Rekomendasi

Pempek Eirin 10 Ulu: Pempek Terenak di Kawasan Pecinan Jakarta

Di zaman seperti sekarang ini, kita nggak perlu jauh-jauh ke Palembang buat menikmati lezatnya pempek. Cukup datang aja ke Glodok yang merupakan kawasan Pecinan di jakarta. Karena, di sana ada kedai pempek yang sangat populer, yaitu Pempek Eirin 10 Ulu. Karena menggunakan bahan dasar ikan, jadi tentu aja pempek ini halal. Kapan lagi bisa menikmati makanan halal di kawasan Pecinan?

20160130_131053

Dok. pegipegi

Benar-benar asli Palembang

Usaha pempek ini sudah dimulai dari tahun 1970 di sebuah rumah, di jalan 10 Ulu no. 35, Palembang. Tapi, belum ada kiosnya. Pempek tersebut dijajahkan oleh 50 – 100 penjual di sekitar jalan Ulu. Jenis pempek yang dijajahkan adalah pempek gelondongan, kapal selam, telor kecil, pempek tahu, dan lain-lain. Banyak sekali pelanggan setia yang menantikan penjajah empek-empek datang menghampiri mereka.

Kawasan Ulu di Palembang juga merupakan kawasan Pecinan, seperti Glodok, Asemka, dan sekitarnya. Letak Pempek 10 Ulu Palembang ini dekat dengan Kelenteng Kwan Im 10 Ulu dan Jembatan Ampera. Sejak dulu, mereka sudah sangat menjaga kualitas bahan yang digunakan untuk membuat empek-empek. Daging yang digunakan adalah daging ikan asli, nggak pakai bahan kimia, dan bumbunya juga terbuat dari bahan alami.

Menu andalan = pempek kapal selam

Nggak heran jika sampai sekarang usaha pempek ini masih bertahan dan makin hari makin ramai aja. Hingga mereka membuka cabang di Jakarta dengan nama Pempek Eirin 10 Ulu di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Awalnya, mereka hanya merupakan dagangan pempek kaki lima di sana, tapi sekarang mereka sudah berjualan di sebuah ruko. Meskipun sudah dibangun di tempat yang lebih besar, tetap aja sulit menampung ramainya pengunjung yang datang ke sana.

20160130_131507

Dok. pegipegi

Menu andalan di sana adalah pempek kapal selam, yaitu pempek dengan telur di bagian dalamnya. Selain pempek kapal selam, kamu juga bisa memesan menu lain seperti telor kecil, lenjer besar dan kecil, pempek keriting, tekwan, otak-otak, pempek lenggang, dan sebagainya. Harga-harga yang ditawarkan di kedai ini menurut pegipegi sih terjangkau, ya. Karena, kamu bisa memesan pempek dengan harga Rp 6 ribu sampai 22 ribu aja. Berbagai minuman dingin yang menyegarkan dahaga seperti soft drink dan macam-macam es juga disediakan di sana.

empek2

Dok. pegipegi

Pempek gurih dengan aroma kuah yang tajam

Pempek di sana digoreng sampai gurih dan renyah. Wah, pasti kamu nggak sabar langsung pengin habisin semuanya selagi masih hangat. Kamu bisa merasakan sendiri nikmatnya pempek dengan bahan dasar ikan asli yang enak dan nggak pakai bahan campuran lain. Bukan hanya pempek kapal selamnya yang enak, tapi lenjer, pempek keriting, dan pempek kulitnya juga nggak kalah enak!

Siraman kuahnya yang cokelat agak hitam ini bikin rasa pempeknya makin mantap. Soalnya aroma kuahnya tajam. Terasa banget cukanya. Tapi, justru ini yang bikin kuahnya makin enak. Buat kamu yang suka pedas, kamu bisa menambahkan sambal hijau di pempeknya. Taburan ebi yang garing di atas pempek juga nggak boleh dilewatkan, lho! Dan toping mie kuningnya bikin kamu lebih cepat kenyang. Anggap aja sebagai pengganti nasi.

20160130_132403

Dok. pegipegi

Di depan kedai pempek ini ada banyak penjual buku, komik, dan majalah bekas. Tentunya dengan harga yang super murah ketimbang beli yang masih baru. Kalau kamu kangen sama bacaan lama dan ingin kembali mengumpulkan koleksi komik legendaris, kamu bisa berburu di sana!

IMG_6819

Dok. pegipegi

Setelah pegipegi mencoba makan pempek di kedai Pempek Eirin 10 Ulu, pegipegi menyimpulkan bahwa pempek tersebut adalah pempek terenak di kawasan Pecinan Jakarta! Buat kamu yang tinggal di luar Jakarta dan pengin berlibur ke Jakarta, sekaligus mencoba pempek ini, kamu bisa memesan tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi.com dan dapatkan diskonnya!

cari tiket pesawat murah cari hotel murah di jakarta

(Visited 4,488 times, 1 visits today)

Comments

To Top