Destinasi

Pantai Lampuuk, si cantik yang sedang bangkit dari tragedi

pantai-lumpuuk

Tragedi Tsunami Aceh di tahun 2004 lalu bukan hanya menelan ribuan korban jiwa dan harta benda tapi juga Pantai Lampuuk, salah satu tempat terindah di Bumi Serambi Mekkah. Sepuluh tahun sudah cukup bagi Pantai Lampuuk untuk kembali bangkit dan mempercantik diri menjadi salah satu obyek wisata memikat bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

pantai-lumpuuk

foto : menerjemahkan.com

Konservasi penyu di Pantai Lampuuk

Siapa sih yang enggak jatuh cinta saat menapakkan kaki ke pasir putih Pantai Lampuuk dan memandang air laut yang berwarna biru kehijauan? Angin sepoi-sepoi yang bertiup menambah sejuk suasana dan menambah kedamaian di pantai yang merupakan wilayah Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

Pantai Lampuuk memiliki empat pintu masuk yang berderet dari selatan ke utara dan diberi nama sesuai urutannya, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga dan Babah Empat. Wisatawan lokal semacam dirimu biasanya akan masuk lewat Babah Satu dan Babah Dua. Sementara Babah Tiga dipake oleh para turis bule yang hendak berselancar. Beberapa orang menganggap Pantai Lampuuk adalah Pantai Kutanya Aceh karena belakangan menjadi incaran para wisatawan penggemar surfing.

Karena ombak Pantai Lampuuk cukup bersahabat kamu bisa memanfatkan waktumu untuk berenang, naik banana boat atau sekedar berjalan-jalan menyusuri bibir pantai yang terbentang sepanjang 5 km. Pantai Lampuuk tergolong unik karena kamu akan menjumpai semacam kolam yang terbentuk secara alami dari air laut yang menerjang masuk ke daratan. Palingkan pandanganmu ke arah utara dari Pantai Lampuuk kamu akan melihat sebuah tebing yang ditumbuhi pepohonan. Persis di bawah tebing ada sebuah bungalow yang juga didirikan paska tsunami dan tarif per malamnya cukup kompetitif.

Nggak jauh dari Pantai Lampuuk terdapat sebuah pusat konservasi buat satwa penyu yang didirikan ketika Aceh sedang dalam masa recovery pasca tsunami. Pusat Konservasi Penyu ini ada nggak jauh dari Babah Dua dan menjadi salah satu hal yang membuat wisatawan ingin mengunjungi Pantai Lampuuk. Kamu juga bisa mengajak anak, keponakan atau adek kecil kamu ke sini, dijamin mereka akan senang melihat tukik (anak penyu) yang sedang berenang di dalam kolam penampungan khusus tukik sekalian belajar tentang mengapa kita harus melestarikan satwa.

Kamu juga bisa mengunjungi Masjid Rahmatullah Lampuuk, satu-satunya bangunan yang secara misterius tetap tegak berdiri saat tsunami meluluhlantakkan pantai cantik ini, travelers. Masjid ini juga digunakan untuk memajang beberapa foto yang diambil beberapa saat setelah datangnya tsunami. Hanya saja kamu perlu ijin khusus dari pihak pengelola masjid kalo ingin masuk dan melihat-lihat foto tsunami aja tanpa beribadah di sana. O iya, kalo kamu perhatikan penduduk sekitar Pantai Lampuuk memiliki mata yang sangat indah, hijau kebiruan seperti mata orang bule. Mereka cukup ramah terhadap wisatawan meski agak pendiam, sama kayak Pegipegi.

Kalo lapar kamu tinggal jalan aja ke warung-warung makan yang bertebaran di sepanjang Pantai Lampuuk, travelers. Selain bisa menyantap Mi Aceh, kuliner khas Aceh yang sangat tersohor di seantero Nusantara, kamu juga bisa memesan hidangan lain seperti ikan kerapu bakar. Dijamin rasanya lebih mak nyus karena ikannya masih segar. Tapi kamu wajib tanya-tanya dulu tentang harganya karena harga makanan yang dijual di tempat wisata biasanya lebih mahal. Trus kalo udah sore jangan buru-buru pulang. Sempatkan dirimu buat menyaksikan matahari terbenam yang akan membuatmu semakin terbius oleh keelokan Pantai Lampuuk.

 

Cara mendatangi Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk berjarak sekitar 15 km dari Kota Banda Aceh dan kamu cukup membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk mendatanginya. Jalan menuju Pantai Lampuuk juga cukup bagus karena baru direnovasi bersamaan dengan pembangunan kembali Aceh paska tsunami. Masalahnya, nggak ada kendaraan umum yang menuju Pantai Lampuuk sehingga kamu hanya bisa mendatanginya dengan naik kendaraan pribadi atau sewaan. Alternatifnya kamu naik kendaraan umum jurusan Banda Aceh-Lhoknga trus ganti naik ojek buat ke Pantai Lampuuk. Tapi kamu wajib tawar menawar dulu bila gak mau isi dompetmu terkuras.

Pengin menyaksikan indahnya matahari terbenam di Pantai Lampuuk? Sabar ya, travelers. Lebih baik kamu siapin dulu backpack kamu trus hubungi Pegipegi dulu buat memesan tiket pesawat dan memesan hotel nyaman terjangkau di sekitar Banda Aceh.

(Visited 555 times, 1 visits today)

Comments

To Top