Destinasi

Papua tidak hanya Raja Ampat kok, kunjungi tempat ini juga!

Travelers, kalau kamu mengira Papua hanya punya Raja Ampat, kamu salah besar. Masih ada banyak spot menantang yang tak kalah menarik di bumi cenderawasih ini. Kamu bisa bertualang, berenang, climbing, diving, snorkeling, atau bahkan menikmati tradisi yang berlaku di sini. Biar tambah yakin, nih Pegipegi punya rekomendasi destinasi wisatanya.

Danau Sentani

Foto 1 Tempat Wisata Papua

Nama Sentani diartikan sebagai ‘Disini kami tinggal dengan damai’. Travelers, dari namanya saja kamu sudah bisa menebak kalau tempat ini begitu nyaman, hening, dan jauh dari suasana bising. Cocok sekali buat kamu yang ingin mengeksplorasi alam bahari yang dipadu dengan petualangan. Danau ini berada di bawah lereng pegunungan cagar alam Cyloops antara kota Jayapura dan kabupaten Jayapura. Festival Danau Sentani menjadi momen yang paling banyak ditunggu wisatawan. Disini para turis bisa menyaksikan berbagai macam upacara adat, tarian perang khas Papua, serta tarian adat yang dipentaskan di atas perahu.

Salju Abadi Jayawijaya

Foto 2 Tempat Wisata Papua

Travelers, biarpun Indonesia ada di daerah tropis tapi bukan berarti tidak ada wilayah yang bersalju. Di puncak gunung Jayawijaya kamu bisa menemukan salju abadi yang tidak pernah meleleh sepanjang tahun. Asyik sekali, kan? Pemandangannya juga sangat menakjubkan. Diantara tebing-tebing yang curam, ada salju putih tebal yang menutupi beberapa lereng sehingga terlihat begitu mempesona. Tidak mengherankan kalau banyak pendaki lokal maupun mancanegara yang tertantang untuk bisa menaklukan salah satu gunung tertinggi di dunia ini, yaitu sekitar 4.800 meter di atas permukaan laut. Tidak hanya para explorer saja yang datang ke puncak abadi pegunungan Jayawijaya, para peneliti dunia juga tertarik mencari tahu keberadaan fosil-fosil tua seperti kerang laut yang ada di batuan gamping di sekitar pegunungan Jayawijaya.

Arkeolog Papua

Foto 3 Tempat Wisata Papua

Buat kamu yang suka dengan situs sejarah, tanah Papua juga punya lho! Namanya Arkeolog Papua yang menyimpan peninggalan arkeologi sangat berharga dari jama prasejarah atau era Mesolitikum. Situs ini berada di Bukit Tutari, Kecamatan Doyo Lama, Jayapura, Papua, yaitu berupa lukisan di atas dinding gua dan batu. Selain itu, ditemukan juga artefak seperti mata panah, peralatan tembikar, dan alat pengeruk yang ditemukan di Grotto Dudumunir Pulau Araguni, Kecamatan Fakfak, Papua Barat. Dari sini kelihatan sekali kalau manusa pra-sejarah menggunakan peralatan begitu sederhana untuk menopang kehidupan, baik untuk berburu ataupun bertahan hidup. Selain itu, ada juga situs arkeologi zaman kolonial yang pernah menjadi markas pasukan sekutu saat melawan Jepang pada Perang Dunia 11, antara 1940 – 1945.

Taman Nasional Lorentz

Foto 4 Tempat Wisata Papua

Travelers, tanah Papua juga punya taman nasional yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1999. Namanya memang agak kebarat-baratan karena diambil dari penjelajah asal Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz yang melakukan eskpedisi pada tahun 1909. Taman Nasional Lorentz punya koleksi satwa yang cukup bervariasi. Mulai dari kangguru pohon, kuskus, kucing liar, babirusa, walabies, burung cendrawasih, kasuari, beo, burung udang, dan masih banyak lagi. Dengan luas sekitar 2,4 juta hektar, taman nasional ini pun menjadi taman nasional terbesar yang ada di Asia Tenggara. Hebat kan, travelers?

Pantai Bosniak

Foto 5 Tempat Wisata Papua

Pantai nan eksotis ini menjadi destinasi wisata populer bagi warga lokal. Keindahan terumbu karang dan atol yang begitu menakjubkan membuat kamu betah menikmati tiap momen di pantai yang teduh ini. Pasir putih dan air sebening kristal membuat kamu bisa dengan mudah melihat dasar laut. Kalau datang kesini, jangan sampai lupa mengabadikan keindahan bawah lautnya ya.

So travelers? Benar kan kalau Papua tidak hanya Raja Ampat? Masih ada tempat lain yang bisa kamu datangi untuk menghabiskan waktu liburan. Coba cek situs Pegipegi untuk mencari tiket dan hotel murah disana. Selamat liburan!

(Visited 1,292 times, 2 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top