Destinasi

Pantai Papuma, surga tersembunyi di pinggir kota Jember

Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma mungkin masih terdengar asing buat sebagian travelers Indonesia. Namun buat warga Jember, pantai ini menjadi salah satu kebanggaan karena memiliki potensi wisata luarbiasa yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain di nusantara. Nuansa eksotis yang mengelilingi pantai dipastikan membuat pengunjung yang baru pertama kali datang merasa takjub. Kalo belum pernah ke pantai ini, kamu wajib menyimak cerita pegipegi dari Jember, travelers!

Pantai Papuma Jember

foto: anakbackpacker.wordpress.com

Mengeksplorasi Pantai Papuma

Pantai Papuma nan mempesona ini menyuguhkan suasana cukup menenangkan dengan ombak yang datang silih berganti menuju ke tepian. Popularitasnya makin melonjak dengan semakin banyaknya travelers yang mengupasnya di internet. Dan yang paling khas dari pantai ini tentu saja pasirnya yang putih. Sedangkan warna air yang hijau kebiruan akan membuatmu betah menghabiskan waktu di Pantai Papuma Jember ini.

Landscape berwarna kehijauan, pasir putih nan lembut, serta bebatuan besar menjadi perhiasan yang bisa kamu nikmati saat menjejakan kaki di pantai ini. Karena Pantai Papuma menghadap langsung ke Samudera Hindia, tidak heran kalau ombaknya terkadang cukup besar. Wah, ngga dibolehin berenang, dong? Tenang… masih bisa berenang kok, tapi  tentu saja tak boleh terlalu jauh dari bibir pantai ya karena kalau ombak yang datang besar, ini bisa membahayakanmu.

Perahu-perahu nelayan juga kadang terlihat berjejer di sepanjang bibir pantai. Kabar baiknya, kalau kamu pengin bawa oleh-oleh ikan segar, cobalah datang sekitar pukul 11.00 – 13.00 karena waktu-waktu tersebut banyak nelayan yang baru datang setelah pergi melaut. Fresh dan tentu saja harganya jauh lebih murah. Kalau kamu pengen menikmatinya langsung juga bisa. Cukup dibawa ke warung-warung yang ada di sekitar pantai. Menu ikan bakar sangat direkomendasikan karena rasa ikan segar yang dibakar dan dimakan di tepi pantai dengan semilir adalah perpaduan yang sempurna.

Pantai Papuma Jember

foto: indonesiaexplorer.net

 

Selagi menikmati hidangan, kalian bisa saksikan deretan karang-karang yang berdiri gagah menghadang ombak laut selatan saat laut sedang surut. Karang-karang tersebut juga punya nama lho, seperti Pulau Kodok, Pulau Kajang, Pulau Narada, Pulau Barong, Pulau Kresna, dan Pulau Batara Guru. Buat kamu yang suka tokoh perwayangan, pasti kenal dengan nama-nama tersebut, kan?

Datang ke Pantai Papuma juga wajib berburu foto keren. Untuk bisa mendapatkan sudut potret yang bagus, kalian bisa mencari pijakan yang lebih tinggi agar bisa meng-cover landscape di sekitar pantai. Atau, kamu bisa menyusur pantai untuk mengabadikan pesona ombak, karang, serta pasir putih disana. Jangan lewatkan juga untuk mengeksplorasi bawah air pantai saat air surut karena ikan-ikan kecil di sekitar pantai sangat mudah terlihat.

Fasilitas Pantai Papuma

Lalu bagaimana dengan fasilitas di Pantai Papuma? Jangan khawatir travelers karena akomodasinya sudah cukup memadai kok. Disana sudah bisa ditemukan toilet, mushola, dan warung makan yang menyajikan seafood. Tipsnya, sebelum makan tanyakan harga terlebih dahulu karena beberapa travelers ada yang mengalami harga makan di tempat ini setinggi langit dan bikin kaget. Jadi, sebaiknya memang ditanyakan terlebih dahulu, travelers.

Kalau travelers ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi, kamu bisa menyewa cottage berfasilitas yang cukup memadai namun sangat terjangkau, dengan tarif sekitar Rp 150.000* – Rp 450.000 per malam. Atau, kalau pengin melengkapi petualangan, kamu bisa membuat tenda sambil menantikan sunset dan sunrise di pagi hari. Dengan tikat masuk Rp 14.000* saja, kamu bisa puas menikmati Pantai Papuma yang begitu cantik.

Cara menuju ke Pantai Papuma

Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan, atau sekitar 45 km di sebelah selatan kota Jember. Akses jalan sudah beraspal sehingga motor dan mobil bisa digunakan. Namun karena kondisi jalan cukup berliku-liku dan terkadang menanjak, kamu harus selalu berhati-hati saat berkendara di sini. Kini juga ada kabar gembira lho karena pemerintah daerah sudah menyediakan transportasi khusus menuju ke Pantai Papuma dari Terminal Ajung dengan biaya Rp 20.000 per orang dengan fasilitas AC dan hotspot.

Selama dalam perjalanan, kalian akan disuguhi pepohonan jati yang berjajar di tepi jalan seperti sedang mengawal petualanganmu. Dan sesaat sebelum tiba, berbagai tanaman palem dan pepohonan khas pantai makin mudah terlihat hingga akhirnya debuan ombak terdengar dari kejauhan. Pasir putih yang menghampar begitu luas menandakan kamu telah tiba di Pantai Papuma.

 

Keterangan * : Harga berlaku pada saat artikel ini ditulis

(Visited 615 times, 1 visits today)

Comments

To Top