Destinasi

Patung Bekantan, Spot Wisata Ikonik Kebanggaan Banjarmasin

Ada rencana buat liburan seru ke Banjarmasin? Sekalian berburu wisata budayanya, yuk! Nah, di salah satu sudut kota, ada spot unik buat foto-foto, Patung Bekantan.

Terletak di jalan Kapten Pierre Tendean, Patung Bekantan menjadi spot kebanggaan warga Banjarmasin. Dengan tinggi 6,5 meter, Patung Bekantan menghabiskan dana mencapai Rp2,6 miliar selama pembangunannya.

Dengan posisi duduk, sosok bekantan yang dihadirkan menggunakan perunggu sebagai bahan utamanya. Sehingga, berat Patung Bekantan mencapai tujuh ton!

Bekantan sendiri merupakan jenis monyet berhidung panjang yang dilindungi. Lantaran Kalimantan Selatan menjadi salah satu habitat terbesarnya, Bekantan pun dipilih sebagai ikon kota ini.

Banyak turis lokal maupun internasional menghabiskan waktunya untuk berburu foto menarik di Patung Bekantan ini. Makin keren, karena di sekitar patung terdapat air mancur dengan pencahayaan cantik. Sehingga, Patung Bekantan nggak cuma bagus dinikmati di siang, tetapi juga petang menuju malam hari.

Diresmikan pada 10 Oktober 2015, Patung Bekantan awalnya menuai pro dan kontra, sebagian masyarakat Kalimantan Selatan menganggap patung ini sebagai berhala. Di sisi lain, patung ini dianggap sebagai ikon kota yang harus dilestarikan.

Namun, seiring berjalannya waktu, Patung Bekantan justru bikin bangga Banjarmasin saat dikaitkan dengan beberapa patung kenamaan dunia seperti Patung Liberty di Amerika Serikat hingga Menara Eiffel di Perancis.

Mau liburan ke Banjarmasin? Bisa banget! Yuk, pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah di Banjarmasin lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top