Destinasi

Pantai Pasir Putih Situbondo, Lebih dari Sekadar Tempat Singgah

Pantai-pasir-putih-Situbondo

Siapa bilang Situbondo tak punya potensi wisata menarik? Ada Pantai Pasir Putih yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya di akhir pekan. Air laut yang jernih serta suasana sejuk membuat pantai ini pilihan favorit untuk menghabiskan waktu.

Tak seperti kawasan pantai pada umumnya yang identik dengan cuaca panas, Pantai Pasir Putih Situbondo justru memiliki udara sejuk. Ini karena pantai dikelilingi hutan hijau yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan seperti cemara, kelapa serta deretan pepohonan jati.

Hutan di Pantai Pasir Putih juga menjadi habitat sejumlah satwa, salah satunya kera hitam yang sering berebut makanan di jalan masuk Pantai Pasir Putih. Kicauan burung yang terdengar merdu sepanjang hari menambah suasana menyejukkan. Inilah yang membuat Pantai Pasir Putih unik dan jadi favorit wisatawan.

 

Pantai-pasir-putih-Situbondo

foto : surabaya.panduanwisata.id

Lokasi Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di sepanjang jalur pesisir utara Pulau Jawa, yakni setelah PLTU Paiton atau tepatnya di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Karena berada di daerah strategis jalur utama Jawa dan Bali, tak jarang Pantai Pasir Putih kerap dijadikan tempat singgah para wisatawan dari barat yang hendak menuju Pulau Dewata. Pemandangan laut yang indah serta hamparan pasir putih bisa menjadi obat lelah di tengah perjalanan.

 

Kegiatan di Pantai Pasir Putih

 Sayang rasanya mengabaikan kecantikan Pantai Pasir Putih dengan hanya dijadikan tempat singgah para pelancong. Ada banyak aktivitas menyenangkan ditawarkan pantai ini. Seperti kawasan pantai lainnya, kegiatan berenang di pinggir pantai merupakan hal wajib dilakukan.

Dengan suasana sejuk serta pemandangan yang hijau, menyusuri bibir pantai atau sekadar menyantap es kelapa muda yang menyegarkan bisa menjadi aktivitas menyenangkan di Pantai Pasir Putih.

Namun satu aktivitas yang banyak digemari pelancong dan menjadi ciri khas Pantai Pasir Putih adalah berlayar dengan menggunakan perahu sewaan untuk menyusuri kawasan sekitar pantai. Kamu akan mendapat pemandangan cantik karena air lautnya yang jernih dengan warna-warni aneka biota laut seperti karang dan ikan-ikan.

Panorama bawah laut bisa tampak jelas lantaran perahu-perahu sewaan di sini telah dilengkapi dengan kotak kaca di bagian bawahnya. Perahu dengan layar lebar ini pula yang menjadi ikon Pantai Pasir Putih di Situbondo.

Bagi yang penasaran ingin nyebur langsung demi menyatu dengan jernihnya air dan biota laut di dalamnya, melakukan diving merupakan pilihan menarik. Arus laut yang tenang serta airnya yang jernih menjadikan Pantai Pasir Putih Situbondo tempat yang cocok untuk menyelam.

Terdapat lima gugusan terumbu karang di sini, tiga diantaranya berada dekat dengan tepian pantai, yaitu gugusan Teluk Pelita, Watu lawang dan Karang Mayit.

Ketiga gugusan terumbu karang di Pantai Pasir Putih berada berdekatan dengan kedalaman bervariasi mulai dati 3-15 meter. Koral warna-warni serta binatang laut lainnya menjadi daya pikat di gugusan utama ini.

Dua gugusan lain letaknya lebih jauh dari pantai dan harus menggunakan perahu motor selama kurang lebih dua jam untuk menjangkau gugusan Takat Palapa dan Kembangsambi. Tapi tenang, perjalanan jauh itu tak akan sia-sia karena kamu akan disambut aneka biota laut yang cantik mempesona. Siput laut serta ikan bergaris putih jadi primadona di dua gugusan Pantai Pasir Putih ini, bahkan kalau sedang beruntung kamu bisa bersua penyu sisik di dasar laut.

Keindahan alam yang dimiliki Pantai Pasir Putih membuat banyak kalangan pecnta lingkungan giat menjaga kelestariannya. Tak heran, pantai ini kerap dijadikan penelitian serta penanaman terumbu karang, untuk menggantikan terumbu karang yang rusak, baik secara alami karena faktor alam maupun akibat tangan jahil pengunjungnya.

(Visited 748 times, 1 visits today)

Comments

To Top