Destinasi

Pantai Trikora, kecantikan tersembunyi di barat Indonesia

pantai-trikora-riau

Selain kuliner khas dengan cita rasa pedas yang bikin ketagihan, Pulau Sumatra juga menyimpan aneka pesona alam. Salah satunya adalah Pantai Trikora yang ada di Pulau Bintan, Propinsi Kepulauan Riau.

Pulau Bintan sendiri adalah sebuah pulau seluas 23 ribu hektar, pulau terbesar di antara 3000 gugusan pulau yang tersebar di kawasan Kepulauan Riau. Sejak masa perang kemerdekaan, Pulau Bintan telah diperebutkan oleh Inggris dan Belanda karena posisinya yang cukup strategis di Selat Malaka. Kini di era modern Pulau Bintan cukup populer di kalangan wisatawan asing dan mereka pun berlomba-lomba untuk mendatanginya.

pantai-trikora-riau

foto : indonesia.travel

Ribuan nyiur melambai Pantai Trikora

Pantai Trikora masih termasuk wilayah Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Untuk mendatanginya kamu harus menyeberang dulu dari Riau ke Tanjung Pinang, Pulau Bintan. Trus perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan berkendara selama 45 menit buat menuju Pantai Trikora.

Mengenai asal nama Pantai Trikora pun masih simpang siur, travelers. Ada yang bilang itu berasal dari istilah three corals yang diberikan para wisatawan asing yang berkunjung ke pantai ini, mengingat Pantai Trikora juga kaya akan batu-batu karang alias koral. Sedangkan versi lain agak terdengar nasionalis karena mengaitkan nama Trikora dengan jargon Tri Komando Rakyat yang dicanangkan Presiden Sukarno. Ini juga masuk akal karena dulu Pulau Bintan juga jadi basis pertahanan Republik Indonesia.

Yang pasti, keindahan Pantai Trikora bakal membuat kamu berdecak kagum karena nggak kalah dengan pantai-pantai lain di Pulau Bali atau Jawa yang udah populer lebih dahulu. Sejauh mata memandang kamu hanya akan melihat laut berwarna biru muda yang jernih dan tenang.

Pasirnya berwarna putih bersih dan masih bebas dari sampah plastik. Anginnya yang tak henti-henti membuat ribuan pohon kelapa yang tumbuh liar di sepanjang pantai tak berhenti melambai. Bila kamu pengen duduk-duduk di pasir putih pantai dambil minum air kelapa muda langsung dari pohonnya, di Pantai Trikora inilah tempatnya!

 

Nikmati kuliner khas Pulau Bintan di Pulau Trikora

Salah satu keunggulan Pantai Trikora dibandingkan pantai lainnya adalah garis pantainya yang sangat panjang dan mencapai 25 km. Ini jelas adalah sebuah keuntungan buat para pengunjung, karena mereka bisa bebas melakukan berbagai aktivitas keren di sepanjang Pantai Trikora. Bisa bermain layang-layang, main pasir, berenang, naik banana boat, mancing, naik kano, menyelam juga bisa.

Kalo udah capek seru-seruan di Pantai Trikora, kamu bisa cicipi kuliner khas setempat, yaitu otak-otak ikan laut atau cumi-cumi. Nyarinya juga nggak sulit karena ada banyak kios penjual makanan yang berjejer di sepanjang pantai. Oya ada lagi hidangan khas lain Pulau Bintan yang banyak ditawarkan di Pantai Trikora, travelers. Yaitu sejenis siput laut yang dinamakan gonggong oleh masyarakat setempat. Siput? Jangan bayangin siput yang di darat soalnya siput laut ini konon rasanya kayak cumi-cumi, dan paling pas kalo dimakan bersama sambal kacang. Gimana, tertarik mencobanya?

Di Pantai Trikora juga tersedia beberapa resort dan penginapan dengan berbagai kelas yang bisa kamu pilih sesuai dengan kekuatan kantongmu. Jadi nggak usah buru-buru pulang, travelers. Biar bisa bangun pagi-pagi dan menikmati matahari terbit di Pantai Trikora. Buat informasi seputar keberangkatan pesawat, pemesanan tiket pesawat dan pemesanan kamar hotel di sekitar Pantai Trikora, silakan hubungi Pegipegi aja ya.

(Visited 187 times, 1 visits today)

Comments

To Top