Destinasi

Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Eksotik dan Bernuansa Mistis

Apa yang terpikir dalam benakmu saat mendengar Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi? Biasanya sih, orang langsung terbayang akan Pantai Laut Selatan yang diyakini dihuni oleh Nyi Roro Kidul. Itulah yang membuat Pantai Pelabuhan Ratu terkenal akan nuansa mistisnya.

Pengunjung menghindari pakaian warna hijau

Bicara tentang Nyi Roro Kidul, pastinya nggak lepas dari warna hijau yang menjadi kesukaan Nyi Roro Kidul. Kabarnya, kamu bisa tertarik ke laut hilang begitu aja di Pantai Pelabuhan Ratu jika mengenakan pakaian warna hijau. Karena hal itulah biasanya pengunjung nggak mau mengenakan pakaian warna hijau agar tetap aman. Namun, hal itu kembali lagi ke diri masing-masing, pengin percaya atau nggak.

Di balik mitos tersebut, Pelabuhan Ratu memang dikenal akan ombaknya yang sangat kuat dan bisa membahayakan orang yang berenang di sana. Pantainya juga curam dan landai. Jadi, bisa aja mereka yang pernah hilang di sana karena terbawa arus ombak yang sangat kuat.

Tetap bisa dinikmati

Supaya nggak kepanasan, kamu bisa menikmati suasana Pantai Pelabuhan Ratu di pagi hari. Meskipun di sana kamu tidak akan bisa menikmati pemandangan matahari terbit, karena Pelabuhan Ratu terletak di selatan, namun kamu bisa merasakan udara pantai yang segar. Main air dan pasir di sana juga asyik banget, soalnya airnya tidak terlalu dingin. Supaya tetap aman, main air di tepian pantai aja.

Kamu juga bisa menikmati suasana Pantai Pelabuhan Ratu saat malam hari. Nggak perlu takut dengan suasana horor, karena ketika malam hari, kondisi pantai ini cukup ramai. Namun, angin lautnya sangat dingin. Jangan lupa menggunakan jaket, ya, supaya tidak kedinginan. Suasana pantainya agak remang, cahaya yang didapat hanya dari warung-warung yang berjualan di pinggir pantai. Juga ada lampu-lampu kapal nelayan yang tampak dari kejahuan dan lampu mercusuar yang membuat Pelabuhan Ratu tampak eksotik.

Pantai lain di sekeliling Pelabuhan Ratu

Di sekeliling Pelabuhan Ratu, masih ada beberapa pantai cantik yang bisa dinikmati, yaitu.

1. Pantai Cimaja yang tidak berpasir, namun berbatu, letaknya juga tersembunyi, bukan di pinggir jalan.

2. Pantai Citepus, pantai pertama yang ditemui saat kamu tiba di Pelabuhan Ratu. Jalan yang melewati sepanjang pantai pun diberi nama jalan Raya Citepus. Di sana banyak penginapan dan aneka rumah makan seafood. 

3. Pantai Cibangban yang memiliki akses cukup mudah, soalnya berada di pinggir jalan raya dengan sebuah gapura berukuran besar.

4. Pantai Karang Hawu yang terkenal akan cerita mistisnya. Konon katanya, Nyi Roro Kidul menghabiskan waktunya untuk bertapa di sana. Di tebing pinggir Pantai Karang Hawu, Nyi Roro Kidul juga terjun ke dasar laut untuk menyembuhkan penyakitnya.

5. Pantai Karang Naya berada di dalam area Taman Wisata Alam Sukawayana dan berbatasan langsung pantai di hadapan Hotel Inna Samudera Beach.

Tahun 2019 Pelabuhan Ratu akan lebih maksimal

Pemerintah optimis di tahun 2019, Pelabuhan Ratu akan berfungsi sebagai akses penyaluran barang ke Jakarta. Pengiriman menggunakan kapal atau tongkang dari Pelabuhan Ratu bisa semakin efisien. Barang-barang yang dikirim antara lain hasil bumi, tambang, dan barang produksi. Selain dimaksimalkan sebagai jalur pengiriman barang, Pelabuhan Ratu juga akan difokuskan sebagai pelabuhan pariwisata di akhir pekan. Hal ini didukung obyek wisata Geopark Ciletuh yang bisa dijangkau dengan kapal hanya dengan waktu tempuh 30 menit.

Nggak sabar kan mau liburan ke Pelabuhan Ratu dan sekitarnya? Yuk, segera cari hotel murah di Sukabumi lewat Pegipegi! Selamat liburan!

cari hotel murah di sukabumi

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top