Tips

Pelesir Irit ke Jepang, Gimana Caranya?

jepang

Ke Jepang, mendengarnya aja mungkin kita sudah ‘merinding’ karena ngebayangin berapa duit yang harus kita siapkan untuk jalan-jalan kesana. Tapi buat backpacker sejati tak ada yang tak mungkin, travelers. Demikian pula untuk bepergian ke Jepang dengan biaya minim. Berikut adalah saran kami untuk mewujudkan mimpi kamu jalan-jalan ke Jepang.

Pesawat
Sebelum benar-benar menginjakkan kaki di negara kelahiran Doraemon dan Naruto, tentu saja kamu harus membekali diri dengan informasi mengenai maskapai penerbangan mana yang melayani rute internasional ke Jepang. Karena Jepang cukup luas dan hampir semua kota disana punya tempat wisata yang keren abis, kamu harus putuskan Jepang bagian mana yang akan kamu kunjungi. Saran kami, pilihlah Kota Nagoya. Selain punya bandar udara yang melayani rute Jepang-Jakarta pp, kota ini letaknya cukup strategis karena terletak diantara Tokyo dan Osaka.

Memilih Alat Transportasi

subway
Hampir semua orang di Jepang bepergian kemana-mana menggunakan subway. Selain lebih murah dibandingkan naik kendaraan pribadi (harga bahan bakar di Jepang cukup mahal), juga efektif untuk menghindari macet. Ada baiknya kamu ikuti saja kebiasaan orang Jepang ini, travelers. Memang sih, harga tiket subway per rute agak sedikit mahal, yaitu 200 yen. Tapi kalo kamu mau seharian pergi naik subway bisa beli tiket day pass yang harganya 600 yen untuk naik subway ke segala jurusan tanpa harus beli tiket lagi di vending machine. Atau kamu bisa naik bus antar kota jika ingin mengunjungi kota lain selain Nagoya. Sebagai perbandingan, kereta api super cepat jurusan Nagoya-Tokyo bertarif 10150 yen. Tapi dengan naik bus antar kota (yang biasanya berangkat malam hari) kamu cukup membayar tiket dengan harga hampir separuh dari tarif kereta api super cepat. Ya memang lebih lama sampainya (sekitar 6 jam, kalo naik kereta api super cepat hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam saja), tapi lebih hemat kan?

Penginapan
Nah kalo untuk urusan menginap memang sedikit ribet. Penginapan di Jepang yang harga sewanya paling murah adalah jenis dorm dengan tarif sekitar 2500-3500 yen per orang. Kamu juga bisa menginap di penginapan semacam youth hostel atau capsule hostel. Kendalanya, beberapa youth hostel menetapkan jam malam dan kamu bisa terancam tidur di jalan kalau pulang terlambat. Sedangkan capsule hostel mungkin agak kurang nyaman karena terlalu sempit, apalagi jika kamu punya fobia ruang sempit (klaustropobia). O iya, capsule hostel hanya menerima tamu laki-laki.

Makanan dan Minuman

bento
Kamu nggak akan kesulitan mencari tempat makan yang menawarkan makanan dengan harga murah di Jepang, travelers. Ini karena hampir semua mini market menjual makanan siap santap yang harganya terjangkau. Kami sarankan kamu pilih bento saja, travelers. Bento adalah semacam nasi kotak lengkap dengan lauk pauk dan kamu bisa minta penjaga toko untuk memanaskannya dulu dalam microwave sebelum disantap. Porsinya banyak, rasanya juga nggak mengecewakan dan murah pula (sekitar 100-300 yen). Sebaiknya hindari makan di restoran fast food semacam McDonalds karena harga makanannya lebih mahal, sekitar 450 yen. Sedangkan untuk urusan minum lebih mudah karena air kran di Jepang bisa langsung diminum. Bawa selalu botol berisi air kemana-mana dan kalo habis kamu tinggal mengisinya dengan air kran yang banyak dijumpai di sudut kota (wah, coba kalo di Jakarta seperti ini!).

Jalan-jalan
Kalo mau masuk ke museum atau menonton pertunjukan di Jepang, kamu harus sediakan uang sebesar 500 sampai 1000 yen. Makin terkenal pengisi acara pertunjukan, makin mahal pula tiketnya. Tapi jangan khawatir. Kamu nggak akan dipungut biaya apapun saat berkunjung ke kuil atau shrine. Setiap kota di Jepang punya taman kota yang cantik-cantik dan kamu bisa nongkrong seharian disana tanpa bayar. Dan jangan lupa berfoto untuk dipamerkan ke teman-teman di sosmed!

Sudah siap berangkat, Travelers? Yuk mulai cari-cari hotel murah meriah di Jepang!

(Visited 1,369 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top