Destinasi

Pantai Rajegwesi, pantai berpasir cokelat nan memikat

Pantai Rajegwesi

Banyuwangi memang memiliki potensi wisata alam yang nggak ada habisnya. Pantai Rajegwesi adalah salah satu pesona yang sayang sekali kalau kamu lewatkan di ujung timur Pulau Jawa ini. Di Pantai Rajegwesi Banyuwangi ini, kamu tidak hanya disuguhkan pemandangannya yang memang luar biasa, tapi juga bisa sekaligus melihat akivitas warga sekitar dalam pembuatan gula jawa atau yang disebut juga nderes. Pasir pantainya yang berwarna kecokelatan serta ombak laut tak terlalu besar membuat Pantai Rajegwesi nyaman untuk dikunjungi.

Pantai Rajegwesi

foto: mewarnai.us

Akses menuju Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi masih termasuk dalam jajaran Taman Nasional Meru betiri, tepatnya terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi, Pantai Rajegwesi berjarak sekitar 80 kilometer. Walau cukup jauh, travelers tidak akan kesulitan menemukan destinasi wisata Pantai Rajegwesi ini. Kalau kamu berangkat dari kota Jember atau Banyuwangi, traveler menuju kota Jajag, lalu kemudian dilanjutkan ke Desa Pesanggaran, Sarongan sebelum akhirnya tiba di Pantai Rajegwesi.

Perjalanan ke Pantai Rajegwesi dijamin memberikan pengalaman unik, dan agak menegangkan. Soalnya, jalanan menuju ke sana masih alami alias tidak beraspal, khususnya di Desa Sarongan. Jalanan yang berlumpur dan berlubang sehingga membuat traveler meski ekstra hati-hati saat memacu kendaraan, terutama kala musim hujan.

Sebelum tiba di Pantai Rajegwesi kamu akan disugugkan pemandangan hamparan perkebunan luas. Pohon-pohon jati, sangon, kebun karet sampai cokelat jadi teman sepanjang perjalanan kamu. Belum lagi jalan setapak sepanjang tujuh sampai delapan kilometer sampai akhirnya benar-benar tiba di kawasan Pantai Rajegwesi.

Kalau sedang beruntung, traveler bisa bertemu satwa yang tinggal di perkebunan. Kera hitam atau burung elang termasuk yang biasanya dijumpai wisatawan di tengah perjalanan menuju Pantai Rajegwesi, traveler. Begitu pemandangan tadi berubah menjadi rumput ilalang, berarti kamu sudah sampai di Pantai Rajegwesi. Travelers bakal disambut aroma pantai yang khas serta desiran ombak yang menyejukkan telinga.

 

Wisata di Pantai Rajegwesi

Bukit dengan batu karang yang menjulang tinggi bakal memikat perhatian travelers saat menginjakkan kaki di Pantai Rajegwesi. Hembusan ombak dari Samudera Hindia terhalang oleh bukit karang yang tinggi, sehingga arus di Pantai Rajegwesi nggak terlalu besar seperti kawasan pesisir pantai selatan lainnya, traveler.

Seperti halnya plesir ke daerah pantai, di sini kamu juga melakukan berbagai aktivitas seru, traveler. Kamu bisa saja hanya sekadar berjalan-jalan di atas pasir Pantai Rajegwesi yang warnanya unik dan beda dari lainnya, yaitu cokelat.

Buat kamu yang penasaran dengan warna pasir di sini, ada penjelasan ilmiahnya, traveler. Jadi, endapan lumpur di sungai banyak yang terbawa dan akhirnya bermuara di Pantai Rajegwesi jika hujan deras tiba. Makanya, kalau di kebanyakan pantai lain berwarna putih bersih, Pantai Rajegwesi punya ciri khas dengan pasirnya berwarna cokelat.

Pemandangan lain yang bisa kamu dapatkan di Pantai Rajegwesi adalah perahu tradisional milik para nelayan yang berjejer rapi di bibir pantai. Di Pantai Rajegwesi kamu juga bisa menyaksikan bagaimana masyarakat bergotong royong menurunkan hasil tangkapan dari nelayan yang baru melaut.

Selain berbagai aktivitas umum seperti berenang, camping, snorkling, berfoto-foto sampai wisata kuliner, ada juga kegiatan unik yang cuma bisa kamu temukan di kawasan Pantai Rajegwesi, traveler. Tak jauh dari pantai, kamu bisa mengunjungi Desa Sarongan untuk melihat secara langsung aktivitas penduduk membuat gula merah secara tradisional, mulai dari pengambilan air kelapa sampai pembuatan gula, travelers.

Dari Pantai Rajegwesi, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tempat lain yang lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, traveler. Teluk Ijo termasuk salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Pantai Rajegwesi, karena kamu bisa menyewa perahu atau menggunakan jalur trekking untuk menuju ke sana.

Traveler, Banyuwangi memang menyimpan sejuta pesona yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Ayo, ajak travele mate kamu untuk mengeksplorasi kecantikan Pantai Rajegwesi ini!

(Visited 239 times, 1 visits today)

Comments

To Top