Destinasi

Serunya sarapan Soto Banjar di Pasar Terapung Muara Kuin

Soto-Banjar

Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin wajib kamu kunjungi saat liburan ke Banjarmasin. Banyak yang bilang, pokoknya nggak afdol kalau belum ke sana. Tempat ini juga cocok banget buat travelers yang pengin menikmati suasana tradisional dan bergabung bersama warga lokal. Kalau penasaran gimana suasana Pasar Terapung Muara Kuin, Pegipegi akan kasih informasi lengkap buat travelers semua.

 

pasar-terapung-muara-kuin

foto : topindonesiaholidays.com

Lokasi Pasar Terapung Muara Kuin

Lokasi Pasar Terapung Muara Kuin ada di aliran Sungai Barito, Kalimantan Selatan, yaitu salah satu sungai terbesar di Pulau Kalimantan. Dari Banjarmasin, travelers bisa menjangkau pasar unik ini selama 15 menit dengan perjalanan darat.

Tapi kalau pengin menikmati suasana sungai, travelers bisa naik kelotok (perahu tradisional) dari Banjarmasin dengan jangka waktu sekitar 45 menit – 1 jam. Kamu bisa menyewa perahu kelotok dengan tarif antara Rp70.000* – Rp150.000* tergantung banyak sedikitnya penumpang. Suasana makin asyik karena angin sepoi-sepoi dari arah sungai benar-benar menyegarkan.

 

Riuhnya Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan menjadi urat nadi perekonimian masyarakat Banjar. Kalau dirunut dari sejarah, adalah Sultan Suriansyah (hidup sekitar tahun 1526) yang membangun kerajaan di tepi Sungai Barito dan Sungai Kuin. Berawal dari sanalah Pasar Terapung Muara Kuin berkembang. Pedagang dari berbagai pelosok mulai berdatangan dengan perahu-perahu yang terbuat dari kayu.

Sejak pagi-pagi buta, tepatnya setelah shalat subuh, para penjual sudah sibuk mempersiapkan dagangan ke atas perahu kayu atau dalam bahasa Banjar dikenal dengan jukung. Eit, tapi nggak cuma pedagang saja, sang pembeli juga sudah siap sejak pagi. Siapapun nggak ada yang mau datang kesiangan karena kalau terlambat, bisa-bisa Pasar Terapung Muara Kuin sudah bubaran.

Suasana Pasar Terapung Muara Kuin makin meriah saat penjual dan pembeli berdatangan. Ketika matahari mulai mengantarkan sinar kemerahan yang hangat, ini menjadi tanda kalau suasana Sungai Barito makin hidup. Prosesi tawar-menawar terus berlanjut. Tiap perahu kayu hilir mudik mencari pembeli. Terkadang, pembeli juga ikut ‘berlayar’ di atas sungai sambil mencari sesuatu yang diperlukan.

Bagi orang Banjar, transaksi di atas Pasar Terapung Muara Kuin nggak harus dengan uang tunai. Karena transaksi jual-beli di sana juga bisa dilakukan dengan cara barter. Wah, keren ‘kan? Jadi kalau yang mau beli punya barang yang ingin dijual, dia bisa tukar-tukaran dengan penjual di Pasar Terapung Muara Kuin. Jadi kalaupun nggak punya uang, asalkan ada barang yang bisa dijual, orang-orang Banjar masih bisa bertransaksi.

 

soto banjar pasar terapung

dhannysurya.blogspot.com

Sarapan Soto Banjar di atas Pasar Terapung Muara Kuin

Lalu apa saja yang dijual? Ya semuanya. Kebanyakan sih segala komoditas yang dihasilkan di tanah Banjar. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Ada juga ikan segar serta makanan jadi yang bisa langsung disantap.

Misalnya Soto Banjar yang sudah terkenal di nusantara. Inilah santapan favorit travelers di pagi hari. Dalam satu mangkok kamu bisa temukan bihun, irisan daging ayam, lontong, dan sayuran lain baru kemudian disiram dengan kuah lezat. Untuk minuman, pesan saja teh manis atau kopi. Hmmm, nikmat banget.

Jual-beli yang terjadi di atas Pasar Terapung Muara Kuin tidak berlangsung lama. Kamu harus datang pagi-pagi, atau akan kecewa berat. Kenapa? Soalnya lewat dari jam 8, pasar di atas Sungai Barito sudah sepi. Jadi kalau kamu mau sarapan pagi dengan menikmati Soto Banjar, datangnya pagi-pagi ya. Kamu bisa menyantapnya sambil menyaksikan perahu yang hilir-mudik sambil membawa dagangan.

Banjarmasin yang punya julukan ‘Kota Seribu Sungai’ akan selalu ‘dikangeni’ dengan sensasi sarapan pagi di atas perahu. Barangkali itulah yang dibayangkan oleh travelers yang pernah datang d anmenyaksikan sendiri keramaian Pasar Terapung Muara Kuin. Nah kalau kamu penasaran gimana rasanya suasana Pasar Terapung Muara Kuin, jangan lewatkan untuk datang saat liburan ke Banjarmasin ya.

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 529 times, 1 visits today)

Comments

To Top