Destinasi

Pantai Klayar Pacitan, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Berkunjung ke Pacitan, Jawa Timur jangan lupa mampir ke Pantai Klayar yang masih tergolong sepi dan alami. Pantai Klayar berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Rute ke sana cukup mudah. Kalau kamu datang dari arah Yogyakarta, bisa melalui Wonosari, bisa dimulai dari Gunungkidul kemudian menuju ke arah Pathuk dan lanjut ke arah Wonosari. Lalu lanjut ke Pracimantoro dan Giribelah.

Nantinya, kamu akan melewati daerah Punung, lalu di kanan jalan ada papan nama Pantai Klayar. Kamu tinggal mengikuti arah papan nama menuju ke pantai tersebut. Sedangkan, jika kamu datang dari arah Solo, rute paling mudah adalah melewati daerah Pracimantoro, lurus terus sampai di Giribelah, lalu belok kanan hingga di daerah Kalak dan tinggal ikuti aja rutenya.

Ciri khas dari Pantai Klayar Pacitan adalah pasirnya putih agak kecokelatan dan terdapat karang gagah yang menjorok ke laut. Jadi, kamu bisa menyaksikan semburan air laut dari sela-sela karang yang sebenarnya adalah semburan air laut yang tertekan dari bawah tebing. Karena arus air laut di bawah lebih tinggi, terjadilah semburan air laut ke atas melalui sela-sela karang setinggi 8-10 meter.

Dan, ketika kamu mengalihkan pandangan ke arah barat Pantai Klayar, ada sebuah tebing tinggi kurang lebih 50 meter. Tebing karang itu merupakan salah satu ciri khas dari pantai ini. Tebing tersebut mirip patung Sphinx yang ada di Mesir. Untuk naik ke atas tebing bisa banget, lho. Tapi, harus berhati-hati karena tebing sangat curam.

Nggak sabar pengin main ke Pantai Klayar? Kamu bisa transit dulu di Kota Yogyakarta. Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Yogyakarta lewat Pegipegi! Jangan lupa cari juga hotel murah di Yogyakarta, ya!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke Yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top