Destinasi

Berkemah dan menikmati sunrise cantik di Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

Kawasan Malang Selatan memang kaya akan obyek wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Goa Cina yang menjadi bagian dari wilayah Dusun Tumpak Awu, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Nama Pantai Goa Cina memang belum terlalu populer di kalangan wisatawan, jadi Pegipegi maklum kalo ada di antara kamu yang baru kali ini mendengarnya. Anggaplah ini suatu keuntungan buat kamu, travelers, apalagi kalo kamu nggak terlalu suka pergi ke tempat wisata yang terlalu padat pengunjungnya.

Pantai Goa Cina

foto: surabaya.panduanwisata.co.id

Lokasi Pantai Goa Cina Malang

Pantai Goa Cina terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini terletak berdekatan dengan beberapa pantai di Malang Selatan lainnya seperti Pantai Sendang Biru dan Pantai Bajulmati. Kalo ada waktu kamu juga bisa mampir ke sana karena pemandangan di sana juga nggak kalah cantik sama Pantai Goa Cina.

Legenda Pantai Goa Cina

Sebenarnya sih nama pantai ini bukan Pantai Goa Cina, travelers, melainkan Pantai Rowo Indah. Sekitar 20 tahun lalu seorang pertapa dari Cina kabarnya pernah mengunjungi Pantai Rowo Indah dan bermeditasi di sebuah ceruk yang ada di batu karang sebelah kanan dari pantai. Karena lama sekali nggak muncul, seorang penduduk setempat mendatangi ceruk atau gua tersebut dan terkejutlah ia karena hanya menemukan tulang belulang beserta tulisan dalam huruf Mandarin di langit-langit gua. Sejak itulah pantai ini populer dengan nama Pantai Goa Cina.

Saat menginjakkan kaki di pasir Pantai Goa Cina yang putih kamu akan dibuat kagum oleh pemandangannya yang menakjubkan. Deretan pepohonan rindang masih rapat mengelilingi pantai. Nggak jauh dari pantai kamu bisa melihat tiga pulau karang tak berpenghuni, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Nyonya dan Pulau Goa Cina, yang berdiri kokoh dikelilingi air laut biru kehijauan. Laut yang tampak tenang dan suasananya yang sedikit sunyi menjadikan pantai ini cocok sebagai tempat menenangkan diri atau buat mencari inspirasi.

Sunrise di Pantai Goa Cina

Tapi bukan cuma itu aja, travelers. Di Pantai Goa Cina kamu juga bisa menyaksikan sunrise alias matahari terbit dengan anggunnya, suatu fenomena yang cukup unik mengingat Pantai Goa Cina terletak di pesisir selatan Pulau Jawa. Buat menjadi saksi dari fenomena alam yang tak ada duanya ini kamu punya dua pilihan, travelers. Yang pertama adalah mendatangi Pantai Goa Cina sejak dini hari. Dan itu artinya kamu harus berangkat siang hari atau malam hari sebelumnya dari kota asalmu.

Alternatif lainnya adalah camping di Pantai Goa Cina aja daripada terlambat bangun dan ketinggalan sunrise. Sebagai sebuah pantai yang tidak populer, ternyata Pantai Goa Cina udah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan seperti camping ground, toilet, rumah ibadah dan areal parkir yang cukup memadai. Pasti wow rasanya bangun pagi-pagi disambut mentari pagi, langit yang kemerahan dan debur ombak di kejauhan.

Ada satu hal yang perlu kamu perhatikan saat berkunjung ke Pantai Goa Cina, travelers. Karena ombak pantai selatan yang cukup ganas, kamu dilarang mandi ataupun berenang di laut! Peringatan ini cukup keras dan akan ada sanksi dari warga setempat jika kamu melanggar.

Cara menuju Pantai Goa Cina Malang

Berkendara dari pusat Kota Malang ke arah selatan atau menuju ke Gadang atau ke arah Pantai Sendang Biru, travelers. Di sepanjang perjalanan ada banyak papan penunjuk jalan yang akan memandumu. Ikuti aja papan penunjuk jalan itu, dijamin kamu nggak bakal nyasar.

Tantangan yang harus kamu hadapi justru ada di beberapa kilometer menjelang masuk ke Pantai Goa Cina karena jalan menuju pantai ini cukup terjal, curam dan diapit jurang di salah satu sisinya. Jadi pastikan kendaraanmu fit sebelum berangkat buat mencegah terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan.

Atau kalo mau aman kamu naik angkutan umum aja, travelers. Naik bus dari kota asalmu ke Kota Malang dan turun di Terminal Arjosari Malang. Sampai di Terminal Arjosari, lanjutkan dengan naik angkot jurusan AG (Arjosari-Gadang) atau GA (Gadang-Arjosari) yang akan membawamu ke Terminal Gadang. Dari Terminal Gadang lanjutkan perjalananmu dengan naik angkutan umum bison yang menuju ke Sumbermanjing Wetan/ Sendang Biru. Kalo udah nyampe Terminal Sendang Biru kamu cari ojek aja yang mau mengantarmu ke Pantai Goa Cina.

Kalo kamu pengen jalan-jalan ke Kota Malang dulu sebelum ke Pantai Goa Cina juga bisa kok, travelers. Buka pegipegi.com aja buat dapetin informasi tiket pesawat sekalian booking hotel murah dan nyaman di Malang dan sekitarnya.

(Visited 4,081 times, 2 visits today)

Comments

To Top