Destinasi

Pantai Pangandaran, pantai sejuta pesona di semenanjung Jawa

festival layang layang pantai pangandaran

Nama Pantai Pangandaran tampaknya sudah nggak asing lagi di telinga para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tapi Pegipegi yakin, pasti ada di antara kalian yang belum pernah mengunjunginya, atau masih dalam tahap berencana untuk pergi ke sana. Biar semakin yakin dengan obyek wisata pilihanmu, gimana kalo sekarang kamu baca dulu ulasan Pegipegi tentang pantai yang baru-baru ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa oleh situs AsiaRooms.

Pantai Pangandaran

foto: visitpangandaran.com

Lokasi Pantai Pangandaran aka Pangandaran Beach

Pantai Pangandaran berjarak kurang lebih 91 km dari Kabupaten Ciamis, dan 212 km dari Kota Bandung. Pantai Pangandaran menjadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Pangandaran yang sejak tahun 2012 ‘bercerai’ dan berdiri terpisah dari Kabupaten Ciamis. Pantai Pangandaran yang udah ditemukan sejak tahun 1918 ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya pantas menyandang gelar sebagai pantai terbaik di Jawa.

Keunggulan Pantai Pangandaran

Pasirnya yang putih bersih dan landai dan air lautnya yang jernih pasti menggoda siapapun buat menceburkan diri dan bermain air di dalamnya. Meski Pantai Pangandaran merupakan pantai selatan yang langsung menghadap ke Samudra Hindia, tapi masih relatif aman untuk bermain air ataupun berenang di laut, karena jarak antara pasang naik dan pasang surut yang cukup lama. Itu pun dengan catatan bahwa spot yang kamu pilih dinyatakan aman oleh tim penyelamat yang berjaga-jaga di sepanjang pantai.

Menyaksikan panorama sunrise dan sunset di tempat yang sama bukan sesuatu yang mudah ditemukan di pantai manapun. Namun kondisi geografis pantai Pangandaran membuatmu bisa menyaksikan dua momen spektakuler itu di tempat dan hari yang sama.

Selain berenang, menikmati semilir angin ataupun romantisnya sunset dan sunrise, di Pantai Pangandaran kamu bisa mencoba berbagai macam jenis olahraga air seperti para sailing, jet ski, atau bahkan berperahu pesiar sambil memancing dari tengah laut, sebuah pengalaman yang nggak bisa dicoba di sembarang pantai, nih!

Untuk kamu pecinta budaya dan festival, di Pantai Pangandaran juga dihelat berbagai macam acara bersifat kultural, di antaranya adalah Hajat laut yang digelar satu tahun sekali. Hajat laut ini adalah salah satu bentuk pengucapan terima kasih terhadap karunia Tuhan dengan cara melepas sesaji ke laut lepas atau disebut juga dengan melarung. Upacara Hajat Laut dilaksanakan pada bulan Muharam atau Bulan Suro, bertempat di Pantai Timur Pangandaran.

festival layang layang pantai pangandaran

foto: www.macaronmagazine.com

Selain Hajat Laut, ada juga even bertaraf internasional yang digelar di Pantai Pangandaran yaitu Festival Layang Layang Internasional atau yang disebut dengan Pangandaran International Kite Festival yang umumnya digelar pada bulan Mei, Juni, Juli atau Agustus setiap tahunnya. Karena levelnya internasional, sudah pasti pesertanya dari mancanegara, travelers. Semua peserta datang beramai ramai ke Pantai Pangandaran dan saling bersaing dengan kreativitasnya masing – masing tak hanya untuk memeriahkan acara, melainkan juga memperoleh penghargaan yang cukup bergengsi. Selain itu, event ini juga menjadi salah satu favorit para pecinta fotografi. Kalo kamu pecinta fotografi, jangan sampai lewatkan event setahun sekali ini, ya!

Obyek wisata di sekitar Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran juga familiar bagi masyarakat karena beragamnya obyek wisata lain di sekitarnya. Jadi kalo sedang musim liburan dan pantai sedang crowded, kamu nggak perlu BT karena kamu masih bisa memilih tempat keren lainnya di sekitar obyek wisata Pangandaran.

disparbud.jabarprov.go.id

foto: disparbud.jabarprov.go.id

Ada Pantai Pananjung yang cocok buat wisata keluarga karena ombaknya lebih bersahabat, sehingga adek-adek atau keponakan kecilmu bisa berenang dengan aman di sini. Pengen nyoba ber-surfboarding? Di sinilah lokasi yang tepat buatmu, travelers. Kamu juga bisa meminta bapak nelayan yang sedang mangkal buat mengantarmu memancing di tengah laut, atau pergi ke lokasi taman laut cantik buat ber-snorkeling ria.Tapi ini nggak gratis lho. Tarif sewa perahu tergantung dari kesepakatan antara kamu dan bapak nelayan yang bersangkutan.

Di Pantai Pananjung Pangandaran ada sebuah bukit yang merupakan rumah buat sejumlah satwa seperti monyet, rusa dan kerbau. Berjalanlah ke atas bukit dan kamu akan menemukan keajaiban alam lainnya, sebuah air terjun dengan sungai kecil yang langsung mengalir ke laut.

Lagi asyik bikin istana pasir di pantai dan mendadak perut keroncongan? Nggak usah panik, travelers. Kamu jalan aja ke Pantai Timur dan di sana kamu akan melihat ada banyak resto dan warung yang menawarkan masakan berbasis ikan laut segar. Kalo udah kenyang kamu bisa main jetski atau banana boat sebentar sebelum pulang. Dan jangan lupa mampir ke pasar ikan di sebelah selatan pantai kalo ingin beli ikan segar buat persediaan di rumah.

Cara menuju Pantai Pangandaran

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, tentu saja sangat mudah travelers. Tinggal mengikuti jalur yang menjadi jalur angkutan umum. Kalau tak ingin direpotkan dengan mengemudi, kamu bisa menggunakan jasa bus atau travel yang banyak bertebaran di kota Bandung, menawarkan paket tour langsung ke Pangandaran dengan bermacam tarif, umumnya lengkap dengan makanan dan sudah termasuk harga tiket.

Mau bepergian ala backpacker? Boleh saja, tentunya. Naik bus antar kota dalam provinsi lalu turun di Kabupaten Ciamis, lantas melanjutkan perjalanan dengan bus ataupun mobil elf ke arah Pantai Pangandaran. Bus ini selalu ada sepanjang hari sampai sebelum pukul 10.00 pada malam hari. So, nggak usah khawatir kehabisan kendaraan umum selama kamu berangkatnya siang – siang, travelers.

Baiknya, kamu tambahkan Pantai Pangandaran ke dalam list destinasi travelingmu tahun ini, travelers. Rencanakan traveling ke Pangandaran dengan memesan tiket pesawat lebih awal di pegipegi. Dapatkan juga berbagai pilihan hotel di Pangandaran dengan tarif bervariasi sesuai kebutuhanmu. Selamat berlibur!

(Visited 1,279 times, 1 visits today)

Comments

To Top