seserahan Sangjit dibuat lebih simpel, nggak sekompleks dulu. Untuk memudahkan pengambilan isi nampan sebagian, barang-barang yang dijadikan seserahan pun dibuat lebih simpel. Biasanya, barang-barang yang dijadikan isi nampan seserahan, antara lain:

  • Pakaian/ kain untuk mempelai wanita. Maksudnya untuk segala keperluan sandang mempelai wanita yang akan dipenuhi oleh mempelai pria. Kalau memang ingin memberi lebih, keluarga mempelai pria suka menambahkan keperluan lain, berupa sepatu, tas, parfum, dan lain-lain.
sangjit1

indigosixphotoworks.com

  • Perhiasan, uang susu, dan uang pesta. Uang susu adalah uang yang diberikan oleh orangtua mempelai pria ke orangtua mempelai wanita sebagai tanda terima kasih karena telah merawat mempelai wanita sejak dalam kandungan hingga dewasa. Jumlah uang susu bebas, tergantung kerelaan hati. Orangtua mempelai wanita biasanya akan mengambil sebagian atau keseluruhan uang susu. Sedangkan, uang pesta adalah uang yang diberikan orangtua mempelai laki-laki berdasarkan umur mempelai wanita. Misal, umur si mempelai wanita 28 tahun, uang pesta yang diberikan harus ada angka 28-nya, misal Rp 2,8 juta atau 280 ribu. Orangtua mempelai wanita cuma boleh ambil uang pesta sesuai angka buntutnya. Misal, uang pestanya Rp 2.850.000, jadi orangtua mempelai wanita cuma boleh ambil Rp 50 ribu.
perhiasan sangjit

malaysianniggas.wordpress.com

  • Nampan masing-masing berisikan 18 buah. Contoh buah-buahannya, apel, jeruk, pir, dan lain-lain yang manis. Maksudnya sebagai lambang kedamaian, kesejahteraan, dan rezeki. Sebagian isinya akan dikembalikan ke keluarga mempelai pria.

  • Satu pasang lilin merah yang diikat dengan pita merah. Sebagai simbol perlindungan untuk menghalau pengaruh negatif. Biasanya lilin yang dipakai bermotif naga dan burung hong. Pihak keluarga mempelai wanita akan mengambil satu pasang lilin, satu pasangnya lagi dikembalikan ke keluarga mempelai pria.
  • Satu pasang kaki babi. Untuk seserahan yang satu ini jika ribet, bisa digantikan dengan makanan kalengan yang berjumlah 8-12 kaleng dan ditambah 6-12 kaleng kacang polong. Sebagian akan dikembalikan ke keluarga mempelai pria.
  • Satu nampan berisi kue mangkuk berwarna merah sebanyak 18 potong. Sebagai lambang kelimpahan dan keberuntungan. Sebagian seserahan ini juga dikembalikan ke keluarga mempelai pria.
  • Satu nampan berisikan dua botol arak atau champagne. Keluarga mempelai wanita mengambil seserahan ini semuanya dan ditukar dengan dua botol sirup merah untuk dikembalikan ke keluarga mempelai pria.

sangjit

Intinya sih, tradisi  Sangjit dilakukan sebagai lambang penyerahan anak perempuan ke keluarga mempelai pria yang akan menikahinya, tapi hubungan mempelai wanita dengan keluarganya nggak putus begitu aja. Seperti yang pegipegi jelaskan sebelumnya, zaman makin modern, jadi aturan di atas nggak harus diikuti secara mutlak. Jika kamu sedang merencanakan Sangjit, kamu bisa membuat acara Sangjit sesuai kemampuanmu.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Buat kamu yang lagi merencanakan Sangjit dan resepsi pernikahan, jangan lupa buat sekalian merencanakan bulan madu kamu bersama pegipegi, ya! Karena, pegipegi punya tiket pesawat dan hotel murah untuk bulan madu. Atau kamu bisa mencoba berbulan madu di Bali dengan menginap di hotel romantis di Ubud.

pesan tiket pesawat untuk bulan madu cari hotel murah untuk bulan madu lihat 10 hotel romantis di ubud bali

Foto utama: https://bubblephotography.wordpress.com

(Visited 36,265 times, 1 visits today)

Comments

To Top