Destinasi

Pantai Lagundri, surga para peselancar dunia

Bagi orang awam, nama Pantai Langundri mungkin masih asing di telinga. Tapi buat para pecinta surfing, pantai ini adalah primadona! Nggak percaya? Yuk baca ulasan pegipegi.com berikut!

pantai-lagundri-nias

foto : djarumsuper.com

Pantai Lagundri berada Pulau Nias, dekat dengan Pantai Sorake yang terkenal memiliki lanskap panorama elok. Gulungan ombak yang cukup tinggi dikombinasikan dengan air laut berwarna biru serta kilauan pasir putih menjadikan pantai ini favorit para peselancar, tidak hanya dari Indonesia tapi juga seluruh dunia.

Bahkan, menurut para pecinta olahraga surfing yang pernah datang, Pantai Lagundri diakui termasuk dalam sepuluh lokasi berselancar terbaik di dunia dan layak disejajarkan dengan ombak di Hawaii.

Pantai Lagundri memang belum terlalu populer secara global di Tanah Air, pasalnya pantai ini baru mulai naik daun di kalangan peselancar pada 1993 silam. Cerita dari mulut-mulut mereka yang pernah ke pantai ini, membuat Pantai Lagundri makin kesohor sampai sekarang.

Pecinta olahraga selancar dari berbagai negara berbondong-bonding menyambangi Pantai Lagundri setiap tahunnya, terutama pada periode April hingga September, saat cuaca sedang bagus. Mereka memacu adernalin dengan menikmati gelombang ombak yang tingginya mencapai tujuh sampai sepuluh meter.

Ketinggian ombak di Pantai Lagundri menjadikan tempat ini idaman para peselancar dunia. Tak hanya itu, dorongan dari ombak di sini juga bisa mencapai 200 meter.

Kecantikan panorama serta gulungan ombak yang sudah terkenal ke penjuru dunia membuat Pantai Lagundri terpilih sebagai lokasi lomba selancar baik level nasional maupun internasional. Salah satu turnamen yang rutin diselenggaran setiap tahun dan termasuk agenda wajib para surfer adalah Nias Open, yang kerap didominasi atlet dari Australia.

 

Pantai Lagundri juga favorit fotografer

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Lagundri adalah pada Juni dan Juli, karena di bulan ini ombak serta cuaca sedang bagus-bagusnya dan kerap digelar lomba surfing.

Tak perlu khawatir jika kamu tidak tertarik dengan olahraga selancar. Kamu tetap bisa menikmati Pantai Lagundri dengan menyaksikan aksi-aksi para surfer dunia.

Tapi, jika ingin menjajal olahraga menantang ini, kamu bisa belajar dengan warga lokal, terutama anak muda, yang menyediakan jasa kursus surfing. Ada salah satu bagian di Pantai Lagundri ini yang aman untuk peselancar pemula.

Untuk surfer yang belum andal, datang ke Pantai Lagundri di pagi hari adalah pilihan tepat. Selain matahari belum terlalu menyengat, ombak Pantai Lagundri juga belum terlalu tinggi sehingga kamu tak butuh banyak tenaga untuk membawa diri ke tengah laut.

Saat musim lomba, Pantai Lagundri tidak hanya menjadi incaran peselancar, tapi juga mereka yang memiliki hobi memotret. Jari-jari para fotografer dengan cekatan menjepret kamera mereka untuk mengabadikan momen dari aksi para peselancar yang berlatar belakang eloknya Pantai Lagundri.

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang tak tertarik dengan olahraga surfing? Tenang, kamu bisa tetap menikmati Pantai Lagundri meski tidak termasuk kalangan pecinta selancar.

Meski terkenal memiliki ombak favorit surfer dunia, Pantai Lagundri juga ramah bagi pengunjung yang hanya ingin bersantai di sini. Siapa sih yang bisa menolak keindahan panorama alam Pantai Lagundri?

Jika tidak sedang musim lomba, Pantai Lagundri relatif sepi sehingga ideal dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur di tengah kesunyian. Keindahan matahari terbenam termasuk salah satu fenomena alam unggulan yang memiliki nilai jual tinggi di Pantai Lagundri.

Duduk santai beralaskan pasir putih yang berkilau serta hembusan angin di pinggir Pantai Lagundri membuat liburan kamu di Pulau Nias menjadi pengalaman tak terlupakan.

(Visited 289 times, 1 visits today)

Comments

To Top