Tips

Peraturan Bagasi yang Harus Kamu Tahu Sebelum Naik Pesawat

Untuk kamu yang ingin bepergian ke suatu daerah dan ingin cepat sampai, tentu kamu akan memilih pesawat terbang. Sudah pasti kamu akan membawa barang-barang yang kamu butuhkan selama berada di tempat yang kamu tuju. Sebagian barang kamu masukkan ke bagasi saat check in, sebagian barang lagi pasti ada yang ingin kamu bawa masuk ke kabin pesawat, seperti tas laptop atau tas jinjingmu yang berisi dompet, ponsel, dan paspormu.

time.com

time.com

Tapi sebelum kamu pergi dengan menggunakan pesawat, kamu harus tahu dulu ketentuan-ketentuan bagasi pesawat. pegipegi akan kasih tahu kamu barang-barang apa yang dilarang untuk kamu bawa, barang-barang apa yang harus masuk ke bagasi tercatat dan dibatasi, serta barang-barang apa yang boleh kamu bawa ke kabin.

Barang-Barang yang dilarang untuk dibawa ke pesawat

Ada barang-barang tertentu yang dilarang, baik di bagasi tercatat ataupun bagasi kabin, yaitu barang-barang yang dapat membahayakan penerbangan. Berikut ini adalah barang-barang yang dimaksud:

  1. Bahan peledak
  2. Bahan kimia/zat beracun
  3. Cairan mudah terbakar
  4. Benda padat yang mudah terbakar
  5. Material radioaktif
  6. Gas bertekanan

Ketentuan barang yang dibawa masuk ke kabin

Barang-barang yang boleh kamu bawa masuk ke dalam kabin pesawat adalah satu buah tas untuk diletakkan di bagasi kabin yang berisi barang-barang tidak berbahaya dan satu buah barang pribadi lain yang berukuran kecil dengan berat maksimal 7 kg jika digabungkan. Barang berukuran kecil yang boleh kamu bawa adalah:

  1. Tas tangan atau dompet
  2. Buku saku
  3. Laptop beserta tasnya
  4. Kamera kecil
  5. Makanan bayi atau makanan dengan diet khusus
  6. Payung
  7. Tongkat
  8. Barang bebas pajak

Untuk cairan, aerosol, ataupun gel juga memiliki peraturan tertentu jika ingin dibawa ke kabin:

  1. Tidak boleh lebih dari 100ml per kemasan.
  2. Harus ditempatkan di dalam wadah yang tidak mudah terbuka dan tumpah.
www.travelandleisure.com

www.travelandleisure.com

Ketentuan barang yang masuk ke bagasi tercatat dan dibatasi

Barang-barang yang tidak kamu perlukan selama penerbangan, seperti pakaian atau alat mandi, bisa kamu masukkan saja ke dalam bagasi tercatat saat check in. Barang-barang ini adalah barang-barang yang terdaftar di maskapai yang kamu naiki. Tapi bagasi ini juga punya ketentuan tertentu, yaitu:

  1. Rata-rata pesawat memberikan 20-30 kg free luggage. Jika lebih dari itu, kamu harus membayar kelebihan bagasi yang biayanya berbeda-beda untuk setiap maskapai.
  2. Benda bermata pisau atau berujung tajam harus dibungkus dengan rapih agar tidak merobek tas dan tidak membahayakan petugas bandara.
  3. Tidak menyimpan barang-barang berharga di bagasi karena maskapai tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Selain itu, ada barang-barang yang ditolak pihak keamanan bandara tapi tetap bisa kamu bawa jika didaftarkan secara khusus dan biasanya ditempatkan di security item box khusus selama di pesawat. Setelah kamu turun dari pesawat di bandara tujuan, barang-barang tersebut akan diserahkan lagi ke kamu. Barang yang termasuk ketentuan tersebut adalah:

  1. Semua jenis senjata api
  2. Barang-barang olahraga, seperti tongkat pemukul kasti, alat diving, panah dan busurnya, tongkat golf, ketapel dan sebagainya.
  3. Semua jenis jarum (kecuali yang dibutuhkan untuk peralatan medis)
  4. Barang-barang berbahaya lainnya yang tidak umum untuk dibawa, seperti rantai sepeda atau yang lainnya.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Nah, sekarang kamu sudah tahu peraturan-peraturan bagasi pesawat. Kamu jadi bisa lebih hati-hati dan memperhatikan barang bawaanmu sebelum naik pesawat agar tidak mendapatkan masalah yang akan mengganggu liburanmu. Tapi sebelumnya, pastikan juga kamu pesan tiket pesawat murah di pegipegi.com. Selamat liburan!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah

(Visited 5,942 times, 2 visits today)

Comments

To Top