Destinasi

Pantai Benteng Portugis, Wisata Klasik dengan Panorama Cantik di Jepara

Jepara nggak cuma dikenal sebagai kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita Indonesia, R.A Kartini. Kota yang terletak di utara pulau Jawa ini memiliki banyak sekali pantai cantik dan bersejarah, salah satunya Pantai Benteng Portugis.

Terletak di kawasan Donorejo, Banyumanis, Pantai Benteng Portugis Jepara merupakan pantai yang sudah ada sejak zaman penjajahan Portugis. Oleh mereka, pantai ini menjadi benteng pertahanan sekaligus obyek wisata di zaman itu.

Dengan lokasi yang strategis, Benteng Portugis menjadi salah satu jalur pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia pada bagian timur. Selain itu, tempat ini dulu juga dijadikan sebagai tempat kepentingan militer dengan alasan letaknya.

Namun, sejak Indonesia merdeka, benteng yang berada di tepi pantai ini diabadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah, sehingga sangat dilindungi dan terawat. Nggak heran, Pantai Benteng Portugis ini pasti jadi destinasi wajib bagi para turis.

Dengan balutan panorama alam yang indah sehingga mampu memikat para pengunjung, berbagai pemandangan yang disuguhkan dari tempat wisata pantai benteng adalah dibangunnya bukit batu yang berada di sisi pantai, di atas bukit terdapat berbagai peninggalan bangsa Portugis, terdapat tembok-tembok pengintai peninggalan Jepang, dan di sebelah Utara benteng juga terdapat Pulau Mandalika.

Dengan membayar tiket Rp3.500,- traveler bisa memasuki Benteng Portugis yang masih terlihat megah dan kokoh sampai sekarang. Benteng Portugis ini berada di atas bukit, tepat di seberang selatan Pulau Mandalika. Untuk menuju atas bukit tempat Benteng Portugis berada, kamu bakal disuguhi beberapa peralatan perang seperti meriam tua hingga benteng-benteng kecil.

Di kawasan Benteng Portugis kamu juga bisa menikmati keindahan pantai yang terkenal dengan pasir hitamnya, traveler. Di pantai ini terdapat bebatuan yang bisa kamu manfaatkan untuk tempat bersantai menikmati keindahan laut atau bahkan memancing di sana. Jika datang saat cuaca cerah dan ombak sedang tidak besar, kamu bisa menyewa perahu nelayan menuju Pulau Mandalika.

Selain itu, Benteng Portugis juga sekarang menjadi kawasan terlindung untuk aneka satwa, termasuk burung, traveler. Hampir setiap tahun dilakukan pelepasan satwa demi menjaga kelestarian alam di Benteng Portugis. Karena itu, kawasan ini termasuk daerah terlarang untuk para pemburu.

Nah, buat main ke sini, kamu bisa ambil cari tiket pesawat Jakarta-Semarang lewat Pegipegi. Pulangnya, kamu juga bisa langsung cari tiket pesawat Semarang-Jakarta di sini juga.

Sekalian liburan ke Semarang, yuk! ! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api  dan cari hotel di Semarang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top