Berita

Penipisan Lapisan Ozon Berkurang, Bumi Mulai Pulih

Bumi mulai pulih. Meskipun isu pemanasan global masih menyelimuti planet tercinta ini, bumi ternyata memperlihatkan perbaikan yang cukup signifikan, terutama pada lapisan ozon.

Berfungsi sebagai pelindung bumi paling depan, lapisan ozon bumi divonis rusak pada pertengahan 80-an. Adalah senyawa chlorofluorocarbons yang menjadi pelaku utama penipisan lapisan ozon yang terletak di atas Antartika tersebut.

chlorofluorocarbons sendiri akrab digunakan sebagai refrigeran, aerosol, dan pelarut. Zat ini sering dipakai untuk kaleng aerosol, nampan hamburger yang menyerupai aluminium, freon AC, kulkas, dan barang-barang sejenis yang ternyata dapat merusak kehidupan bumi.

Namun, semenjak Perjanjian Montreal ditandatangani oleh 20 negara pada 1989, produksi chlorofluorocarbons ditekan secara drastis, menghasilkan jawaban yang memuaskan bagi seluruh mahluk hidup yang berada di bumi, pemulihan.

Dilansir oleh Livescience, penipisan lapisan ozon akibat klorin (chlorofluorocarbons) tersebut berkurang hingga 20 persen. Catatan ini diambil dari pengamatan sepanjang 11 tahun dari periode 2005 hingga 2016 lalu.

Menggunakan instrumen Microwave Limb Sounder (MLS) dari Satelit Aura, kandungan klorin pada lapisan ozon cenderung menyatu dengan metana, mengubahnya menjadi gas. Sebelumnya, zat tersebut justru pecah di stratosfer karena terbakar oleh sinar ultraviolet sehingga merusak ozon.

“Pada pertengahan Oktober lalu, seluruh komponen klorin menjadi gas. Ini dibuktikan dengan penghitungan kadar azam hidroklorid yang ada di lapisan ozon” ucap Susan Strahan, Kepala Penelitian dari Pusat Antariksa NASSA di Greenbelt, Maryland.

Meski demikian, usaha penyelamatan bumi masih harus terus dilakukan. Nggak cuma di udara, namun juga darat mengingat dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan alam sangatlah besar.

Yuk, selamatkan bumi dengan traveling keliling Nusantara. Supaya bujet liburan kamu tetap terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top