Destinasi

Pantai Selong Belanak, Kecantikan Tersembunyi di Lombok Tengah

Pantai Selong Belanak berada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Bisa ditempuh dengan 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Lombok. Pantai ini juga masih satu jalur dengan Pantai Kuta dan Pantai Seger. Pantai Selong Belanak memang belum terlalu populer jika dibandingkan pantai lainnya di Lombok. Namun, nggak rugi kalau wisata ke sana, soalnya banyak kecantikan tersembunyi di sana.

Cocok untuk surfing 

Uniknya, Pantai Selong Belanak memiliki hamparan pasir putih dengan panjang 1 km dan lebarnya 10 meter. Bentuknya seperti setengah lingkaran dengan bibir pantai yang sangat luas dann diapit oleh perbukitan pada bagian utara dan selatan.

Ombaknya yang cukup tenang dan air lautnya yang dangkal, membuat banyak wisatawan memanfaatkannya untuk berenang atau surfing. Bahkan, anak-anak pun berani mencobanya. Di sana juga banyak penduduk lokal yang menyewakan alat untuk surfing atau membuka kursus surfing. 

Bisa memancing juga

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah memancing. Kamu bisa menyewa perahu kecil ke penduduk sekitar. Mereka juga nggak keberatan untuk diminta menemani dan akan memberitahu kamu soal spot-spot bagus untuk memancing. Apalagi, mayoritas mereka juga memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Jadi, selain bisa mengamati aktivitas nelayan, kamu juga bisa mengamati aktivitas penduduk lainnya, seperti anak-anak yang membantu orangtua mereka untuk mengangkut air, atau para istri yang sedang membakar ikan hasil tangkapan suami.

Hawaii-nya Lombok

Banyak yang menyebut Selong Belanak sebagai Hawaii, soalnya suasana di sana jauh dari kata modern. Warung-warung di sana pun masih menggunakan ilalang dan bambu. Bahkan, di sana nggak ada bangunan permanen. Kalau nongkrong di warung, jangan lupa pesan air kelapa muda untuk menghilangkan rasa gerah. Apalagi cuaca di sana sangat panas.

Pengin main ke Pantai Selong Belanak? Yuk, pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Lombok lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke lombok  cari hotel murah di lombok

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top