Kuliner

Pastel, Kudapan Renyah Asal Eropa yang Dicintai Indonesia

Kamu termasuk penggemar kudapan pasar? Pasti sangat familiar dengan pastel. Bisa kamu temukan di setiap sudut tempat tinggal kamu, pastel adalah salah satu kudapan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Termasuk dalam jenis pastri, pastel terasa nikmat lewat isian yang bervariasi. Dalam satu buah pastel, kamu bisa menikmati gurihnya daging ayam yang berpadu dengan kentang dan wortel.

Nggak cuma ayam. Pastel juga sering diisi dengan daging sapi maupun sosis. Semuanya dibalut dengan kulit pastel yang digoreng maupun panggang kering sehingga kesan renyah muncul di lidah!

Meski sangat digemari masyarakat Indonesia, pastel nyatanya datang dari kawasan Mediterania, Timur Tengah dan India, lho. Bahkan, panganan ini akrab disantap oleh Bangsa Moor pada masa Perang Salib di Eropa dan lebih dikenal dengan empanada.

Nah, kudapan ini pun mampir ke Indonesia saat bangsa Portugis dan Spanyol menjelajah dan menjajah kawasan Filipina dan Indonesia bagian utara. Nggak heran, Makassar menjadi tempat kelahiran jalangkote atau pastel yang lezat tersebut.

Nah, jika kamu tinggal di Jakarta, beruntunglah. Di sini, kamu bisa mencoba banyak sekali kedai pastel lezat yang nggak boleh dilewatkan, salah satunya Pastel Ma’Cik.

Terletak di Kelapa Gading, kedai yang menawarkan pastel dengan ragam isi. Ada yang punya isi ayam, sapi, sosi hingga mozzarella yang mampu menggoyang lidah kamu, lho!

Jika belum puas, kamu bisa main ke kawasan Tangerang Selatan buat icip Pastel Raja. Meski letaknya terpencil, banyak penggemar pastel rela antri buat memborong banyak pastel ayam lezat di sini.

 Tertarik berburu pastel? Main ke Makassar, yuk! Kamu bisa pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah di Makassar lewat Pegipegi! Selamat liburan!

*Harga berlaku sesuai tanggal dibuatnya artikel

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top