Destinasi

Pantai Tanjung Kelayang, pesonanya bikin mabuk kepayang

Pantai-Tanjung-Kelayang-Belitung

Masih ingat film Laskar Pelangi nggak, travelers? Mungkin kamu sampe sekarang masih terkenang  kecantikan Pantai Tanjung Kelayang yang dijadikan lokasi pengambilan gambar beberapa adegan di film itu. Pantai yang terhampar di Pulau Belitung, Kepulauan Riau itu benar-benar cantik dengan panorama yang hanya ada dalam foto hasil editan Photoshop, seperti pantai yang hanya ada dalam angan-angan.  Nah, daripada edan karena kebanyakan berkhayal, Pegipegi akan mengajak kamu jalan-jalan ke Pantai Tanjung Kelayang sekarang.

Pantai-Tanjung-Kelayang-Belitung

foto : fajarindra.web.id

Kepala Garuda ikon Pantai Tanjung Kelayang

Memang sih Pantai Tanjung Kelayang masih ‘tertinggal’ dalam hal kepadatan pengunjung. Namun justru itulah yang membuat Pantai Tanjung Kelayang beda sama pantai lainnya di mana kamu harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain buat duduk-duduk di tepi pantai atau mengantri di toilet. Keheningan Pantai Tanjung Kelayang di tengah suara debur ombak dan cuitan burung camar akan menghipnotismu dan membuat anganmu melayang ke hal-hal romantis di masa lalu.

Turun dari kendaraan kamu pasti akan menahan nafas saat memadang lautan yang memancarkan beberapa kedalaman warna biru, mulai dari biru tua, biru muda, biru kehijauan sampai hijau toska. Lepas aja sandal atau sepatumu biar bisa merasakan lembutnya pasir putih Pantai Tanjung Kelayang. Jangan lupa pake topi ya biar ngga kepanasan, soalnya gazebo atau semacamnya belum banyak didirikan di sini. Trus bawa baju ganti juga soalnya kamu pasti tergoda buat nyebur begitu ngeliat jernihnya perairan Pantai Tanjung Kelayang.

Nggak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang ada semacam jembatan di bawah tulisan ‘Welcome To Belitong’ yang disediakan buat pengunjung buat menikmati panorama Pantai Tanjung Kelayang dari ketinggian. Naik ke sini hanya akan bikin kamu semakin mabuk kepayang, travelers. Hamparan lautan biru yang jernih akan memperlihatkan ikan-ikan kecil yang lagi asyik berenang di dalamnya. Beberapa pulau kecil tak berpenghuni di sekitar Pulau Belitung juga akan terlihat jelas dari sini.

Masih belum puas? Ayuk langkahkan kakimu ke bagian barat pantai buat mengamati formasi batu granit yang pasti bikin kamu tercengang. Abrasi air laut telah membentuk tumpukan batu granit menjadi bentuk-bentuk unik seperti kura-kura raksasa dan kepala burung garuda yang seolah-olah sedang bertengger di atasnya. Tentu saja bentuk itu mungkin hasil imajinasi kita belaka, tapi ngga semua pantai memilikinya, tul nggak? Oleh karena itu, kepala burung garuda ditetapkan menjadi ikon Pantai Tanjung Kelayang yang kecantikannya sungguh memabukkan.

Cara mencapai Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Perjalanan ke Pantai Tanjung Kelayang Belitung bakal sedikit menguras energi kamu karena kamu musti bergonta-ganti moda transportasi sebelum sampai ke sana. Pertama, kamu carilah pesawat dari kota asalmu yang menuju ke Riau, travelers. Trus sampai di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Riau kamu musti beli tiket buat naik pesawat ke Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Pulau Belitung. Tanjung Pandan adalah ibukota Pulau Belitung dan kamu harus sampai ke sini dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Kelayang. Kalo mau menyeberang naik ferry dari Riau bisa juga sih, tapi waktu tempuhnya jelas lebih lama dan kamu mungkin akan capek di jalan aja, travelers.

Senja hari atau menjelang magrib adalah momen yang paling pas buat datang ke Pantai Tanjung Kelayang. Kamu bakal disambut oleh panorama sunset terbaik yang ngga akan kamu temukan di tempat lain! Nggak percaya? Yah berarti kamu memang harus datang ke Pantai Tanjung Kelayang buat ngebuktiin dengan mata kepalamu sendiri, travelers.

Bingung mau naik pesawat apa ke Riau? Telepon Pegipegi aja deh sekarang. Kami siap bantu kamu memesan tiket pesawat pulang pergi dari kota asalmu ke Riau, sekaligus bantuin kamu memesan kamar hotel nyaman terjangkau di sekitar Riau atau Tanjung Pandan Belitung.

(Visited 521 times, 1 visits today)

Comments

To Top