Tips

Penyebab, Akibat, dan Cara Mengatasi Insomnia Menjelang Traveling

Insomnia (kesulitan untuk tidur) bisa terjadi pada siapa pun, di mana aja, dan kapan aja, termasuk menjelang traveling. Insomnia menjelang traveling tentunya sangat menyebalkan. Hal ini bisa membuat liburanmu jadi berantakan. Untuk mengatasinya, baca tips dari pegipegi soal penyebab, akibat, dan cara mengatasinya, yuk!

Kerap terjadi menjelang traveling

Biasanya, insomnia terjadi di malam hari ketika kamu akan melakukan traveling atau perjalanan jauh keesokan harinya. Hal tersebut merupakan hal normal dan kerap terjadi pada banyak orang, berapa pun usianya. Insomnia tersebut bisa terjadi karena kita merasa cemas karena harus meninggalkan orang terdekat, seperti keluarga atau pasangan. Atau bisa jadi kita sedang merasa sangat bahagia karena akan mendapatkan banyak kesenangan atau hal tidak terduga saat traveling nanti!

Akibat jika kamu mengalami insomnia

Tidur malam sangat penting untuk otak. Karena, ketika sedang tidur di malam hari, otak akan melakukan tugasnya, seperti membersihkan, mengatur ulang, dan mengembalikan jaringan saraf dari segala aktivitas yang sudah kita lakukan selama sehari penuh. Otak juga akan beristirahat agar ketika kita bangun tidur, otak bisa bekerja dengan kapasitas penuh. Jika kamu kurang tidur, tentu aja otak sudah melewatkan istirahatnya. Insomnia bisa memengaruhi bagian tertentu dari saraf di otak yang mengatur emosi, kognisi, dan proses sensorik.

Peneliti pernah membandingkan gambaran otak 23 orang penderita insomnia dan 30 orang yang tidak mengalami insomnia. Penderita insomnia memiliki lapisan myelin yang lebih tipis ketimbang mereka yang tidurnya cukup, terutama di bagian otak yang mengontrol tidur. Myelin adalah protein khusus berwarna putih yang melapisi sel-sel saraf. Myelin melindungi serabut saraf yang mengirim sinyal di otak. Pada penderita insomnia diduga mengalami gangguan pengiriman sinyal.

Cara mengatasi insomnia

Pastinya kamu nggak mau kan mengalami kelelahan saat traveling gara-gara insomnia. Sebelum hal itu terjadi, atasi dengan cara-cara berikut ini, yuk!

1. Sembunyikan jam

sembunyikan-jam

Memandangi jam terus-menerus saat kamu nggak bisa tidur malah akan membuat kamu makin stres. Jadi, jangan ragu untuk menyembunyikan jam. Jika kamu takut kesiangan, kamu bisa menyiapkan alarm di tempat yang jauh dari pandangan mata.

2. Berendam dengan air hangat

berendam-di-air-hangat

foto dari: fimela.com

Menurut penelitian, jika kita berendam dengan air hangat, temperatur tubuh akan menurun dan menciptakan sinyal bagi tubuh untuk tidur.

3. Membuat daftar keinginan

Terlalu stres dengan padatnya perjalanan besok? Atau terlalu bahagia dengan perjalanan besok? Cara mengatasinya adalah tulislah daftar keinginan di buku atau selembar kertas. Bisa jadi kamu takut lupa dengan apa aja yang harus dilakukan besok. Melihat daftar keinginan tersebut lewat tulisan akan membuat kamu merasa lebih terkendali dan otakmu sudah nggak ada beban.

4. Buat cerita sebelum tidur

Mumpung mau traveling, jadi bayangkan aja ketika kamu sedang berada di tempat wisata impian yang sebentar lagi akan kamu kunjungi. Kamu bisa membuat cerita berdasarkan tempat wisata tersebut. Hal itu bisa mengalihkanmu dari pikiran-pikiran yang terus bekerja di otakmu.

5. Cobalah trik sisir

Pernah dengar teori bahwa mengelus-elus rambut bisa membuat kamu cepat terlelap kan? Kalau di sampingmu nggak ada seseorang yang mengelus rambutmu, kamu bisa mencoba trik sisir. Berbaringlah dengan mata tertutup, lalu sisirlah rambutnya dengan jari-jari, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut secara berulang-ulang. Dijamin akan menimbulkan efek mengantuk!

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Nah, sudah nggak takut lagi dengan insomnia menjelang traveling, kan? Oleh karena itu, yuk, langsung aja pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play dan App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 391 times, 1 visits today)

Comments

To Top