Destinasi

Wuiiih, banyak perahu melayang di Pantai Sulamadaha!

pantai-sulamadaha-1

Berenang di dalam air sebening kaca bukan lagi cerita belaka, travelers. Kamu bisa datang Pantai Sulamadaha di Ternate, tempat kamu bisa melihat keindahan bawah laut dengan mata telanjang!

Beberapa tahun terakhir, dunia pariwisata Indonesia dihebohkan dengan gambar sebuah perahu yang tampak “terbang” di pinggir pantai. Itu karena air di pantainya jernih banget, benar-benar jernih bak kristal. Usut punya usut, gambar itu rupanya diambil di sebuah pantai di Ternate, Maluku Utara, tepatnya di Pantai Sulamadaha. Sejak foto itu viral di dunia maya, kunjungan ke Pantai Sulamadaha pun melonjak.

pantai-sulamadaha-1

foto: www.triptrus.com

Ternate adalah sebuah kota yang terletak di bawah kaki gunung Gamalama. Seperti kawasan Indonesia timur lainnya, Ternate menyimpan keindahan alam yang menakjubkan, mulai dari langit biru, air laut yang bening hingga keindahan terumbu karang dan aneka biota laut di dalamnya. Segala keindahan itu bisa travelers dapatkan dalam satu paket saat berkunjung ke Pantai Sulamadaha.

Lokasi Pantai Sulamadaha

Berada di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Pantai Sulamadaha ini cuma berjarak 14 km dari pusat kota Ternate. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, travelers cuma butuh waktu 30 menit untuk tiba di kawasan Pantai Sulamadaha. Sesampainya di parkiran, travelers tidak akan langsung disambut dengan semilir angin laut atau desiran ombak. Karena, kamu masih harus berjalan kaki kurang lebih sepuluh menit lagi sebelum benar-benar tiba di Pantai Sulamadaha.

Jalan menuju Pantai Sulamadaha memang agak menanjak dan menguras tenaga. Tapi tenang, semua perjuangan itu langsung terbayar ketika tiba di Pantai Sulamadaha. Gradasi air laut mulai dari hijau muda sampai ke biru tua sungguh sedap dipandang mata.

Kegiatan di Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha ini sebenarnya tak terlalu luas, pasirnya pun nggak berwarna putih seperti pantai-pantai cantik pada umumnya. Terus apa aja sih yang bisa dilakukan di Pantai Sulamadaha?

Nah, karena air pantainya ini bening banget, jangan pernah ragu berenang di Pantai Sulamadaha, travelers. Kalau kamu datang di hari biasa alias bukan saat musim liburan, Pantai Sulamadaha nggak terlalu ramai. Jadi, rasanya seperti berenang di pantai pribadi! Apalagi Pantai Sulamadaha ini nggak terlalu luas dan di sekelilingnya ada tebing tinggi yang diumbuhi pepohonan rindang. Makin asyik kan?

Menariknya lagi, travelers juga bisa loh berjalan sampai 20 meter ke tengah laut karena ada gugusan terumbu karang yang luas di Pantai Sulamadaha ini. Kalau nggak bisa berenang juga tak usah khawatir, di sini travelers bisa menyewa pelampung. Cuma dengan kocek Rp10.000 untuk satu pelampung, travelers sudah bisa bersantai di atas jernihnya air Pantai Sulamadaha. Sambil santai mengagumi keindahan pantainya, travelers bisa dengan jelas melihat batu karang di bawah air tanpa alat bantu apa pun, alias dengan mata telanjang.

Malas basah-basahan? Kamu masih bisa kok menikmati air Pantai Sulamadaha yang bening ini dengan cara lain, yaitu menyewa perahu. Cukup dengan fulus Rp 30.000, travelers sudah bisa mendayung ke tengah lautan dengan perahu sewaan yang bisa diisi tiga sampai empat orang. Nggak perlu khawatir diterjang ombak besar, Pantai Sulamadaha ini berbentuk U, jadi air lautnya relatif tenang.

Sudah puas mengagumi Pantai Sulamadaha? Jangan buru-buru pulang. Di sini terdapat beberapa kedai yang menyediakan camilan khas Ternate. Seporsi es kelapa muda dengan gula aren, ditambah keripik pisang dicocol sambal sambil memandangi perahu yang “melayang-layang” di pinggir pantai menjadi penutup sempurna plesiran ke Pantai Sulamadaha.

(Visited 957 times, 1 visits today)

Comments

To Top