Destinasi

Pantai Green Bowl, eksotisme tersembuyi di selatan Bali

pantai green bowl

Sebutan Pulau Seribu Pantai rasanya pantas diberikan buat Pulau Bali. Gimana enggak, pulau yang juga udah dikenal duluan dengan julukan Pulau Seribu Pura memang kaya akan pantai. Pantai Green Bowl adalah salah satu di antaranya.

pantai green bowl

foto: andriewongso.com

Lokasi Pantai Green Bowl

Kalo Pantai Kuta, Tanah Lot atau Pantai Pandawa gagal menarik hatimu karena keriuhrendahannya, atau karena kamu udah terlalu sering datang ke sana, coba deh kamu datang ke Pantai Green Bowl yang berlokasi di areal Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, mojok di bagian Selatan Pulau Dewata. Bila kamu udah pernah ke Pura Uluwatu atau ke Pantai Dreamland, tentu kamu nggak akan sulit menemukan pantai cantik ini.

Karena Pantai Green Bowl masih belum populer maka pemerintah setempat belum membuka akses angkutan umum untuk menjangkau pantai ini. Jadi mau nggak mau kamu harus sewa kendaraan roda dua atau roda empat buat datang ke Pantai Green Bowl.

Cara mendatanginya, kamu berkendara aja dari Kuta atau Jimbaran ke Jalan Raya Uluwatu atau ke arah selatan menuju Pura Uluwatu. Setelah 60-90 menit berkendara, atau sekitar 1 km dari obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK), kamu akan menemukan sebuah perempatan yang udah dilengkapi dengan papan petunjuk, yaitu lurus aja kalo mau ke Pura Uluwatu atau Pantai Dreamland dan ke kanan kalo mau ke Pantai Balangan. Ambil arah ke kiri, travelers, trus jalan aja sampe sekitar 2 km dan sampailah kamu di parkiran Pantai Green Bowl.

Sampai di sini kamu akan terkagum-kagum melihat keindahan lautan berwarna biru kehijauan di bawah tebing yang dijadikan areal parkir Pantai Green Bowl. Gelombang lautnya datang menyerbu pantai tak putus-putus menjadikan Pantai Green Bowl menjadi lokasi favorit para surfer mancanegara.

Konon, ‘penemu’ Pantai Green Bowl adalah kalangan surfer bule yang sering blusukan buat nyari pantai dengan ombak-ombak yang lebih menantang untuk dikendarai. Nama ‘Green Bowl’ diberikan karena di saat pasang surut, batu-batu karang yang ada di sekitar perairan akan tampak dan memperlihatkan warna hijau karena tertutup lumut, sehingga pantai itu mirip seperti sebuah mangkuk (bowl) yang berwarna hijau (green) kalo dilihat dari ketinggian.

‘Perjuangan’ mencapai Pantai Green Bowl Bali

Kalo dari jauh aja Pantai Green Bowl udah kelihatan cantik, gimana kalo dari dekat ya? Daripada penasaran, mending kamu turun aja deh ke bawah, travelers. Buat menyaksikan keindahan Pantai Green Bowl dari dekat, kamu harus menuruni sekitar 300 sampai 400 anak tangga di tengah-tengah sebuah tebing besar yang seakan sengaja diciptakan buat menyembunyikan pantai itu dari jangkauan turis-turis nggak bertanggung jawab.

Suasana di dalam tebing itu mirip gua dan ada banyak kelelawar bersarang di dalamnya. Saran Pegipegi, bawalah masker jika kamu nggak tahan dengan bau kotoran kelelawar yang cukup aduhai di dalam sana. Kamu juga perlu membawa air putih dan makanan secukupnya karena nggak ada pedagang makanan sama sekali di pantai.

300-400 anak tangga bukan jumlah yang sedikit, travelers. Kamu juga harus melewati anak yang tangga yang sama dalam perjalanan pulang, jadi jumlah anak tangga yang harus kamu lalui adalah 600-800 buah buat perjalanan pulang-pergi. Sebaiknya fisik kamu benar-benar prima dan udah makan pagi/siang sebelum berangkat kalo enggak mau pingsan di tengah perjalanan.

Sisi positifnya, hanya orang-orang tertentu aja yang mau datang bersusah payah ke Pantai Green Bowl. Selain para surfer, pengunjung Pantai Green Bowl adalah para traveler pecinta keheningan atau para turis yang benar-benar penasaran dengan kecantikan pantai tersembunyi ini. Hal ini membuat Pantai Green Bowl cukup terjaga kebersihan dan kealamiannya. Suatu hal yang cukup jarang ditemukan di pantai-pantai populer di Pulau Dewata.

Pengen ikutan menyendiri atau berselancar di Pantai Green Bowl? Ayo siapin backpack kamu sekarang, travelers. Nggak usah khawatirkan tentang tiket pesawat dan booking hotel karena Pegipegi yang akan bereskan semuanya buat kamu!

(Visited 812 times, 1 visits today)

Comments

To Top