Destinasi

Pantai Krakal, Surga Tersembunyi di Gunungkidul, Yogyakarta

Mungkin kamu jarang mendengar nama Pantai Krakal yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta. Namanya memang nggak seterkenal Pantai Indrayanti. Namun, pesonanya nggak kalah cantik, travelers! Sebelum ke sana, Pegipegi ingin mengajakmu berkenalan dengan pantai yang satu ini.

Keistimewaan Pantai Krakal

Pantai Krakal memiliki pasir putih yang membentang luas di bibir pantai, ombak yang menari-nari, dan air laut jernih nan biru. Tepat di bibir pantainya terdapat batu karang yang dihuni oleh ikan karang warna-warni. Salah satu ikan karang unik di sana adalah Damselfish, ikan karang warna kuning dengan aksen biru.

Jika puas bermain pasir, kau bisa jalan-jalan ke tengah laut melalui batu-batu karang yang menyembul ke permukaan dan menjorok ke lautnya. Batu karang tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk memancing bagi para nelayan. Ada juga sih nelayan yang memilih menyelam untuk mencari ikan.

Ikan yang kerap diburu adalah umbal yang hidupnya nggak jauh dari pantai dan sering menempel di batu-batu karang. Kuliner khas di Pantai Krakal adalah rempeyek yang terbuat dari umbal. Juga masih banyak olahan seafood yang bisa kamu nikmati di Pantai Krakal.

Jangan lupa surfing!

Untuk yang hobi berselancar, Pantai Krakal bisa kamu manfaatkan untuk surfing yang dimulai dari batuan karang sebagai tempat start. Kemudian peselancar menunggu ombak yang disebut reef break. Ombak di sana cukup menantang, lho. Saat surfing, hati-hati juga dengan batuan karang yang ada di dasar laut, ya!

Sejarah Pantai Krakal

Dulunya pantai ini hanyalah sebuah dasar laut, kemudian terjadi proses alami pengangkatan kerak bumi yang menyebabkan dasar laut tersebut sampai ke permukaan dan menjadi sebuah daratan, hingga menjadi sebuah pantai dengan batuan karang.

Nggak sabar pengin main ke Pantai Krakal dan sekitar Gunung Kidul? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top