Destinasi

Pantai-pantai indah dan tersembunyi di Indonesia

Travelers jatuh cinta dengan pemandangan khas pesisir, bau air laut dan olahraga khas bahari, namun sering merasa tak nyaman saat harus berkunjung ke pantai yang penuh sesak dan jengah melihat sampah yang berserakan akibat ulah turis yang tak bertanggung jawab?

Mungkin ini pertanda kamu harus mencari tujuan alternatif serta memperkaya diri dengan informasi tentang pantai-pantai cantik mana saja yang belum banyak dikunjungi orang. Sebenarnya tak sulit kok untuk mencari pantai-pantai semacam ini, karena kita tinggal di negara yang terdiri dari puluhan ribu pulau besar dan kecil di tengah pertemuan dua samudra besar. Hanya saja, minimnya informasi tentang kondisi geografis Indonesia secara utuh sering membingungkan para pecinta traveling untuk menentukan tujuan.

Jangan galau dulu, travelers. Kami telah meringkas beberapa informasi tentang pantai-pantai terindah sekaligus tersembunyi dari seluruh pelosok Nusantara.

1. Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur

pantai klayar

Pesisir selatan Jawa Timur ternyata menyembunyikan keindahan luar biasa yang bernama Pantai Klayar. Pantai ini dapat kamu capai setelah menempuh 3 jam perjalanan dari Kota Pacitan, atau 4 jam perjalanan dari arah Jogjakarta. Kamu akan dapat menikmati keajaiban alam gabungan antara hamparan pasir putih sepanjang 1 kilometer yang masih bersih dari sampah dan jauh dari hiruk pikuk manusia. Ada pula batu karang yang menyemburkan ombak setinggi 10 meter disertai bunyi bagaikan seruling. Di sisi timur kamu dapat menikmati keindahan panorama laguna yang diapit dua gugusan batu karang. Masih belum cukup? Coba nikmati kesejukan dari sungai kecil yang merupakan pertemuan dari arus sungai dan laut yang menimbulkan sensasi unik perpaduan air hangat dan air dingin. Keren kan?

2. Pantai Pulau Peucang, Banten, Jawa Barat

Keindaah-Pantai-Pulau-Peucang-659x494

Pulau Peucang terletak di Selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, tepatnya di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Kamu bisa mencapai pulau ini dengan menyeberang di dermaga penyeberangan Kecamatan Sumur yang berjarak sekitar 9 jam perjalanan dari Jakarta. Lamanya waktu untuk sampai ke lokasi memang lama dan melelahkan, namun semua akan sirna begitu kamu menjejakkan kaki ke salah satu pulau situs alam warisan dunia versi UNESCO berkat keanekaragaman hayati yang terdapat di sekitarnya. Di Pulau Peucang kamu akan dibuat kagum oleh pasir putih, terumbu karang serta air laut yang tenang dan jernih. Telah tersedia sejumlah penginapan dan hotel di sekitar pulau dengan tarif yang sangat terjangkau.

3. Pantai Nembrala, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

nebrala beach

Ini dia pantai yang dikenal sebagai pantai Kuta-nya NTT. Ironisnya, Pantai Nembrala lebih banyak didatangi oleh turis asing daripada turis lokal. Hal ini karena Pantai Nembrala mempunyai ombak khas yang menjadi incaran para surfer dari seluruh penjuru dunia. Itu belum termasuk hamparan pasir putih dan jajaran pohon kelapa yang tumbuh alami di sepanjang pantai. Semua dapat kamu nikmati di pantai yang terletak di sisi timur Pulau Rote. Karena cukup terpencil, cukup rumit juga perjalanan yang harus kamu tempuh untuk mencapai lokasi. Pertama kamu harus terbang dari Bali menuju Kupang, kemudian naik kendaraan ke Pelabuhan Tenau dengan waktu 30 menit. Kemudian kamu dapat menyeberang ke Pulau Rote menggunakan kapal ferry yang memakan waktu sekitar hingga 4 jam. Atau bisa juga menggunakan kapal cepat yang memakan waktu lebih singkat, yaitu sekitar 40 hingga 60 menit saja. Di Pulau Rote kamu juga bisa mengunjungi Pantai Bo’a yang merupakan salah satu spot surfing incaran surfer internasional.

4. Pantai Pulau Ndaa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara

pantai pulau ndaa wakatobi

Kamu mungkin salah sangka saat memandangi foto pantai ini dengan membayangkannya sebagai sebuah pantai yang terletak di suatu tempat di Laut Karibia. Siapa sih yang tak jatuh cinta dengan pasir putih dan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan ini?  Saking jernihnya, kamu masih bisa memandangi dasar pantai ini hingga jarak tertentu. Tak sulit kok mencapai area cantik ini. Kamu cukup menyeberangi laut menggunakan kapal selama 1 jam dari Pulau Tomia, yang masih termasuk dalam kawasan wisata Wakatobi.

Nah, selamat berpetualang!

(Visited 5,269 times, 1 visits today)

Comments

7 Comments

Comments

To Top