Destinasi

Pantai Gonda, Wisata Bahari dengan Hutan Mangrove di Sulawesi Barat

Jangan ngaku sebagai pecinta pantai kalau kamu belum liburan ke Pantai Gonda di Sulawesi Barat, tepatnya di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Selain cantik, pantai ini juga memiliki keunikan yang nggak dimiliki oleh pantai pada umumnya. Sebelum ke sana, kenalan dulu dengan Pantai Gonda, yuk!

Di sana ada 150 kepala keluarga, namun hanya sekitar 35 kepala keluarga yang berdiam di sekitar pesisir pantai ini. Pantai Gonda memiliki air jernih nan biru. Di sana kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, main air, diving, dan snorkeling. Hanya dengan kedalaman 2 hingga 3 meter, kamu bisa menyaksikan beragam terumbu karang yang indah.

Di Pantai Gonda juga terdapat hutan mangrove (bakau) dengan panjang sekitar 1,46 km, membentang panjang meliuk mengikuti bibir pantai. Adanya pantai mangrove di Pantai Gonda pastinya nggak hanya untuk keindahan semata. Namun, pantai mangrove di sana ada gunanya, yaitu sebagai pelindung bagi tambak warga sekitar dari pengikisan air laut (abrasi).

Kamu bisa menyusuri hutan bakau dan mengitari birunya air laut menggunakan perahu yang bisa kamu sewa kamu dari penduduk sekitar. Sepanjang perjalanan dengan durasi 1 sampai 2 jam, pemandu akan menunjukkan spot-spot menarik untuk menikmati pemandangan atau untuk dijadikan spot snorkeling. 

Di sekitar perairan pantai banyak ditemukan berbagai macam terumbu karang yang penuh dengan spesies ikan yang unik, lucu dan berwarna-warni. Jika beruntung, kamu bisa melihat penyu dan lobster yang berkeliaran di sana.

Tertarik buat main ke Pantai Gonda? Sekalian liburan di Mamuju Tengah. Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Mamuju Tengah  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Mamuju cari hotel murah di Makassar

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top