Tips

Penyebab, Gejala, Cara Mencegah, dan Mengatasi Hipotermia

Pernah dengar soal hipotermia? Ternyata, hipotermia bukan sekadar kedinginan biasa, travelers! Jika kamu berencana liburan ke tempat dingin dalam waktu dekat, tentunya wajib baca artikel dari pegipegi kali ini. Soalnya, pegipegi pengin membahas penyebab, gejala, cara mencegah, dan mengatasi hipotermia. Simak baik-baik, ya!

Penyebab hipotermia

Hipotermia adalah kondisi di mana temperatur tubuh berada di bawah suhu normal, yaitu di bawah 35 derajat celcius. Tentu aja kondisi tersebut sangat berbahaya dan butuh bantuan medis. Lalu, apa sih yang menyebabkan orang mengalami hipotermia?

Biasanya hipotermia terjadi ketika kamu tidak mengenakan pakaian yang tepat saat mendaki gunung, terlalu lama berada di tempat dingin, mengenakan pakaian yang basah, jatuh ke kolam dengan air yang dingin, atau suhu AC yang terlalu rendah. Siapa pun bisa terserang hipotermia, bukan hanya pendaki gunung. Misalnya, bayi, manula, orang yang minum minuman keras dan obat-obatan terlarang, orang dengan penyakit Alzheimer, penderita anoreksia, stroke, atau orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Gejala hipotermia

Bayi yang mengalami hipotermia kulitnya bakal terasa dingin dan kemerahan. Bayi juga cenderung diam, lemas, dan tidak mau makan. Sedangkan, orang dewasa yang mengalami hipotermia ringan akan menggigil, merasa lelah, pusing, lapar, mual, pucat, napas yang cepat, dan kulit sangat dingin.

Bila suhu tubuh terus menurun hingga di bawah 32 derajat celcius, penderita tidak akan menggigil lagi dan gejala yang terjadi adalah mengantuk, lemas, bicara tidak jelas, bingung, kehilangan akal sehat, dan napas yang pendek. Kalau tidak segera ditangani, penderita hipotermia bisa pingsan, pupil mata melebar, napas makin pendek, bahkan nyaris tidak ada napas. Begitu pula dengan denyut nadi yang makin melemah, bahkan tidak ada denyut nadi.

Cara mencegah hipotermia

hipotermia3

foto dari: pinterest.com

Menderita banget kan jika tubuh mengalami kedinginan parah seperti hipotermia. Untuk mencegahnya, tentu aja kamu harus menggunakan pakaian yang tebal ketika naik gunung atau ketika berada di tempat yang dingin. Bukan hanya pakaian, tapi kamu juga harus menggunakan alas kaki yang menutupi seluruh kakimu.

Jika hujan turun, jangan lupa langsung gunakan jas hujan dan payung. Jangan sampai tunggu hujan menjadi deras! Selain itu, makanlah makanan yang cepat dibakar menjadi kalori jika sedang berada di tempat dingin, seperti cokelat, gula, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Cara mengatasi hipotermia

Namun, jika ada teman yang mengalami hipotermia, kamu harus segera melakukan pertolongan, seperti:

  • Jika penderita hipotermia berhenti bernapas, berikan napas buatan.
  • Jangan perlakukan penderita dengan kasar karena bisa memicu serangan jantung. Hindari juga menggosok tangan atau kaki penderita.
  • Pindahkan penderita ke ruangan yang lebih hangat.
  • Lepaskan pakaian yang basah dan ganti dengan yang kering.
  • Tutupi tubuh penderita dengan selimut atau pakaian agar hangat, terutama di bagian perut dan kepala.
  • Berbagi panas tubuh dengan penderita. Misalnya, peluklah dengan hati-hati.
  • Jika penderita sudah sadar berikan minuman hangat secara perlahan, tapi jangan memberikan minuman beralkohol atau berkafein.
  • Kompres penderita dengan handuk panas di leher, dada, dan selangkangan. Jangan meletakkannya di bagian kaki atau tangan soalnya bisa mendorong darah dingin untuk mengalir ke jantung, paru-paru, dan otak.
  • Untuk penanganan lebih lanjut, kamu bisa membawanya ke rumah sakit terdekat.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Kalau sudah baca tips di atas, sudah nggak takut lagi dengan hipotermia kan? Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan naik gunung atau liburan di tempat dingin! Supaya bujet traveling murah, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi, ya!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 911 times, 1 visits today)

Comments

To Top