Tips

Pekerjaan Ini Bisa Membawa Kamu Keliling Dunia Gratis!

Kira-kira apa sih impian setiap traveler? Mungkin hampir semua akan menjawab: bisa keliling dunia gratis!

Siapa yang tidak mau mengunjungi banyak negara tanpa mengeluarkan sepeserpun? Tak perlu lagi khawatir akan tiket pesawat, hotel dan pengeluaran lainnya. Atau, lebih baik lagi, justru kita yang dibayar? Bukan omong kosong, lho, beberapa pekerjaan ini bisa ‘menerbangkan’ kamu ke berbagai belahan dunia secara gratis, dan kamupun mendapat gaji dari sana. Simak yuk!

Fotografer Alam Liar

Wildlife-photography2

Kalau kamu menyukai fotografi, dan memiliki bakat dalam bidang itu, tidak ada salahnya mencoba melamar ke majalah seperti National Geographic, atau kalau kamu punya modal yang cukup, bekerja freelance dan menjual foto-foto kamu ke berbagai media, galeri ataupun organisasi riset. Jika jam terbang kamu sudah tinggi, kamu mungkin bisa mendapatkan pekerjaan mengambil foto cheetah di padang rumput Afrika ataupun kelomok penguin di Antartika.

Reporter Travel

Semakin menjamurnya media tentang travel menjadi kabar bagus untuk kamu yang ingin bepergian gratis. Kamu bisa melamar di media-media itu untuk menjadi reporter dan kamu akan berpeluang ditugaskan menulis review hotel di luar kota maupun luar negeri, atau mendapat undangan dari para pelaku industri pariwisata di berbagai kota dan negara.

Staff Kapal Pesiar

Bekerja di kapal pesiar, entah sebagai juru masak atau host acara hiburan, tidak jauh berbeda dengan bekerja di hotel, hanya saja kamu bisa berpindah-pindah dari wilayah perairan satu ke perairan lainnya dalam waktu singkat. Meskipun lebih sering berada di tengah laut, lingkungan kapal pesiar yang dinamis akan membuat kamu seperti berlibur setiap hari. Kamu juga berkesempatan mengeksplorasi banyak negara ketika kapal pesiar merapat selama beberapa jam di berbagai pelabuhan.

Flight Attendant

Meskipun memiliki risiko besar dan harus melewati pelatihan serta seleksi yang ketat, pekerjaan ini masih diminati banyak orang yang senang bepergian. Tentu saja kamu harus memiliki skill lebih untuk bisa disertakan dalam penerbangan internasional. Tapi, semua kerja keras itu sepadan dengan hasil yang kamu dapatkan: keliling dunia dengan gratis. Nilai plusnya, gaji untuk flight attendant terbilang tinggi.

Pemandu Wisata

tourguide

Seperti halnya flight attendant, pemandu wisata juga harus mendapat sertifikasi untuk bisa mendapat pekerjaan ‘bagus’ seperti memandu turis di tempat-tempat populer dunia. Tapi, kamu bisa memulai dari skala kecil dengan menjadi pemandu wisata untuk obyek-obyek wisata di kota kamu sambil memperluas networking agar lebih mudah mencari klien di kemudian hari.

Tim Riset Buku Panduan Wisata

Inilah sisi lain yang ‘brutal’ dari travel writer. Sebelum penerbit memutuskan membuat buku panduan wisata daerah tertentu, mereka akan mengirim tim riset untuk mencek dan menilai banyak hotel, restoran dan bar sebagai bahan tulisan. Meskipun bayarannya semakin menurun dari tahun ke tahun, mengingat ketatnya persaingan dari blogger, pekerjaan ini toh tetap diminati mereka yang memang gemar bepergian dan tidak terlalu memusingkan masalah uang.

Travel Writer

Travel-writer-3

Berbeda dengan reporter, travel writer bekerja untuk dirinya sendiri dan tidak terikat media manapun. Mereka memang harus merogoh kocek sendiri terlebih dulu ketika memulai karir ini, tapi jika tulisan mereka memiliki banyak peminat, perlahan tapi pasti mereka akan dilirik para pelaku industri pariwisata maupun media travel yang bersedia menerbangkan mereka ke berbagai tempat untuk membuat tulisan tertentu.

(Visited 1,806 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top