Tips

Penyebab, Gejala, Cara Mencegah, dan Mengatasi Perut Kembung Saat Traveling

Sudah pernah dengar istilah perut kembung kan, travelers? Mungkin kamu sendiri juga pernah mengalaminya. Kali ini pegipegi pengin membahas lebih dalam soal perut kembung, tentang penyebab, gejala, cara mencegah, dan mengatasinya. Agar ketika traveling, kamu nggak mengalami perut kembung. Yuk, sama-sama belajar bareng pegipegi!

Penyebab perut kembung

Perut kembung terjadi karena gas meningkat dalam saluran pencernaan. Keadaan tersebut pastinya bikin perutmu nggak nyaman, apalagi jika kamu juga memiliki nyeri lambung. Rasanya nggak enak banget, pengin muntah, tapi nggak bisa muntah. Nafsu makan pun hilang begitu aja dan kamu jadi sering bersendawa. Jika perut kembung dibiarkan, dampaknya bisa berpengaruh ke penyakit lain, seperti liver, tipes, maag, masalah di empedu, juga pankreas.

Biasanya udara yang merupakan gas tertelan bersama makanan yang kita makan. Sebenarnya, menelan udara ketika makan adalah hal yang normal, tapi banyak orang yang nggak sadar bahwa mereka sudah menelan udara dalam jumlah banyak. Selain itu, banyak juga faktor yang menyebabkan perut kembung terjadi, yaitu stres, kegemukan, hamil, kanker ovarium, batu empedu, dan susah buang air besar. Jika kamu memiliki masalah tersebut, sebaiknya segera diatasi agar kamu juga terbebas dari perut kembung.

Gejala perut kembung

sendawa

foto dari: alodokter.com

Jika kamu mengalami perut kembung, gejala yang terjadi adalah perut terasa nyeri, kembung, banyak sendawa, dan buang angin (kentut). Untuk sebagian orang, mereka malah bisa buang angin lebih dari 10 kali dalam sehari. Begitu juga perut kembung yang terjadi pada bayi. Bayi tersebut bisa buang angin dalam jumlah yang berlebih.

Cara mencegah perut kembung

Sebelum perut kembung terjadi pada kamu saat traveling, yuk ikuti tips berikut ini:

1. Banyak minum air putih

Untuk mencegah penyakit apa pun, minum air putih selalu menjadi solusi. Idealnya, dalam sehari, kamu harus minum 8-10 gelas air putih. Karena, air putih bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membunuh kuman atau bakteri, dan membuat kulit tetap halus juga lembap.

2. Makan dalam porsi kecil

 

makan-dalam-porsi-kecil

foto dari: webmd.com

Terutama untuk kamu yang mengalami masalah kegemukan. Mulai sekarang, biasakan makan dalam porsi kecil, namun sering. Makan terlalu banyak bisa menyebabkan masalah perut kembungmu makin parah.

3. Mengurangi makanan berminyak

makanan-berminyak

foto oleh: wisegeek.com

Makanan yang terlalu berminyak juga bisa memicu perut kembung. Bukan hanya itu, tapi makanan tersebut juga bisa bikin berat badan dan kolesterol bertambah, kulit berminyak, bahkan jerawatan.

4. Mengunyah makanan dengan halus

Makan terlalu cepat bikin makanan yang kamu makan tidak bisa dicerna dengan baik, sehingga memicu perut kembung. Oleh karena itu, kunyahlah makananmu sampai halus. Cara seperti ini juga bisa membantu program diet, lho!

5. Hindari menggunakan sedotan ketika minum

Minum menggunakan sedotan bisa membuat udara masuk lebih banyak ke tubuh. Jadi, usahakan untuk menghindari minum dengan sedotan, ya!

6. Olahraga

Ketika traveling pun kamu masih bisa menyempatkan waktu untuk olahraga, kok. Misalnya, berenang, jalan kaki, atau lari pagi di hotel. Olahraga bisa membuat daya tahan tubuh lebih kuat sekaligus menghindarkan kita dari banyak penyakit, salah satunya perut kembung.

7. Hindari rokok

Ternyata, selain berbahaya untuk paru-paru dan jantung, merokok juga bisa memicu perut kembung. Jadi, hindari rokok untuk hidup yang lebih sehat, ya!

Mengatasi perut kembung

Lalu, bagaimana jika kamu telanjur mengalami perut kembung? Jangan panik, travelers! Atasi dengan cara berikut:

1. Minum air hangat

air-hangat

foto dari: popsugar.com

Air hangat bakal membantumu untuk mengeluarkan banyak udara dalam perut. Supaya lebih manjur, kamu bisa menambahkan jahe di air hangatmu.

2. Menggunakan minyak angin

minyak-angin

foto dari: bukalapak.com

Ini adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan semua orang ketika perut kembung. Jadi, alangkah baiknya jika kamu selalu menyediakan minyak angin ukuran kecil saat traveling. Karena, minyak angin bersifat hangat, sehingga memudahkan udara keluar dari perut.

3. Jangan minum soda

soda

foto oleh: kompas.com

Minuman bersoda malah akan membuang perut kembung menjadi makin parah, bahkan bisa menyebabkan sakit maag.

4. Banyak bergerak

jalan-kaki

foto oleh: kompas.com

Memang sih, ketika sakit, pasti kita lebih pengin malas-malasan, tapi untuk kasus perut kembung justru lebih dianjurkan untuk banyak bergerak. Supaya udara dalam perut cepat keluar. Kamu bisa mencoba olahraga ringan, seperti jalan kaki. Mumpung lagi traveling, tentunya kamu bisa bergerak dengan keliling sambil cari barang belanjaan. Hihihi…

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nggak bingung lagi kan gimana mencegah sekaligus mengatasi perut kembung saat traveling? Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi! Selamat liburan!

pesant tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 418 times, 1 visits today)

Comments

To Top