Destinasi

Pantai Iboih di Pulau Weh, surga di barat Indonesia

pantai-iboih

Tak banyak yang tahu kalo tempat paling barat Nusantara memiliki keindahan yang tiada tara. Pantai Iboih adalah salah satu di antaranya. Pantai yang terletak di Pulau Weh, Propinsi Aceh ini letaknya memang tersembunyi, travelers. Namun karena tersembunyi itulah maka Pantai Iboih lebih terjaga kealamiannya dan bersih dari sampah yang dibuang sembarangan oleh para turis tak bertanggung jawab.

pantai-iboih

foto : yukpiknik.com

Gunung api bawah laut di Pantai Iboih

Begitu menginjakkan kaki di Pantai Iboih kamu akan disambut oleh hamparan laut berwana biru kehijauan yang tenang, nyaris tanpa ombak. Cobalah merasakan kesegaran dan kehangatan air laut dengan menceburkan dirimu di sini, travelers. Saat di dalam air kamu bisa melihat ada hamparan terumbu karang yang cukup luas, pasti menarik buat kamu yang hobi diving atau snorkeling.

Ya, travelers. Pantai Iboih udah lebih dulu terkenal di kalangan turis mancanegara sebagai salah satu spot penyelaman terbaik di Indonesia. Selain bisa mengamati berbagai jenis ikan yang lucu-lucu dan terumbu karang yang cantik-cantik, kamu bisa menyewa sebuah boat buat membawamu ke sebuah titik penyelaman yang banyak diincar penyelam mancanegara. Yaitu sebuah gunung api bawah laut purba yang ada di perairan yang memisahkan Pulau Weh dan Pulau Sumatra. Di sinilah berdiam berbagai jenis spesies laut yang unik seperti belut laut, frog fish, scorpion fish, lion fish, barracuda, trumpet fish, anemone dan ada juga black tip shark loh, travelers.

Nggak jauh dari Pantai Iboih ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Rubiah, travelers. Kamu bisa menyeberang ke sana dengan menyewa boat atau perahu bermotor yang banyak tertambat di sepanjang Pantai Iboih. Kalo kamu haus tantangan, bisa kok kamu datangi dengan cara berenang dari Pantai Iboih. Tapi pastikan stamina kamu cukup fit buat berenang ke Pulau Rabiah, biar ada cukup tenaga buat berenang balik ke Pantai Iboih.

O ya, di perairan antara Pantai Iboih dan Pulau Rabiah ini nanti kamu akan melihat sekumpulan anak hiu yang lagi asyik berenang atau mencari makan. Jadi pastikan jugadi tubuhmu tidak ada luka yang mengeluarkan darah karena itu akan memancing hiu untuk mendekati dan menciummu, travelers.

Seandainya kamu ngga minat diving atau snorkeling, kamu masih bisa kok duduk-duduk di Pantai Iboih sambil menikmati suasana sekitar yang mendamaikan jiwa. Pantai Iboih dikelilingi pepohonan yang masih rapat sehingga hawa di sini terasa sejuk meski hari sedang panas-panasnya. Di pagi hari kamu bisa menikmati panorama matahari terbit yang luar biasa indahnya dan pasti akan membuatmu selalu terkenang selamanya pada keindahan Pantai Iboih.

Pantai Iboih juga cocok sebagai lokasi liburan bersama keluarga. Ombak Pantai Iboih yang tenang jelas aman buat adik-adik kecil atau keponakanmu yang pengen bermain air. Mereka juga bisa bermain atau membuat istana pasir karena Pantai Iboih memiliki pasir pantai yang berwarna kecoklatan, namun cukup bersih dan terasa lembut di kaki. Ada banyak cottage dan penginapan di sekitar Pantai Iboih yang bisa kamu sewa supaya bisa menikmati keindahan pantai tersembunyi ini lebih lama.

Cara mengunjungi Pantai Iboih

Sebagian orang merasa Pantai Iboih sukar didatangi karena letaknya yang terpencil dan memakan banyak biaya sebagai ongkos perjalanan untuk menuju ke sana. Tapi anggaplah ini sebagai tantangan lain untuk menguji seberapa besar tekadmu menyaksikan keajaiban alam Pantai Iboih yang menakjubkan dengan mata kepala sendiri.

Kalo kamu datang dari luar Aceh atau dari luar Sumatra maka kamu harus naik pesawat tujuan Banda Aceh dulu, trus carilah bus atau taksi yang bersedia mengantarmu ke Terminal Banda Aceh, travelers. Dari Terminal Banda Aceh kamu cari bus jurusan Pelabuhan Ulee Lheue buat menyeberang ke Pulau Weh. Moda transportasi yang tersedia buat menyeberang ada dua macam, yaitu kapal ferry dan kapal cepat.

Sampai di Pelabuhan Balohan, Pulau Weh kamu bisa naik taksi ke Pantai Iboih yang bisa dengan mudah kamu jumpai di sekitar pelabuhan. Tapi kalo naik taksi biasanya kamu harus keluarkan uang lebih banyak daripada menyewa angkutan umum bersama wisatawan lain yang mau ke Pantai Iboih. Jadi jangan ragu berkenalan atau sok akrab dengan orang-orang di pelabuhan yang tampak membawa ransel besar-besar atau bawa peralatan selam, karena bisa dipastikan mereka akan menuju Pantai Iboih.

Udah ngga sabar mau berenang bersama hiu di Pantai Iboih, travelers? Sambil siapin peralatan selam kamu, yuk hubungi Pegipegi dulu buat memesan tiket pesawat ke Banda Aceh atau buat memesan kamar hotel di Sabang.

(Visited 175 times, 1 visits today)

Comments

To Top