Kuliner

Perbedaan Nasi Liwet Solo dan Nasi Liwet Sunda

Sekarang, lagi musim banget makan nasi liwet beralaskan daun pisang ramai-ramai. Salah satu rumah makan yang menyediakan jasa tersebut adalah Warung Teteh. Sebelum menikmati nasi liwet yang lezat, kamu kudu tahu bahwa nasi liwet yang terkenal di Indonesia ada dua macam, yaitu nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda. Seperti apa bedanya? Simak bareng Pegipegi, yuk!

Bahan-bahannya

Nasi Liwet Solo (foto oleh: http://www.thehungrydoctor.net)

Nasi liwet Solo sekilas mirip nasi uduk. Terbuat dari santan kelapa dan disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan areh (sari santan kental). Untuk menu pendamping nasi liwet Solo, biasanya disediakan hati/ampela ayam, tahu, tempe, telur bacem, dan kerupuk rambak (kerupuk kulit sapi).

Sedangkan, nasi liwet Sunda mengandung tumisan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, ikan teri atau ikan asin. Juga dimasukan beberapa bumbu tambahan, seperti sereh, daun salam, dan garam. Untuk menu pendamping, biasanya nasi liwet Sunda disajikan dengan ayam, ikan, telur, lalapan, dan sambal.

Asal mula dan maknanya

Dulu, setiap bulan Mulud (Maulid) orang Jawa rutin mengadakan upacara Selametan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad Saw dengan harapan untuk memperoleh berkah. Di Selametan itu, ada tradisi menyantap nasi samin. Tapi, karena orang Jawa nggak bisa memasak nasi samin, mereka membuat nasi yang mirip nasi samin, yaitu nasi liwet Solo.

Ada juga yang bilang nasi liwet Solo dibuat ketika Pulau Jawa diguncang gempa bumi. Nasi liwet tersebut sengaja dibuat dengan sebaris doa untuk melantunkan keselamatan. Jadi, nggak heran kan, kalau kamu sering melihat nasi liwet disajikan ketika acara selametan atau acara penting lainnya.

Sedangkan, asal mula nasi liwet Sunda sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi liwet Solo. Tradisi ngaliwet tersebut dijalani sebagai ajang silaturahmi dan wujud kebersamaan. Ngaliwet sendiri pun tentunya tidak dilakukan sendirian atau berdua, tapi dilakukan minimal empat orang dan disajikan dengan bentuk memanjang. 

Nah, itulah perbedaan nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda! Kalau kamu sendiri, lebih suka yang mana? Pastinya, keduanya enak dan cara makannya mengasyikan! Untuk kamu yang belum punya rencana traveling, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://masteresep.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 1,388 times, 1 visits today)

Comments

To Top